PKM 2021 UNPAM MENGABDI

Penyuluhan dan Demo Pelatihan Make Up dengan Konsentrasi Manajemen Pemasaran oleh Dosen Unpam

Dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), sejumlah dosen dari Prodi Manajemen Universitas Pamulang melakukan kegiatan Penyuluhan dan Demo Pelatihan Salon Kecantikan Khusus Make Up Wajah dengan Konsentrasi Manajemen Pemasaran. Kegiatan ini dilakukan di Yayasan Yatim Piatu Al-Amien, Ciater Kota Tangerang Selatan. Kegiatan PKM ini merupakan salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang mana kegiatan tersebut terdiri dari : mengajar, meneliti dan mengabdi kepada masyarakat. Kegiatan PKM juga merupakan gerakan prosesn pemberdayaan diri untuk kepentingan masyarakat baik dari dosen maupun mahasiswa dalam mengimplementasikan apa yang sudah di dapat di lingkungan Perguruan Tinggi.

Yayasan Yatim Piatu Al-Amien merupakan tempat yang tepat untuk dijadikan lokasi pelaksanaan PKM ini. Namun dikarenakan pada saat ini masih masa pandemi, maka pelaksanaan PKM ini harus sesuai dengan protokol kesehatan yaitu menjaga jarak dan menggukan masker. Kegiatan PKM ini dilaksanakan pada 29 April 2021 dengan diketuai oleh Ibu Elizabeth Tika Kristina Haruti dengan dibantu oleh anggotanya yaitu, Bapak Paeno, Ibu Noryani, Bapak Muhammad Gandung dan Ibu Rahmi Andini Syamsuddin.

Kegiatan PKM ini disambut baik oleh Ketua Yayasan, yaitu Bapak Drs. H. Rozali Namin dan juga oleh segenap pengurus Yayasan Yatim Piatu Al-Amien. PKM ini diikuti oleh anak-anak asuh Yayasan Al-Amien yang terdiri dari anak-anak usia remaja. Pelaksanaan dibuka oleh Ibu Tika selaku Narasumber lalu dilanjutkan dengan para anggotanya dalam memberikan penyuluhan dan pelatihan demo make up dengan konsentrasi manajemem pemasaran. Setelah itu dilanjutkan dengan penandatangan Surat Perjanjian Kerjasama Antara Universitas Pamulang dengan Yayasan Yatim Piatu Al-Amien.

Secara garis besar, pelatihan ini menjelaskan tentang pentingnya Manajemen Pemasaran pada bidang Kewirausahaan ini apalagi usaha ini masih terbilang kecil.

Pada kesempatan tersebut juga diberikan pelatihan langsung bagaimana teknik dalam memasarkan suatu produk/jasa secara sederhana. Kemudian selanjutnya, Tim PKM dari dosen Manajemen Universitas Pamulang akan melakukan monitoring dan pembinaan secara berkala dalam rangka memaksimalkan beberapa penerapan manajemen pemasaran agar dapat memajukan usaha yang sudah ada dan sudah dijalankan oleh anak-anak dari Yayasan Yatim Piatu Al-Amien.

Sumber: kompasiana.com