PKM 2021 UNPAM MENGABDI

Pengabdian Masyarakat Mahasiswa dan Dosen Universitas Pamulang, Bina Strategis UMKM di Cipondoh

TANGERANG – Dewasa ini, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) memberikan perhatian dan kontribusi yang sangat nyata terhadap penguasaan kompetensi karyawan di sebuah organisasi. Topik mengenai pentingnya kompetensi karyawan di dunia kerja saat ini memang sedang hangat dibicarakan. Kompetensi seorang karyawan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan kerja karyawan tersebut.

Hal ini menjadi acuan bagi organisasi untuk mengetahui kemampuan kerja karyawan. Melalui kompetensi yang dimiliki oleh karyawan membantu organisiasi lebih mengetahui posisi apa yang cocok dan tepat untuk karyawannya tersebut. Kompetensi sendiri merupakan landasan dasar karakteristik orang dan mengindikasikan cara berperilaku atau berpikir, menyamakan situasi dan mendukung untuk periode waktu yang cukup lama.

Faktor yang dapat memengaruhi kecakapan kompetensi seseorang yaitu keyakinan dan nilai-nilai, keterampilan, karakteristik pribadi, motivasi, isu emosional, kemampuan intelektual, budaya organisasi (Spancer, 2003).

Begitu juga dengan UMKM Cipondoh Makmur yang menjadi mitra dalam pengabdian ini, penting untuk memberikan pelatihan kepada para pengelola UMKM dalam meningkatkan daya saing produk UMKM sehingga para pegiat UMKM di wilayah Kelurahan Cipondoh Makmur senantiasa siap menghdapi persaingan global.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang. Kegiatan PKM ini wajib dilakukan oleh setiap dosen di Universitas Pamulang, minimal satu kali dalam satu semester. Dosen yang terlibat dalam kegiatan PKM ini yaitu sebagai Ketua Pengusul, Agus Mulyono, serta nara sumber Yusup Purwanto dan Aod Abdul Jawad, serta 4 orang mahasiswa semester 4 yaitu Zulkipli, M. Qandyas, Mita Maulida, dan Dina Nabilah.

Ketua pengusul, Agus Mulyono, mengusulkan kegiatan PKM kali ini dengan melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat yaitu berupa pembinaan strategis bagaimana meningkatkan daya saing produk UMKM di wilyah Kelurahan Cipondoh Makmur dalam menghadapi persaingan global.

Kegiatan PKM ini dilakukan dengan beberapa rangkaian, pertama pembukaan oleh Ketua Pengusul, Agus Mulyono. Dia menyampaikan kata sambutan dan sekaligus membuka acara seminar pembinaan strategis usaha peningkatan daya saing produk UMKM dalam menghadapi persaingan global.

Kepala Kelurahan Cipondoh Makmur, Yoga Sektianto menyampaikan dalam situasi pandemi saat ini para pelaku UMKM di kelurahannya harus pandai mengatur strategi pemasaran sehingga dapat mempertahankan perekonomian keluarganya dan meningkatkan penghasilan.

Dia berterimakasih dengan adanya pelatihan dan pembinaan yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang tentang pembinaan strategis usaha peningkatan daya saing produk UMKM dalam menghadapi persaingan global.

Kemudian dilanjutkan oleh beberapa nara sumber. Yusup Purwanto memberikan pemaparan materi pelatihan kepada para peserta seminar peningkatan daya saing produk UMKM. Dia menjelaskan kepada para peserta seminar bagaimana  kondisi ekonomi yang semakin sulit dengan berhentinya dan menurunnya sebagian aktivitas ekonomi tentu berpengaruh terhadap daya beli masyarakat itu sendiri.

Secara otomatis masyarakat akan memprioritaskan makanan dan kebutuhan pokok lainnya. Sedangkan persaingan dalam produk makanan dan kebutuhan pokok lainnya juga semakin ketat seiring banyaknya produk murah dari negeri China.

Yusup Purwanto memberikan salah satu solusi bagaimana cara yang efektif dalam menyalurkan produk UMKM serta teknik pemasaran yang kompetitif.

(Red)

Sumber: bantennews.co.id