PKM 2021 UNPAM MENGABDI

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM) DOSEN PRODI MANAJEMEN “MENINGKATKAN PERAN GERAI LENGKONG SEBAGAI KOMUNITAS DALAM MEMBINA UMKM DI TANGERANG SELATAN”

Dosen Universitas dalam  menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, pada Tanggal 10 April 2021 lalu telah melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat. Acara diadakan di Gerai Lengkong, Ruko Golden Square Blok GS/05, Jl. Raya Ciater, Serpong, Tangerang Selatan. Dosen yang tergabung dalam kelompok PKM ini adalah Adji Widodo, Agustina Mogi, Buchari E. Satiaputra, Chotamul Fajri dan Yhonanda Harsono.

Hj. Lista Hurustiati sebagai pimpinan Gerai Lengkong di dalam sambutannya menyampaikan bahwa Gerai Lengkong yang saat ini genap baru berumur 1 tahun sangat senang sudah dapat bermitra dengan lebih 121 UMKM di Tangerang Selatan. Hal ini terbukti telah dipajang lebih dari 161 macam Oleh-oleh Khas Tangsel di Gerai Lengkong yang merupakan produk dari UMKM, mulai dari cemilan, makanan kering, dan berbagai macam minuman.

Pada sesi presentasi Adji Widodo menyampaikan tentang siapa dan bagaiamana ukuran UMKM, mulai Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, dengan standar kekayaan dan omset usahanya. UMKM sangat penting bagi pembangunan  Negara Indonesia,  menurut survey Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dengan Badan Statistik bahwa ekonomi kreatif Indonesia pada tahun 2015 menyumbang Rp.850 Triliun kepada pendapatan domestic bruto (PDB) nasional. Perkembangan industri ekonomi kreatif tidak terlepas dari e-commerce di Indonesia. Badan Koordinasi penanaman Modal (BKPM) menyebutkan pertumbuhan e-commerce mencapai 60% hingga 80% per tahun. Untuk itu di Tangerang Selatan  terutama di komunitas Gerai Lengkong, diharapkan dapat membina para UMKM untuk lebih maju lagi. Ada dua faktor yang diperlukan di dalam membina UMKM yaitu dari faktor internal dan faktor eksternal.

Pada sesi Tanya jawab Bapak Gojali Supiyandi menanyakan “Bagaimana jika kita melakukan konsignmen terhadap barang kita tetapi pihak kedua tidak menjalankan sesuai kesepakatan artinya kalau ditanya pembayarannya sedang terpakai dananya ?” Adji Widodo memberikan masukan jika kita akan bekerja sama hendaknya dilakukan studi kelayakan terhadap calon mitra kita, apakah siap atau tidak dari segi pengembalian modal terhadap produk yang kita titipkan. Ibu Kartini salah satu UMKM mitra gerai Lengkong dan ibu-ibu yang lain mengatakan sejauh ini mereka tidak pernah terjadi penunggakan terhadap barang yang mereka titipkan di Gerai Lengkong.

Lebih jauh lagi Adji Widodo meneruskan presentasinya agar Gerai Lengkong dari factor internal UMKM, diharapkan dapat terus membina dengan mengadakan pelatihan yang menyangkut : aspek SDM, aspek keuangan, aspek pemasaran, dan aspek teknis, operasional dan R&D. Hal ini karena berkaitan dengan operasional UMKM dalam meningkatkan produktifitasnya, mengelola keuangan dan mengembangkan pemasaran yang tepat, serta meningkatkan kualitas produknya, hal ini agar dapat menjalankan usahanya agar lebih efektif. Juga diharapkan UMKM dapat meningkatkan kreatifitas produk dan menambah variannya.

Secara eksternal, Gerai Lengkong diharapkan dapat terus membina UMKM agar memiliki ijin usaha seperti NIB (Nomor Induk Berusaha), IUMK (Ijin Usaha Menengah dan Kecil), Surat ijin PIRT, BPOM, Surat Halal, logo dan merek. Karena surat-surat ini sangat penting jika suatu saat nanti sudah terkenal ada pihak yang mengklaim itu adalah usahanya sudah aman karena sudah terdaftar secara legalitas.

Secara sosial dan budaya UMKM agar menciptakan produk yang sesuai dengan lingkungan dan tidak bertentangan dengan adat istiadat dan tingkatan sosial masyarakat. Dari segi ekonomi UMKM harus memberikan produk yang dengan harga yang terjangkau dengan tingkat pendapatan masyarakat setempat.

 

Gambar 2. Penyerahan Cinderamata kepada Ibu Hj. Lista Hurustiati, S.H., M.H.

 

Di tengah acara diselingi presentasi dari Ibu Deasy Kepala Cabang Maybank Cabang Pamulang, menyampaikan berbagai program tabungan. Maybank juga melakukan promosi dengan membuka peluang jika UMKM ingin mengajukan kredit usaha kecilnya.

 

Gambar 3. Foto Bersama para peserta UMKM dan Kepala Cabang Maybank Pamulang

 

Penulis : *Ir. Adji Widodo, M.M. (Dosen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang)

Sumber: manajemen.unpam.ac.id