KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2021

PKM Dosen, Tema “MOTIVASI BELAJAR BERWIRAUSAHA DALAM MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI PELUANG BISNIS DAN MENGEMBANGKAN JIWA BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMK/MA PONDOK PESANTREN AL-MANAR CIBETEUNG UDIK, KECAMATAN CISEENG, KABUPATEN BOGOR”

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi selain pendidikan dan penelitian. PKM yang merupakan pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung pada masyarakat secara kelembagaan melalui metodologi ilmiah sebagai penyebaran Tri Dharma Perguruan Tinggi serta tanggung jawab yang luhur dalam usaha mengembangkan kemampuan masyarakat, sehingga dapat mempercepat laju pertumbuhan tercapainya tujuan pembangunan nasional. Program PKM merupakan salah satu program yang wajib dilaksanakan, baik oleh dosen maupun oleh mahasiswa, dengan berlandaskan pada prinsip prinsip motivasi pemenuhan kompetensi akademik, jiwa kewirausahaan, dan profesional, sehingga dapat menghasilkan program pengabdian kepada masyarakat yang bermutu, relevan, dan sinergis dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat.

Pada tanggal 10-12 April 2021, Tim PKM dari Dosen Prodi Manajemen S-1 Universitas Pamulang melakukan PKM di Pondok Pesantren Al-Manar Cibeuteung Udik, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor. Kegiatan PKM tersebut mengangkat sebuah tema Motivasi Belajar Berwirausaha Dalam Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Peluang Bisnis Dan Mengembangkan Jiwa Berwirausaha Pada Siswa SMK/MA Pondok Pesantren Al-Manar Cibeuteung Udik, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor”. Pada PKM tersebut diketuai oleh Bapak Jamaludin, S.E.I., M. Ec. Dev. Dengan beberapa anggota dosen antara lain: Bapak Dr. Thamrin, S.Pd., M.Pd., Bapak Nahoras Bona Simarmata, S.S., M. Hum., Bapak Nurmin Arianto, S.E., M.M., dan Bapak Masran Mustakim, S.E., M.M.

 

Gambar 2: Bapak Dr. Thamrin, S.Pd., M.Pd. saat menyampaikan Materi

 

Adapun yang menjadi Narasumber Petama pada PKM ini adalah Dr. Thamrin, S.Pd., M.Pd. beliau menyampaikan bahwa tugas utama siswa adalah Belajar. Belajar dalam hal ini bukan hanya belajar fokus pada mata pelajaran, akan tetapi harus dibarengi dengan belajar disiplin ilmu lainnya. Seperti berwirausaha. Supaya minat belajar itu ada, maka harus ada motivasi, baik motivasi internal, maupun motivasi eksternal. Motivasi internal disini artinya Siswa harus bisa menumbuhkan kemauan belajarnya dalam diri siswa itu sendiri, bukan karena adanya keterpaksaan dari pihak luar. Sedangkan motivasi eksternal, memang disini dibutuhkan dorongan dari guru-guru, berteman dengan siswa yang rajin belajar dan lebih-lebih motivasi dari orang tua siswa itu sendiri.

Selanjutnya yang menjadi narasumber kedua adalah Bapak Masran Mustakim, S.E., M.M. beliau menyampaikan materi tentang cara menumbuhkan dan mengembangkan jiwa berwirausaha pada siswa. Poin penting yang disampaikan beliau adalah bahwa “Menjadi wirausaha merupakan salah satu langkah untuk mencapai kesuksesan. Hampir semua orang ingin menjadi wirausahawan atau wirausaha sukses, namun hanya sedikit orang yang serius “mengambil tindakan” dan mewujudkan impiannya menjadi wirausahawan sukses. Risiko dan perencanaan yang terlalu lama seringkali menjadi penghalang seseorang untuk maju dan menjalankan perusahaan. Untuk membangun bisnis dan menjadi wirausaha, sebagai langkah awal, seseorang harus menumbuhkan jiwa wirausaha dan terjun langsung dalam membangun bisnisnya. Dan beberapa triknya adalah memulainya dengan niat dan keyakinan, kecakapan dalam melihat peluang, belajar dari orang-orang berpengalaman (pengusaha sukses), memiliki modal (hal ini bisa joint modal dengan teman kelas, teman main, dan keluarga), harus konsisten dan jangan stengah-setengah, memiliki kemampuan menjual, dan harus dimulai dari sekarang serta jangan ditunda-tunda.

 

Gambar 3: Suasana Saat PKM Berlangsung
Gambar 4: Suasana Saat PKM Berlangsung

 

Dan Pemateri ketiga adalah Bapak Nahoras Bona Simarmata, S.S., M.Hum. beliau menyampaikan materi Memanfaatkan Media sosial sebagai peluang Bisnis. Beliau menyampaikan generasi millenial saat ini Hampir semua mengenal internet dan pasti punya akun media sosial seperti Twitter, Facebook, Google+, instagram, WA dan lain-lain, atau paling tidak mereka pasti memiliki akun di salah satu media sosial tersebut. Pada awalnya media sosial dibuat untuk kegiatan bersosial secara online, dan ternyata saat ini media sosial sangat efektif digunakan sebagai media promosi bisnis. Jika saat ini Anda memiliki sebuah bisnis dan tidak dipromosikan secara online maka Anda sudah sangat ketinggalan dengan pesaing yang menggunakan media sosial. Peluang bisnis dengan dunia sosial sebenarnya lebih dari tentang promosi saja. Kita bisa menjadi seseorang yang hanya berorientasi pada keuntungan dalam jangka panjang dengan orang-orang yang terhubung di media sosial. Adapun bebrapa manfaat yang bisa dilakukan lewat media sosial adalah: Online Shop. Meskipun sudah bertebaran marketplace yang menawarkan wadah untuk menjual barang, memiliki sosial media sendiri sangat bagus untuk marketing online shop; Jasa Titip. Pilihan lainnya yang bisa jadi peluang adalah usaha jasa titip; Dropshipper dan Reseller; Content Writer dan lain-lain. Salah satu peluang tersebut bisa kita ambil dalama mengambil peluang bisnis melalui media sosial.

 

 

Di akhir PKM ini kami selaku tim PKM Dosen Prodi Manajemen S-1 Universitas Pamulang sangat berterimakasih kepada Pihak Pondok Pesantren atas kesempatannya dalam menerima TIM PKM ini.  Semoga kegiatan PKM ini dapat memberikan pengetahuan bagi siswa tentang materi yang disampaikan.

Penulis: *Jamaludin, S.E.I., M. Ec. Dev. (Dosen Prodi Manajemen S-1, Universitas Pamulang)

Sumber: manajemen.unpam.ac.id