PKM 2021 UNPAM MENGABDI

PKM Dosen Prodi Manajemen S-1 dengan Tema, “Pengelolaan Keuangan Yang Efektif dan efisien Pada Organisasi Karang Taruna pada Kelurahan Pamulang Barat Tangerang Selatan”

Dosen bisa disebut dengan maha guru yang selalu dikenang sepanjang masa yaitu “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”. Jika bukan karena jasa dan perjuangan seorang guru maka anak-anak kita tidak mengenal huruf dan membaca. Salah satu tugas mulia dosen, tertuang dalam Undang-Undang Tentang Guru dan Dosen Pasal 1 ayat 2 Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selain  mengajar dan mendidik para mahasiswa, seorang dosen juga dituntut untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi seperti :  Mengajar, Meneliti dan Mengabdi Kepada Masyarakat. Maka dari itu kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) harus segera dilaksanakan tiap semester, baik semester ganjil dan semester genap. Menurut jadwal yang Sebenarnya kegiatan PKM tersebut seharusnya sesuai acuan proposal dilaksanakan pada tanggal 7 April 2021 . Oleh karena bulan april tersebut masih diberlakukan (Pembatasan Sosial Berskala Besar) PSBB yang sesuai Pergub No : 88 Tahun 2020, maka aktivitas dan kegiatan yang melebihi lima orang ditiadakan acara apapun yang mengundang massa untuk berkumpul.

Namun setelah adanya masa Transis PSBB maka dari pada itu, kami selaku tim PKM kemudian mendatangi  Bapak Supriyadi  selaku Lurah Kelurahan Pamulang Barat, sehingga pada akhirnya diizinkan untuk melakukan kegiatan PKM, tentunya dengan mentaati protokol kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku. Maka 7 April 2021, pukul 09’00 wib, tim PKM dari Prodi Manajemen Universitas Pamulang melakukan PKM pada Kelurahan Pamulang Barat  Kecamatan Pamulang Timur, Tangerang Selatan. Kegiatan  Pengabdian Kepada Masyarakat ini diketuai oleh Bapak Ahmad Syukri. beserta anggotanya Bapak Ahmad Syukri, Bapak Gatut Drajad,Bapak Syawaludin, Thaharudin, dan Krisnaldy. PKM ini mengangkat sebuah tema “Pengelolaan keuangan yang efektif dan efisien pada karang taruna Kelurahan Pamulang Barat Tangerang Selatan

Kedatangan Tim PKM dari Prodi Manajemen Universitas Pamulang disambut baik  Sekretraris Lurah Kelurahan pamulang barat dan beberapa staf kelurahan lainnya. Beliau berharap jika keadaan sudah kembali normal maka PKM harus dilaksanakan dengan sebaik dan semaksimal mungkin, mudahan tahun depan kondisi Negara yang kita cintai Indonesia terbebas dari wabah Virus Covid-19, sehingga kegiatan PKM yang dilaksanakan dapat memberikan ilmu baru bagi para pegawai Kantor Kelurahan pamulang Barat  agar menjadi lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat setempat.

Foto Bersama dengan Team PKM Dosen
Foto Bersama dengan Peserta dan Narasumber

Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan ilmu dan wawasan tentang pengelolan keuangan (PAD) pada karang taruna. Pengelolaan keuangan yang baik menghasilkan value atau nilai terhadap penerimaan kas daerah  tersebut sehingga mampu bersaing. Karang taruna merupakan organisasi pemuda yang sangat bermanfaat bagi para pemuda dan merupakan aspek penting untuk pembinaan kerukunan antar masyarakat. Karang taruna merupakan wadah untuk para pemuda mengapresiasikan diri dan berkreatifitas sehingga mereka tidak terjerumus ke dalam kegiatan yang negatif. Sebagai karang taruna, sebaiknya pemuda-pemuda lebih aktif di dalam kegiatan kemasyarakatan untuk kemajuan suatu desa.Dalam bidang kesejahteraan sosial, karang taruna sebagai organisasi sosial masyarakat di pedesaan akan ditingkatkan fungsi dan peranannya agar dapat menyalurkan peran serta dalam pembangunan. Selain mewujudkan kesejahteraan sosial di desa, karang taruna berfungsi mengembangkan potensi kreatifitas generasi muda agar generasiOleh karena itu peranan dari pemuda yang diharapkan dapat mewujudkan membawa maju desanya dan menciptakan kehidupan yang sejahtera dalam masyarakat. Setiap elemen dalam masyarakat tersebut berperan secara maksimal sesuai dengan kedudukannya. Kerjasama dari para pemuda Karang Taruna dan masyarakat akan berdampak besar dalam kehidupan sosial Desa.

Foto Bersama ketua Pelaksana dan Mahasiswi

Kota Tangerang Selatan. Kelurahan Pamulang Barat  Kecamatan Pamulang terbentuk berdasarkan Peraturan Bupati Kabupaten Tangerang No.05 Tanggal 19 September 2005 tentang perubahan 77 desa menjadi kelurahan. Kemudian berdasarkan UU No.51 Tahun 2008 Tanggal 26 November 2008 tentang pembentukan Kota Tangerang Selatan di Provinsi Banten. Kantor Kelurahan Pamulang Barat  dengan luas Wilayah : 412,91 Ha. Dengan batas wilayah : − Sebelah Utara berbatasan dengan : Kecamatan Ciputat − Sebelah Selatan berbatasan dengan : Kota Depok − Sebelah Barat berbatasan dengan : Kecamatan Serpong − Sebelah Timur berbatasan dengan : Kelurahan Pamulang Barat..

Demikian artikel ini dibuat agar para pembaca memahami bagaimana pentingnya Peran karang taruna dalam pengelolaan keuangan yang efektif dan efisien di Kelurahan Pamulang Barat .

Penulis: *Ahmad Syukri, S.Sos., M.S.i  (Dosen Prodi Manajemen, Universitas Pamulang)