PKM 2021 UNPAM MENGABDI

PkM Prodi Elektro : PJU Solar Panel di Kampung Karag

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu dari tridarma perguruan tinggi, untuk itu kegiatan tersebut harus rutin dilakukan sedikitnya dalam waktu tiga bulan sekali.

Kampung Karag merupakan salah satu kampung yang terletak di Kec.Cimanuk Pandeglang. Aktifitas di kampung ini sudah mulai ramai seiring dengan kebutuhan ekonomi.

Sebagian warga mengeluhkan pada malam hari terkait penerangan jalan umum di kampung tersebut, yaitu kurangnya lampu PJU.

Kelompok dosen dan mahasiswa prodi Teknik elektro Unpam melakukan PkM terkait penerangan jalan umum,di kampung Karag, Kec.Cimanuk Pandeglang

PkM yang selesai dilaksanakan pada Ahad, 28 maret 2020, mengusung penerangan jalan ramah lingkungan dan hemat listrik yaitu dengan memanfaatkan solar panel.

“Selain sebagai fasilitas hidup pemasangan lampu dengan teknologi solar panel menjadi pengetahuan baru untuk warga desa yang cukup jauh dari perkotaan” ujar Luky selaku ketua PkM.

“Kampung Karag, Ds.Cimanuk, Pandeglang menjadi tujuan saat ini untuk penerapan teknologi penerangan berbasis pemanfaatan energi matahari.”

“Pemasangan lampu solar panel yang tergolong ringkas menjadi alternatif penerangan jalan umum untuk desa binaan kegiatan pengabdian masyarakat. Kedepannya pemanfaatan solar panel ini akan diimplementasikan tidak hanya untuk penerangan jalan umum, tetapi juga dapat digunakan sebagai pengganti listrik berbahan bakar fosil.”

Warga sangat senang dengan adanya lampu penerangan jalan umum ini. “Kami uucapkan terimakasih atas bantuanya” ujar rifa’i Lurah setempat.

“semoga kegiatan in dapat berkelanjutan walaupun dengan berbeda kegiatan”.

(Rahman)

 

Sumber:elektro.unpam.ac.id