KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2021

PKM Dosen Prodi Manajemen S-1, ” Manajemen Pengetahuan Rekam Jejak Digital Kinerja Kelurahan Pamulang Barat” Kelurahan Pamulang Barat Tangerang Selatan

Senin 29 Maret 2021, Dosen UNPAM (Universitas Pamulang) melakukan kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat)  di Kelurahan Pamulang Barat Tangerang Selatan. Sasaran pelaksanan PKM kali ini adalah Kelurahan Pamulang Barat.  Kantor Kelurahan Pamulang Barat yang memiliki peran strategis dalam melakukan pelayanan administrasi kepada masyarakat. Banyaknya program dan kegiatan yang dilakukan oleh Kelurahan Pamulang Barat sejatinya akan menjadi rekam jejak kinerja para pegawai kelurahan.  Namun sayangnya setiap kegiatan tersebut belum dilakukan perekaman secara konsisten.  Tujuan perekaman ini adalah sebagai media branding dan pembelajaran bagi seluruh pegawai.

Kegiatan PKM yang dilakukan antara lain memberikan penyuluhan terkait manajemen pengetahuan rekam jejak digital kinerja Kelurahan Pamulang Barat.  Dalam kesempatannya Ketua pelaksana Risza Putri Elburdah, S.Pt.,M.M mewakili tim dosen Unpam dalam kegiatan ini menyampaikan pentingnya setiap program kegiatan dilakukan perekaman jejak dan di upload ke media digital.  Tujuannya agar masyarakat dapat mengetahui capaian-capaian yang telah dilakukan pegawai Kelurahan .

Manajemen pengetahuan adalah suatu sistem dan proses yang terformat dan terarah yang dikembangkan dalam suatu organisasi untuk menciptakan, mencari, mengumpulkan, memilih, mengorganisir, mendokumentasikan, menyimpan, memelihara dan menyebarkan informasi dan pengetahuan dalam rangka mendukung kebutuhan masing-masing individu di dalam perusahaan sehingga dapat digunakan dalam pengambilan keputusan yang baik untuk mendukung strategi bisnis.

Rekam jejak adalah hasil kinerja pelaksanaan tugas pokok dan fungsi masing-masing pegawai yang nantinya menjadi akumulasi rekam jejak kinerja Kelurahan Pamulang Barat.  Rekam jejak ini selayaknya secara konsisten ke media digital agar dapat dijadikan pembelajaran bagi seluruh pihak, ujar Hestu dalam penyampaian Materi.

 

Gambar 3. Peserta PKM Kelurahan Pamulang Barat

 

Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama 3 hari  (29-21 Maret 2021) yang diikuti oleh pegawai Kelurahan Pamulang Barat dengan antusias.  Melalui manajemen pengetahuan dan rekam jejak kinerja para pegawai dapat menyalurkan pengetahuan dan mempertahankan aset pengetahuan yang dimiliki. Nantinya hasil rekam jejak pengetahuan ini akan berdampak pada hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang karyawan dalam melaksanakan fungsinya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.

Bapak Supriyadi, S.E.,M.Si. selaku Lurah di Kelurahan Pamulang Barat menyampaikan bahwa mereka mengharapkan acara PKM di Kelurahan Pamulang Barat ada kelanjutannya, sehingga kegiatan ini  dapat mengembangkan kemampuan pegawai kelurahan dalam memberikan pelayanan secara cepat bagi masyarakat yang berdomisili di wilayah Pamulang.

Gambar 2.Bapak Supriyadi, S.E., M.Si, Lurah Kelurahan Pamulang Barat

Kegiatan PKM ini sukses berjalan atas dukungan penuh dari Universitas Pamulang dan LPPM. Adapun tim dosen yang turut menyukseskan diantaranya MC oleh Derita Qurbani, S.Psi., M.M, Moderator Acara Sulaiman, S.E., Pemateri Hestu Nugroho Warasto, S.E., M.Si.,dan Sutiman, S.E.,M.M., serta seksi konsumsi  dan dokumentasi dari rekan-rekan mahasiswa. (red.)

Gambar 4. Tim PKM Universitas Pamulang

Penulis : Risza Putri Elburdah, S.Pt., M.M & Hestu Nugroho Warasto, S.E., M,Si (Dosen Manajamen Universitas Pamulang)

Sumber: manajemen.unpam.ac.id