KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2021

PKM DOSEN PRODI MANAJEMEN UNIVERSITAS PAMULANG “PENTINGNYA MEMAHAMI LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI BENTUK PERTANGGUNG JAWABAN DALAM ORGANISASI”

Salah satu tugas dosen selain mengajar dan penelitian adalah melakukan pengabdian kepada masyarakat (PKM). PKM yang dilakukan oleh dosen  prodi manajemen Universitas Pamulang dilaksanakan pada setiap semester. Pada semeter ganjil ini tim kami melakukan kegiatan PKM  pada tanggal 29 sampai dengan 31 Maret 2021 di kelurahan Pamulang Barat dengan tema “pentingnya memahami laporan keuangan sebagai bentuk pertanggung jawaban dalam organisasi”.

Kegiatan PKM ini dilakukan masih dalam kondisi pandemi covid 19 yang mana aktivitas masyarakat masih dibatasi, melalui diskusi kepada bapak Supriyadi, S.E., M.Si. selaku lurah Pamulang Barat menghendaki bahwa kegiatan ini dilalukan dengan menaati protokol kesehatan yaitu seluruh peserta yang hadir di kelurahan Pamulang barat wajib menggunakan masker, mencuci tangan sebelum masuk ke dalam ruangan dan  peserta yang hadir dibatasi hanya 50% dari besar kapasistas ruangan sehingga peserta dapat menjaga jarak dengan baik.

Kegiatan PKM ini diketuai oleh bapak Aria Aji Priyanto, S.E., M.M. dan anggotanya yaitu bapak Styo Budi Utomo, S.Pd. I., M.M., bapak Muhammad Gandung, S.E., M.M., ibu Maghfiroh Yanuarti, S.Pd., M.Pd., dan bapak M. Yusuf Sunaryo, S.E., M.M. Kedatangan tim kami disambut baik oleh lurah Pamulang Barat dan beberapa staf kelurahan Pamulang Barat. Beliau berharap agar pandemi covid 19 ini dapat segera berakhir sehingga kegiatan PKM berikutnya dapat dilakukan lebih maksimal lagi. Beliau juga berharap dengan diadakannya PKM ini dapat memberikan ilmu baru bagi organisasi karang taruna atau pun para pegawai di kantor kelurahan Pamulang Barat sehingga menjadi lebih baik dalam melakukan kegiatan ataupun pelayanan terhadap masyarakat.

Gambar 2: Foto Anggota PKM beserta Mahasiswa Universitas Pamulang

Objek pada PKM ini adalah organisasi karang taruna di kelurahan Pamulang Barat, Tangerang Selatan. Karang taruna adalah organisasi wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan dan terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial. Laporan keuangan dalam sebuah organisasi dirasa penting. Laporan keuangan adalah dokumen penting dalam sebuah organisasi yang tidak boleh dilewatkan. Laporan keuangan digunakan untuk melihat bagaimana kondisi keuangan selama periode tertentu. Laporan keuangan memiliki beberapa data di dalamnya seperti faktur, bon, nota kredit, laporan, bank dan lain sebagainya. Setiap data transaksi yang tercatat akan memberikan bukti keabsahan transaksi dalam sebuah organisasi selama periode tertentu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa laporan keuangan adalah laporan yang memberikan informasi tentang kondisi keuangan dalam organisasi pada periode tertentu.

Gambar 3: Foto Penyampaian Materi

Narasumber pada PKM ini adalah bapak M. Yusuf Sunaryo., S.E., M.M. beliau menyampaikan materi mengenai definisi laporan keuangan kemudian pentingnya laporan keuangan dalam organisasi, dan bagimana cara membuat laporan keuangan. Beliau juga memberikan tips cara membuat laporan keuangan yang mudah dan simpel. Penyampaian materi dilakukan dengan sangat menarik dan interaktif sehingga materi yang disampaikan dapat dengan mudah dipahami oleh peserta PKM di Kelurahan Pamulang Barat Tangerang Selatan.

Penulis : Maghfiroh Yanuarti, S.Pd., M.Pd. (dosen Prodi Manajemen Universitas Pamulang)

Sumber: manajemen.unpam.ac.id