PKM 2021

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM) DOSEN PROGRAM STUDI MANAJEMEN S-1 UNIVERSITAS PAMULANG BERTEMA “PENYULUHAN DAN PEMAHAMAN PEMASARAN PRODUK YANG KREATIF DAN INOVATIF PADA UMKM MERTA YASA, DESA BELEGA, KABUPATEN GIANYAR, DENPASAR, BALI”.

Dunia marketing adalah segala bentuk lingkup pemasaran yang dilakukan oleh suatu organisasi atau perusahaan. Marketing adalah ujung tombak dari keberhasilan suatu perusahaan, karena setiap perusahaan pastinya menawarkan produk atau layanan jasa. Transformasi pada masa era globalisasi dan digitaliasi sekarangi ini, terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta sistem informasi berperan sangat penting. Dengan menguasai ilmu teknologi dan informasi, kita memiliki modal yang cukup untuk menjadi pemenang dalam persaingan global. Contoh pemasaran yang kekinian adalah dengan mempromosikan produk atau layanan jasa melalui media sosial yang banyak sekali digandrungi oleh para pengikut platform sosial ini. Dikarenakan persaingan di dalam dunia bisnis semakin ketat, maka setiap bidang pemasaran pada perusahaan harus “memutar otak” mereka dengan memikirkan konsep pemasaran dan strategi pemasaran yang cerdas, efektif dan tepat. Fungsi dari penggunaan media digital meliputi : branding, sharing, promosi, maupun marketing. Perkembangan teknologi informasi dan internet juga berpengaruh besar terhadap perkembangan di bidang promosi produk. Hal tersebut tentunya sangat menguntungkan bagi dunia promosi produk karena kemudian terjadi peningkatan efektivitas jika dibandingkan dengan media kovensional. Kesadaran tentang perkembangan teknologi khususnya bagi para pengusaha yang ada di daerah pelosok desa dalam memaksimalkan pemanfaatan teknologi belum produktif di era digital sekarang ini. Fakta diatas sudah cukup memberikan alasan perlunya pemahaman pemasaran produk bagi kelancaran penjualan produk UMKM dari UD Merta Yasa Desa Blega Kabupaten Gianyar, Denpasar, Bali ini yang memiliki peluang sangat besar pemasarannya baik lokal ataupun internasional. Oleh karena itu melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang di laksanakan pada tanggal 1-3 Maret 2021 oleh Kelompok Dosen Program Studi S1 Universitas Pamulang yang terdiri dari Ibu Lismiatun, S.E., M.M. sebagai ketua dan para anggota adalah Bambang Purnomo Yanuarso, S.T., M.Si., Juwita Ramadani Fitria, S.E., M.M., Hira Maulida, S.E., M.M., Selvy Dwi Widiyanti, S.E., M.M. mengambil tema “Penyuluhan dan Pemahaman Pemasaran Produk Yang Kreatif dan Inovatif Pada UMKM Merta Yasa, Desa Belega, Kabupaten Gianyar, Denpasar, Bali”.

Gambar 2 : Proses Pembuatan Produk Olahan Bambu UMKM Merta Yasa

Jumlah UKM hingga 2011 mencapai sekitar 52 juta, UMKM di Indonesia sangat penting bagi ekonomi karena menyumbang 60% dari PDB dan menampung 97% tenaga kerja. Tetapi akses ke lembaga keuangan sangat terbatas baru 25% atau 13 juta pelaku UKM yang mendapat akses ke lembaga keuangan. Pemerintah Indonesia, membina UKM melalui Dinas Koperasi dan UKM, di masing-masing Denpasar, atau Kabupaten/Kota. Dilihat dari fungsi, peran dan jenisnya, maka dapat disimpulkan bahwa UMKM adalah penggerak utama roda perekonomian Indonesia. Karenanya setiap desa/kelurahan atau komunitas adat setempat dapat menumbuhkan dan mengembangkan  UMKnya sendiri. Kabupaten Gianyar adalah sebuah kabupaten di Denpasar, Bali, Indonesia. Daerah ini merupakan pusat budaya ukiran di Bali. Gianyar berbatasan dengan Kota Denpasar di Barat Daya, Kabupaten Badung di Barat, Kabupaten Bangli di Timur dan Kabupaten Klungkung di Tenggara. Penduduk Gianyar berjumlah 512.200 jiwa pada tahun 2019.

Gambar 3 : Peserta Pelatihan UMKM Merta Yasa, Gianyar, Denpasar, Bali

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat disambut baik oleh pemilik UMKM Merta Yasa dan seluruh perangkat Desa Belega hal tersebut dapat dilihat dari besarnya minat dan antusiasme peserta selama kegiatan dengan memberikan saran dan input untuk terus diadakannya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang berkelanjutan di wilayah mereka.  Serta dukungan dari para masyarakat setempat dalam memberikan informasi dan kontribusinya sehingga kegiatan pelatihan dapat berlangsung dengan lancar dan efektif. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan PKM ini dinilai berjalan sangat efektif terutama terhadap pembelajaran pemasaran dan bisnis online rumahan. Semoga informasi, pengalaman dan pengetahuan yang disampaikan dapat bermanfaat bagi UMKM Merta Yasa, UMKM Merta Yasa, Desa Belega, Kabupaten Gianyar, Denpasar, Bali.

Penulis: Lismiatun, S.E., M.M. (Dosen Program Studi Manajemen S-1, Universitas Pamulang)

Email (dosen01460@unpam.ac.id)

Sumber: manajemen.unpam.ac.id