PKM 2021 UNPAM MENGABDI

Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang Bekerja Sama Dengan SMK Dan SMA Insan Kamil Tartil

Penulis_Artikel_Oleh : Mochamad Adhari Adiguna, S.ST., M.Kom / Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

Civitas Akademika Universitas Pamulang melakukan pengabdian kepada masyarakat (PkM) dengan tema Pelatihan Mengoptimalkan Product Google untuk Learning Management System video conference di SMK dan SMA Insan Kamil Tartila Kab Tanggerang. PkM  tersebut merupakan bentuk kerja sama antara Universitas Pamulang dengan SMK dan SMA Insan Kamil Tartila dalam mengembangkan Pendidikan, Pengajaran dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang ada di Tangerang Selatan dan sekitarnya. Walaupun masih dalam masa situasi pandemik virus covid-19, civitas akademik Universitas Pamulang masih tetap berusaha menjalankan kegiatan agar dapat tercapai tujuan yang diharapkan. Kegiatan PkM berlangsung secara daring menggunakan video conference pada hari Sabtu, tanggal 10 April 2021.

Pada sambutan yang diberikan oleh kepala sekolah baik SMA maupun SMK, Bapak H.M Syaroji, M.A dan Ibu Ressti Zhahara Zuleika,S.Pd. menyampaikan agar kegiatan seperti ini dapat berkesinambungan dan berkelanjutan. Respon positif juga didapat dari para peserta pelatihan pada kegiatan tersebut.

Kegiatan PkM Tersebut di ketuai oleh Mochamad Adhari Adiguna, S.ST, M.Kom dan beranggotakan 4 Dosen yang terdiri dari Muhammad Anis, ST, M.Kom. sebagai moderator, Bambang Wisnu Widagdo, ST, M.Sc.IT. sebagai Fasilitator, Syafril Chariansyah, S.Sos, M.Kom dan Drs. Bambang Utomo, MA. sebagai Pemateri/Nara Sumber. Selain beranggotakan Dosen, kegiatan PkM melibatkan juga 9 Mahasiswa Universitas Pamulang, yang terdiri dari Aris Setiawan, Abdul khodir Zaelani, Maryanah, Novebila Ramadhani, Riva’i sawqi, Fahrur Rozi, Kurnia Setiani, Jenitha Afriani dan Rajivandifah Laragus.

Pada kesempatan PkM ini, dihadiri hingga tigapuluhan partisipan dimana peserta merupakan guru-guru dan tenaga kependidikan yang ada di SMK dan SMA Insan Kamil Tartila. Apresiasi yang didapat dari para peserta berupa antusiasnya mengikuti materi pada kegiatan tersebut. Bahkan, Pak Trisno guru matematika dari SMA dan SMK Insan Kamil Tartila melontarkan pertanyaan “bagaimana caranya menggunakan formula-formula matematika pada google form”.

Latar belakang dari kegiatan PkM Pelatihan Mengoptimalkan Product Google untuk Learning Management System video conference di SMK dan SMA Insan Kamil Tartila Kab Tanggerang bertujuan agar para guru di SMA dan SMK Insan Kamil Tartila mahir dalam penggunaan google calender untuk penjadwalan, google meet untuk video conference, dan google form untuk pelaksanaan tugas atau kuis atau penilaian tengah dan akhir semester.

Kegiatan PkM ini pun didukung penuh oleh ketua LPPM Universitas Pamulang, Dr. Ali Maddinsyah, S.E., M.M. dengan memberikan Surat Perjanjian Kontrak Pengabdian Kepada Masyarakat Nomor  1302/D5/SPKPM/LPPM/UNPAM/IV/2021.

Berikut ini Photo kegiatan pada kegiatan PkM tersebut:

Gambar 1. Menunggu Kegiatan dimulai

 

Gambar 2. Profil UNPAM oleh Ketua Yayasan Sasmita Jaya melalui Rekaman Video

 

Gambar 3. Pemaparan Materi Kegiatan PkM

 

Sumber:informatika.unpam.ac.id