PKM 2021 UNPAM MENGABDI

Pemanfaatan Perkembangan Teknologi Informasi Dalam Media Sosial

Judul_Berita/Kegiatan : Pemanfaatan Perkembangan Teknologi Informasi Dalam Media Sosial Untuk Memperluas Jangakauan Dakwah Bagi Remaja Masjid Al Falah Pondok Benda Pamulang
Penanggung Jawab Berita/Kegiatan : Sri Rama Putri S.Kom., M.Kom ( Dosen Program Studi Teknik Informatika , Universitas Pamulang )

Pada masa sekarang ini dunia telah dihebohkan dengan munculnya virus yang sangat berbahaya sampai banyak negara yang aspek perekonomiannya sudah melemah bahkan jatuh, Sehingga tiada terkontrol dalam tindakan dan segala program menjadi terabaikan, juga karena rasa cemas dan takut yang mengancamnya dari penyakit virus covid-19. Pada Saat ini pemerintah telah menetapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), berbagai aktivitas dihentikan dengan meliburkan kampus, sekolah, konferensi, tempat hiburan, perkantoran dll serta melakukan lockdown dibeberapa daerah tertentu. Dengan melakukan physycal distance dengan isolasi diri serta mengikuti anjuran pemerintah dengan melakukan selalu mencuci tangan pakai sabun, memakai masker dan menjaga jarak jika kita terpaksa harus keluar rumah. Ini juga sangat berdampak pada aktivitas dahwah, Tabligh akbar, Pengajian dll dilarang, Sedangkan dakwah tidak boleh terhenti.

Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi, Tim Dosen Program Studi Informatika Universitas Pamulang, Melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM). Pemanfaatan perkembangan teknologi informasi dalam media sosial untuk memperluas jangkauan dakwah bagi remaja masjid Al Falah Pondok Benda Pamulang. Dilaksanakan pada tanggal 04 April 2021 dengan di hadiri sekitar 20 peserta remaja masjid, Beberapa mahasiswa teknik informatika universitas pamulang dan dibimbing oleh tim dosen antara lain Sri Rama Putri, M.Kom selaku nara sumber pelatihan dan beberapa dosen lainnya antara lain Adam Muiz,M.Kom., Dede Sunandar, M.Kom., Nurhayati, M.Kom., Raditia Vindua, S.Si., M,Kom. Tujuan tercapainya pelatihan ini adalah agar dakwah remaja terus berjalan dan mampu memanfaatkan teknologi informasi dalam menyampaikan dan memperluasn jangkauan dakwah bagi remaja masjid al falah pondek benda pamulang.

Penguasaan ilmu bidang informasi dan teknolgi (IT) merupakan kebutuhan dalam menghadapi era globalisasi. Remaja Masjid Al Falah Pondok Benda Pamulang Tangerang Selatan juga sering memanfaatkan IT untuk sarana memperkaya konten dakwah di zaman millenial ini yang memungkinkan remaja dapat memaksimalkan peran serta sebagai generasi muda     islam dalam kontribusinya bagi agama mereka. Munxulnya berbagai Apps market yang semakin memudahkan generasi muda mengakses berbagai informasi baik yang konten positif maupun negatif perlu di imbangi upaya pencegahan atau meminimalkan dampak negatif media sosial. Untuk itu pengembangan strategi dakwah konvensional menjadi dakwah menggunakan media sosial menjadi sangat penting dilakukan. Metode yang di terapkan dalam kegiatan ini adalah metode Presentasi.

Dakwah secara etimologis yaitu berasal dari bahasa arab da’a-yad’u artinya memanggil atau menyeru, mengajak atau mengundang. Secara harfiah dakwah adalah mashdar dari kata kerja (fi’l), da’a yang berarti ajakan, seruan, undangan dan panggilan. Tercapainya tujuan dakwah dalam islam maka diperlukan suatu konsep dengan bentuknya adanya suatu strategi dakwah. Dijelaskan bahwa strategi merupakan sebuah konsep kegiatan yang dirancang dengan matang dalam menentukan metode, pesan dan pilihan media yang akan digunakan dalam menyampaikan dakwah. Jika dalam konteks pemilihan media dakwah tentu saja terdapat beberapa macam media dakwah yang digunakan. Media dakwah dapat di artikan sebagai alat yang digunakan untuk mencapai sasaran agar tujuan dakwah dapat tercapai dengan baik.

Maka dengan menggunakan teknolgi informasi dan kemunikasi menjadi pilihan yang mesti diambil oleh pendakwah. Dalam kondisi pendemi saat ini seharusnya tidak menurunkan semangat dakwah, namun sebaliknya masa sulit ini bisa menjadi peluang tonggak awal kebangkitan dakwah islam memasuki era industri 4.0. Sikap adaptif seorang da’i dalam mengikuti perkembangan zaman tentunya hal yang diharapkan ditengah kecemasan ummat.

 

Sumber:informatika.unpam.ac.id