PKM 2020 UNPAM MENGABDI

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Mahasiswa dan Dosen Unpam Tentang Dampak Valentine Day Terhadap Mental Health Remaja

Dalam kehidupan bermasyarakat akan selalu ada kelompok-kelompok orang yang menempati suatu wilayah dan komunitas tertentu. Hal ini tentu mendinamika terjadinya interaksi antar anggota masyarakat yang terkadang dipenuhi gesekan atau konflik karena banyaknya kepentingan. Oleh karena itu penciptaan organisasi agar semua berjalan dengan tertib, teratur dan saling memahami fungsi masing-masing  menjadi suatu kemestian. 

 

 

Organisasi kemasyarakatan tentu harus memiliki nilai-nilai yang fundamental dalam mempersatukan visi kehidupan bermasyarakat dalam ruang lingkup social

Tim PKM Unpam terdiri dari: Syarifah Ida Farida S.E., M.M., Citra Eliyani S.PD. M.PD, Dana S.E, M.M., Budi Syamtoro S.E., M.M. dan sejumlah mahasiswa unpam, Di masa pandemic ini acara berlangsung dengan mengikuti protocol kesehatan seperti bermasker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

 

 

Kesehatan mental adalah kemampuan adaptasi seseorang dengan dirinya sendiri dan alam sehingga  merasakan senang , lapang dan berperilaku sosial seacara normal serta mampu menghadapi dan menerima berbagai kenyataan hidup. Pelatihan yang diikuti oleh puluhan pelajar dan remaja sekitar, dan diselenggarakan oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Manajemen Falkultas Ekonomi Universitas Pamulang dengan Yayasan Mabrur RT. 04/01 Bambu Apus – Tanggerang Selatan

Kesehatan Mental merupakan komponen mendasar dari definisi kesehatan, kesehatan mental yang baik memungkinkan seseorang menyadari potensi diri mereka, mengatasi tekanan kehidupan normal, bekerja secara produktif dan berkontribusi kepada komunitas mereka.

Dapat disimpulkan Mental Health atau kesehatan Mental adalah adaptasi seseorang dengan diri dan lingkungannya yang memungkinkan ia untuk mengatasi permasalahan dalam kehidupan.

Tujuan Pengabdian yang telah kami lakukan, yaitu:

Memberi pemahaman kepada para peserta mengenai dampak perayaan Valentine Day, Membantu Peserta Ikut memahami dan merasakan keresahan yang terjadi pada lingkungan setelah perayaan Valentine Day, Memberikan pengarahan kepada peserta untuk turut menjaga lingkungan pertemanan dan memilih teman agar bersama memperoleh energi positif. Masa remaja disebut juga masa pubertas, merupakan masa transisi yang unik ditandai dengan berbagai perubahan fisik, emosi dan psikis.

‘’Bahwa Remaja adalah seseorang individu yang baru beranjak selangkah dewasa dan baru mengenal mana yang benar dan mana yang salah, mengenal lawan jenis, memahami peran dalam dunia sosial, menerima jati diri apa yang telah dianugerahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala pada dirinya, dan mampu mengembangkan seluruh potensi yang ada dalam diri individu’’

Oleh karena itu kami jadikan sebagai model pembelajaran berorganisasi di masyarakat sekitar yayasan berada yang merupakan anggota dari yayasan Mabrur. Dan harapan kami kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar serta merupakan peran nyata kehadiran mahasiswa di masyarakat. 

Dari paparan yang telah disampaikan terkait pelaksanaan kegiatan PKM Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Pamulang, yang bertempat Yayasan Mabrur RT. 04/01 Bambu Apus – Tanggerang Selatan, telah mendorong suasana kebersamaan dan menjadi solusi terbangunnya mental yang baik serta pemahaman terhadap lingkungan pertemanan

Atas nama Yayasan Mabrur dan muda mudi sekitar, Bapak Muhammad Ali selaku Ketua RT. 04/01 Bambu Apus – Tanggerang Selatan. Menyampaikan terima kasih Kepada Tim PKM Unpam. Mereka juga Berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut.