PKM 2021 UNPAM MENGABDI

Role Model Orangtua dan Anak Gemar Menabung

Ciputat- Menabung merupakan salah satu kegiatan yang mencerminkan hidup hemat. Menabung berarti menyisihkan uang dan menyimpannya untuk keperluan dan dalam periode tertentu. Manfaat menabung memang tidak dapat dirasakan secara langsung. Namun, dengan memiliki tabungan maka akan ada manfaat yang dirasakan kelak. Misalnya uang tabungan bisa digunakan ketika mengalami kejadian tak terduga seperti sakit dan sebagainya.

Dewasa ini masih banyak ditemukan perilaku anak-anak yang bersifat boros. Pada saat mereka diberikan uang jajan, banyak dari mereka yang langsung menghabiskan uang tersebut. Bahkan ada anak yang menghabisakn uang jajannya melebihi sewajarnya anak-anak lain seusianya di sekitar tempat tinggalnya. Jika orang tua tidak mengontrolnya, maka perilaku tersebut akan menjadi pembiasaan sampai dewasa kelak.

Permasalahan yang terjadi di masyarakat, beberapa orang tua merasa bingung bagaimana memberikan pemahaman pada anak-anaknya agar mau menabung. 

Fenomena ini, bukan hanya menjadi masalah satu keluarga, namun menjadi tanggung jawab kita bersama untuk membantu. Oleh karena itu, tim pengabdi yang diketua oleh Ibu Tati R bersama timnya yakni Anum N, Fina F, Yolanda G, dan Aris B dari Unpam melakukan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk kepedulian kami ikut membantu mencarikan solusi atas permasalahan tersebut.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertemakan role model orang tua dan anak gemar menabung. Acara dilaksanakan pada minggu ketiga Maret 2021 bertempat di Mushola Nurul Ikhlas dengan target Ibu-ibu yang menitipkan anak-anaknya mengaji di Pengajian Baitul Qurro Pisangan, Ciputat Timur yang dikelola oleh Ibu Yanti Nurhayanti. Dalam pelaksanaan kegiatan diikuti 20 peserta dan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pembentukan karakter anak dapat dipengaruhi oleh perilaku orang tuanya. Dalam perkembangannya, anak-anak akan melakukan perilaku meniru. 

Menurut Ivan Palvop dalam penelitian Utami, W. D. tahun 2017 memberikan pengertian bahwa perilaku meniru adalah perilaku seseorang dengan cara melihat dan memperhatikan perilaku orang tua secara langsung, baik tingkah laku ataupun perbuatan. 

Artinya seoarng anak akan melihat dan memperhatikan sekitarnya kemudian merekamnya dan mempraktekannya. Baik perkataan maupun tindakan-tindakan yang merupakan kebiasaan akan mereka contoh dan membentuk pembiasaan mereka sehingga karaktek yang terbentuk sesuai dengan contoh yang mereka ikuti. 

Seperti yang kita ketahui bahwa fasilitator belajar pertama yakni keluarga. Di dalam keluarga ada orang tua. Maka dari itu, orang tua merupakan contoh atau role model bagi anak-anaknya. Ketika para orang tua ingin membentuk anak-anaknya gemar menabung amak mereka harus memberikan contohnya dengan memberikan pemahaman dan memiliki tabungan.

Melalui kegiatan pengabdian ini, tim pengabdi memberikan penyuluhan mengenai pemahaman menabung dengan konsep “Mal”. Mal meruapakn singkatan dari “Mean, Allcate dan Liven up”

Konsep Mal diharapkan memberikan pemahaman orang tua bagaimana menjadi role model bagi anak-anaknya untuk membentuk sikap gemar menabung. Adapun penjelasan dari Mean bertujuan bisa menghargai uang, Allocate bertujuan menyisihkan uang dan Liven Up bertujuan menggiatkan atau mengimplementasikannya sehingga menjadi pembiasaan.

Sumber: kompasiana.com