PKM 2021 UNPAM MENGABDI

PKM Dosen Unpam, Pembuatan Hand Sanitizer UMKM Desa Cicalengka Tangerang

Oleh : Noto Susanto, SE, MM, CSTMI, CPHCM, CNHRP, CHLP, CPS (Dosen Universitas Pamulang)

Hari Minggu 21 Maret Tahun 2021, Dosen Universitas Pamulang (UNPAM) melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), di lokasi kantor kepala Desa Cicalengka, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Sebelum melaksanakan PKM, bersama rekan dosen mengatur konsep pelaksanaan PKM seperti materi, rundown acara, spanduk, konsumsi, masyarakat cicalengka, sarana dan prasarana, dan lain sebagainya.

 

Melanjutkan koordinasi dengan Bapak Absor, Spd.i (Kepala Desa Cicalengka) dan Bapak Ahyani, S.E,M.M (Dosen UNPAM) sebagai penghubung warga masyarakat lingkungan sekitar, berlangsungnya acara pengabdian kepada masyarakat.

Bersama rekan dosen dan dibantu oleh mahasiswa dan mahasiswi, dalam mempersiapkan tempat pelaksanaan terutama untuk masyarakat Desa Cicalengka seperti konsumsi dan lain sebagainya.

dokpri

Perwakilan sambutan oleh Dosen senior Bapak Faisal SE.MM, mengucapkan terima kasih kepada kepala desa dan warga masyarakat Cicalengka setempat dengan keramahannya menyambut tim PKM dosen Universitas Pamulang, semoga ke depan bisa bekerja sama yang lebih bermanfaat untuk masyarakat.

Kemudian kegiatan PKM pembukaan oleh Bapak Absor S.pd.i (Kepala Desa Cicalengka), memberikan sambutan mengucapkan terima kasih atas kehadiran para dosen dan mahasiswa UNPAM, memberikan ilmu dan pengetahuan kepada masyarakat Cicalengka.

Lanjut ungkap Bapak Ansor, harapan kedepan bagaimana bisa menciptakan UMKM masyarakat Cicalengka untuk berkembang seperti hasil tani, memfungsikan mesin jahit yang sudah tersedia, dan lain sebagainya. Atas dukungan dan support membuat tim PKM, akan mengatur rencana dalam pelaksanaan PKM periode berikutnya.

dokpri

Kemudian, penulisan menyampaikan materi sebagai perwakilan kelompok dan rekan dosen yang lainnya. Artinya untuk menjelaskan tujuan kegiatan PKM dan materi yang disampaikan kepada masyarakat Cicalengka.

Materi yang di sampaikan adalah bagaimana cara membuat Hand sanitizer ditengah pandemi virus Corona, hal ini bisa mendorong UMKM dan peran masyarakat untuk membantu konomi atau penghasilan bagi warga masyarakat Cicalengka.

dokpri

Hand sanitizer bagian penting yang menjadi kebutuhan masyarakat lainnya, sehingga tujuan pembuatan hand sanitizer ini untuk kemandirian dalam menerapkan UMKM. Keberhasilan dari kegiatan PKM, mampu menerima materi yang disampaikan dan diterapkan untuk keseluruhan masyarakat Cicalengka yang ikut PKM tersebut.

Lalu, materi pembuatan hand sanitizer digabungkan dengan marketing mix, dengan implementasi dari beberapa poin untuk pembekalan masyarakat Cicalengka, tidak hanya pembuatan hand sanitizer saja namun mendapatkan juga konsep pemasaran yang bisa dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dari materi marketing mix tersebut, penulis coba menguraikan hubungan dengan hand sanitizer, sebagai berikut :

Pertama, konsep SDM maksudynya adalah bagaimana SDM tersebut atau masyakarat akan dibekali dengan keilmuan keterampilan dan kemampuan terutama dalam membuat hand sanitizer.

 

Kedua, konsep harga maksudynya adalah bagaimana harga hand sanitizer bisa bersaing segmentasi pasar, terutama dalam memberikan harga baik itu dalam kegiatan UMKM, dan lain sebagainya. Pemberian harga tentunya membutuhkan pengalaman dan melihat pangsa pasar serta perlu diberikan panduan terhadap masyarakat Cicalengka tersebut.

Keempat, konsep promosi maksudynya adalah bagaimana hand sanitizer tersebut bisa diminati konsumen dengan berbagai strategi pemasaran dan penjualan.

Kelima, konsep tempat maksudnya adalah menjadi fokus memilih tempat untuk melakukan penjualan hand sanitizer dengan disegn yang menarik dan membuat konsumen berminat untuk membeli bahkan kerja sama jangka panjang.

Keenam, konsep proses maksudnya adalah menjadi penilaian konsumen apabila sesuai prosedur dan aturan dari pemerintah terutama dalam pembuatan hand sanitizer tersebut.

Ketujuh, konsep produck maksudnya adalah barang atau hand sanitizer yang menjadi brand menjadi pendukung utama dalam kegiatan UMKM dan menerapkan strategi marketing mix.

dokpri

Dari uraian marketing mix diatas, menjadi panduan dalam menjalankan proses kegiatan UMKM baik dari SDM, promosi, tempat, harga, produck, harga, dan lainnya. Sehingga lebih mudah melakukan perbaikan, baik inovasi atau perubahan terhadap produck yang ditawarkan kepada konsumen.

dokpri

Selanjutnya, setelah selesai pelaksanaan PKM, bersama Bapak Absor, masyarakat Cicalengka, mahasiswa dan mahasiswi serta rekan dosen melaksanakan photo bersama, pemberian konsumsi, bingkisan, piagam penghargaan, dan tanda sertifikat. Kegiatan tersebut bagian dari dokumentasi untuk di laporkan kepada manajemen kampus Universitas Pamulang. 

Dengan demikian, bersama rekan dosen melaksanakan evaluasi kegiatan PKM dan persiapan perencanaan pelaksanaan PKM berikutnya, dari beberapa poin evaluasi PKM terutama tempat, konsumsi dan lain sebagainya menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan pelaksanaan PKM periode akan datang.

dokpri

Evaluasi PKM dilaksanakan di “Rumah Makan Cijaung Legok” sembari canda tawa dan membangun keakraban dosen satu sama lainnya. Hal yang luar biasa dilengkapi dengan menu makan siang seperti ikan bakar, ikan goreng, cah kangkung, sambel, sayur asem, ayam goreng, tahu dan tempe goreng.

Semoga Bermanfaat khususnya untuk masyarakat Cicalengka, umumnya untuk dosen dan mahasiswa serta bagi para pembaca. Jika ada kekeliruan mohon dimaklumi.

 

Salam Hand Sanitizer….

Sumber:Kompasiana.com