PKM 2021 UNPAM MENGABDI

Pengelolaan Pemasaran oleh Tim PKM Dosen

Pengabdian Kepada Masyarakat oleh team Dosen Prodi Manajemen S-1 dengan Tema, “Penyuluhan dan Pemberian Materi, serta Demo/ Praktek Pelatihan Kecantikan, Khusus Pemasangan Bulu Mata dengan Konsentrasi pada Pengelolaan Pemasaran pada Rumah Yatim dan Duafa Al- Amien”

Fenomena Pandemi Covid-19 menuntut banyak pihak untuk selalu fokus pada ide-ide usaha baru guna mendukung perekonomian masyarakat, baik yang bersifat individu ataupun kelompok besar. Yyasan Yatim Piatu menjadi lokasi k pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat pada masa pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan Yayasan Yatim Piatu memilikiperan besar guna mengelola dan menjamin berjalannya operasional harian dari seluruh pihak yang berada dalam yayasan tersebut, seperti Anak asuh, Para pengasuh, Pembina, dan pembimbing. 

Sesuai dengan kondisi diatas tim PKM Dosen dari  Universitas Pamulang melibatkan  Yayasan Penyantun Anak Yatim dan Dhuafa Al-Amien Ciater Tanggerang dalam pelaksanaan Pengabdian guna membantu merancangkan ide bisnis baru yakni Salon kecantikan sederhana dan menyelenggarakan pendampingan pengelolaan Pemasaran pada usaha yang sudah dijalankan oleh Yayasan, sekaligus memaksimalkan peran Tri Dharma perguruan  tinggi.

PKM dihadiri oleh peserta dari Yayasan yang mayoritas adalah Remaja Putri| Dokpri

Sesuai dengan Tema yang ada, Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarkarat dilaksanakan secara langsung di lokasi Yayasan Al-Amien dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang baik yang dimulai pada tanggal 29 April 2021. Diikuti oleh tim PKM dengan Bapak Budhi Prabowo, S.E, M.M. Sebagai Ketua, Bapak Krisnaldy, S.E, M.Si. Selaku Narasumber, Bapak Moh. Jazuli, S.Sos.I, M.Pd.I. Selaku Narasumber, Ibu Kenny Astria, S.E, M.M. serta rekan mahasiwa Universitas Pamulang yang ikut serta mendukung kegiatan. 

PKM disambut baik oleh ketua yayasan| Dokpri

Seluruh Anggota Tim PKM Dosen dari Universitas Pamulang disambut dengan baik oleh ketua Yayasan Al-Amien Bapak Drs. H. Rozali Namim dan segenap pengurus. Selanjutnya pada  kegiatan PKM ini dihadiri oleh Anak Asuh Yayasan Al-Amien yang terdiri dari mayoritas remaja putri. Pelaksanaan PKM dibuka oleh Bapak Budhi Prabowo, S.E, M.M. selaku ketua Tiem PKM dengan mengutarakan maksud dan tujuan kedatangan Tim Dosen dari UNPAM. Dilanjutkan dengan penyampaian materi dan praktek konsep kecantikan serta pemasaran oleh seluruh narasumber yang terlibat. Diakhir kegiatan dilakukan kegiatan tanya jawab dan penyerahan cindera mata.

Dalam kesempatan ini banyak hal yang disampaikan, dan secara umum menjelaskan tentang konsep praktek kemampuan salon dasar dan menjelaskan pentingnya Pengelolaan pemasaran pada Usaha Kecil. Dimana dengan adanya kegiatasn PKM ini Yayasan Al-Amien melalui anak asuh dapat meningkatkan pendapatan dengan menciptakan konsep bisnis salon islami. Pada kesempatan tersebut juga diberikan arahan secara langsung teknik pengolahan pemasaran sederhana pada pelaksanaan usaha yang sudah berjalan. Untuk selanjutnya tim PKM Dosen Universitas Pamulang tetap akan melakukan monitoring serta pembinaan secara rutin guna memaksimalkan penerapan pengelolaan pemasran yang tepat agar dapat menunjang keberhasilan usaha yang dijalankan oleh Yayasan Al-Amien.

 

Sumber:kompasiana.com