PKM 2021 UNPAM MENGABDI

Meningkatkan Nilai Produk Agar lebih Kompetitif Dengan Studio Mini Portabel

Tidak sedikit Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) dalam pengelolaan usahaanya masih manual dan dibawah standar yang sudah ditentukan, baik cara berjualan, konten termasuk gambar dan cara pelaporan keuangannya, sehingga cukup sulit bersaing dengan pelaku usaha yang memanfaatkan media dan teknologi dalam operasional usahanya.

Persaingan yang semakin ketat belakangan ini dengan sistem digital marketing bisa menjadikan jawaban untuk dapat bersaing dengan modal awal gambar / foto yang menarik. Sistem informasi dan teknologi usaha akan lebih cepat berkembang karena lebih efektif dan efisien.

Para pelaku usaha dapat mengembangkan usahanya termasuk Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) sekalipun bisa memanfaatkan sistem tersebut sehingga usaha yang dikelola dapat dipasarkan ke seluruh wilayah tanpa harus mengeluarkan biaya lebih. Selain itu dengan memaksimalkan konten yang ada misalkan gambar yang dimuat dapat bersaing dan memiliki nilai produk yang tinggi, hal ini dapat meningkatkan penjualan dari usaha tersebut.

Dengan menggunakan konten (gambar) yang standar produk yang dijual diharapkan dapat menjadi pilihan konsumen, proses pengambilan gambar tersebut dengan menggunakan mini studio portabel. Karena dengan melihat visual atau tampilan yang utama produk yang dijual dapat diperkenalkan ke konsumen dengan semenarik mungkin, jadi tidak asal dalam menampilkannya.

Jenis produk yang dapat di foto ada berbagai jenis baik dari makan, minuman, bukan makan, pakaian anak, pakaian dewasa atau bahkan produk bekas pakai yang akan dijual diaplikasi jual beli barang online agar dapat menampilkan gambar yang maksimal dan terlihat lebih bagus.  Adapun metode yang digunakan adalah pemberian materi secara langsung yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu pertama tahap persiapan, kedua tahap pemberian materi atau teori, ketiga tahap praktek yaitu memberikan contoh pengambilan gambar yang benar dan yang terakhir yaitu proses tanya jawab. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pada ibu rumah tangga warga RW 05 Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Luaran dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini akan dimuat di media baik media berita atau media sosial lainnya dan disamping itu juga akan di publikasikan secara ilmiah yaitu dalam bentuk jurnal. Dengan tujuan jurnal ini dapat menyebarkan secara luas konsep pemikiran cara meningkatkan nilai produk agar lebih kompetitif dengan cara pengambilan foto/ gambar yang mudah.

  • AMIRUDIN, S.E. , M.M.
  • BUDI SYAMTORO, S.E., M.M.
  • DEDE HENDRA, S.E.,M.M.
  • DIDI SUNARDI, S.E, M.M.
  • PRIEHADI DHASA EKA, S.E.,M.M.

 

Sumber: kompasiana.com