PKM 2021 UNPAM MENGABDI

Press Realse PKM Dosen “Implementasi Digital Marketing dalam Era Society 5.0 pada Pondok pesantren lembaga bina santri mandiri kabupaten Bogor”

Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama 1 tahun di Indonesia namun tidak menyurutkan semangat dosen Universitas Pamulang ( UNPAM) untuk menjalankan salah satu TRIDHARMA  perguruan tinggi yaitu, Pengabdian Masyarakat. Pengabdian PKM dilakasanakan secara daring melalui zoom could pada hari minggu, 04 April 2021.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan kepada santriwan santriwati di Pondok pesantren lembaga bina santri mandiri , pondok pesantren ini cukup unik, karena biasanya pondok pesantren hanya fokus terhadap pendidikan ilmu agama saja, namun pondok pesantren lembaga bina santri mandiri ini tidak hanya berfokus pada pendidikan agama saja, tapi juga pendidikan mengenai berwirausaha sebagai bekal santriwan dan santriwati untuk mencari nafkah di dunia. Oleh karena itu hampir semua pengurus maupun santriwan dan santriwati di pondok pesantren tersebut adalah wirausahawan.

Maka dari itu dalam kegiatan PKM ini bapak / ibu dosen mengangkat 2 tema, yaitu “penerapan pengelolaan usaha dan strategi digital marketing guna meningkatkan penjualan dalam era society 5.0” yang disampaikan oleh Bapak Samsul Asmedi DRM,S.E.,M.M,M.Ak  dan “Implementasi Digital Marketing dalam Era Society 5.0 yang disampaikan oleh Ibu Napisah, S.E., M.Ak.  Para dosen yang berkompeten dibidangnya terdiri dari bidang Akuntansi  dan menjalankan beberapa bisnisnya.  Dalam kegiatan turut serta Pemimpin pondok pesantren lembaga bina santri mandiri yaitu KH. Jauhari, Lc, ustadz, ustadzah, Para dosen Universitas Pamulang, perwakilan mahasiswa dan juga santriwan santriwati.

Pembelajaran melalui penayangan materi pelatihan mengenai penerpaan  pengelolaan usaha , strategi digital marketing serta implemnetasinya guna meningkatkan penjualan  tetap bisa dilaksanakan dengan menyenangkan dan bersifat interaktif, Materi yang di berikan pun menarik dengan hal ini terlihat saat sesi tanya jawab,  dan ingin mengetahui secara mendalam mengenai ilmu pemasaran melalui digital marketing khusunya social media / marketplace.

Sebagai bentuk evaluasi atas pemahaman pesarta pada acara PKM ini  panita memberikan pretest dan posttest untuk para santri, pretest diberikan sebelum kegiatan dimulai yaitu H-1 dan posttest diberikan pada akhir sesi kepada peserta berupa link google form. Kemudian sampailah pada akhir acara yang ditutup dengan pembacaan doa yang selanjutnya dilakukan sesi foto sebagai bukti dokumentasi.

Dengan selesainya rangkaian acara maka diharapkan diharapkan santriwaan santriwati muda dapat menerapkan memahami, mempraktikan, dan mengembangkan secara langsung didunia usaha sehingga santri dapat berkembang dan mampu bersaing didunia usaha khususnya menggunakan teknologi dengan digital marketing.

Penulis: Desi Jelanti

Sumber: akuntansi.unpam.ac.id