PKM 2021 UNPAM MENGABDI

PKM DOSEN PRODI MANAJEMEN S-1 UNIVERSITAS PAMULANG TEMA “PENYULUHAN PENGELOLAAN KEUANGAN USAHAN KECIL MENENGAH PADA UKM MERTA YASA DESA BLEGA KABUPATEN GIANYAR”

Penyuluhan adalah bentuk usaha pendidikan non-formal kepada individu atau kelompok masyarakat yang dilakukan secara sistematik, terencana dan terarah dalam usaha perubahan perilaku yang berkelanjutan demi tercapainya peningkatan produksi, pendapatan dan perbaikan kesejahteraan (Riadi, 2020). Maka lewat Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, TIM Dosen Prodi Manajemen S-1 Universitas Pamulang melakukan penyuluhan Pada UKM Merta Yasa Desa Blega Kabupaten Gianyar, Bali. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 5-7 Maret 2021.

Pada kegiatan PKM ini mengangkat sebuah tema “Penyuluhan Pengelolaan Keuangan Usahan Kecil Menengah Pada UKM Merta Yasa Desa Blega Kabupaten Gianyar”,  yang mana kegiatan PKM ini diketuai oleh Bapak Dr. Muliahadi Tumanggor, S.Pd., M.M. dan beranggotakan Ibu Bulan Oktrima, S.S., M.M., Ibu Rr. Ayu Metarina, S. Sos., M.M., Bapak Jamaludin, S.E.I., M. Ec. Dev., dan Bapak Dr. Ali Zaenal Abidin, S.T., M.M. pada sambutannya Ketua PKM menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan PKM dari Para Dosen Prodi Manajemen ini para pelaku UKM yang ada di Desa Blega lebih maksimal lagi dalam mengelolaan keuangan usahanya, meskipun usaha tersebut masih dianggap kecil. Karena jika dari awal pengelolaan keuangan sudah benar, maka secara otomatis bisa melihat apakah usaha tersebut dijangka panjang akan tetap eksis atau tidak.

Kedatangan TIM PKM dari prodi Manajemen Unpam ini disambut baik oleh Bapak MD. Sujana Yasa Selaku Ketua UKM Desa Blega Kabupaten Gianyar, Bali. Beliau menyampaikan Selamat Datang di Bali dan semoga kegiatan ini bisa terus dilakukan oleh Bapak Ibu Dosen Guna membina pelaku UKM di Desa Blega supaya Pelaku UKM ini sadar bahwa pengelolaan keuangan itu memang harus diperhatikan supaya pencatatan pemasukan dan pengeluaran bisa tercatat dengan baik sehingga berdampak pada perhitungan keuntungan dari hasil usaha tersebut. Bentuk edukasi yang seperti ini memang yang diharapkan dan semoga ini bisa berlanjut pada periode berikutnya.

Selanjutnya, Ibu Bulan Oktrima S.S., M.M sebagai Narasumber sedikti menjelaskan bahwa biasanya Saat memulai bisnis, banyak pengusaha yang lebih fokus mengembangkan ide bisnis yang ingin mereka ciptakan dan melupakan sistem manajemen yang baik. Sebagian besar dari kita memiliki sikap santai saat melukis gambar tentang diri kita sendiri. Meski ini langkah yang salah, namun sangat berisiko di masa depan. Meskipun benar bahwa manajemen keuangan dapat berkembang dari waktu ke waktu. Tetapi dengan manajemen keuangan yang baik, penting untuk mengetahui bagaimana menggunakan keuangan bisnis Anda. Fungsi manajemen keuangan tidak hanya sekedar untuk memfasilitasi pengelolaan kas, tetapi lebih dari itu manajemen keuangan dapat memberikan keuntungan yang lebih besar dengan menggunakan sumber modal yang tersedia.

Selanjutnya Ketua PKM Dr. Muliahadi Tumanggor juga menyampaikan pada saat memberikan materi, beliau menyampaikan bahwa Kesalahan umum yang dilakukan oleh usaha kecil dan menengah (UKM) dalam mengelola keuangannya adalah memadukan uang usaha dengan uangnya sendiri. Hal ini mungkin karena mereka menganggap usahanya masih kecil, sehingga tidak menjadi masalah jika menggabungkan uang bisnis dengan uang pribadi. Namun, akibatnya akan sulit bagi Anda untuk membedakan antara pengeluaran pribadi dan bisnis. Akibatnya kebutuhan pribadi Anda lambat laun akan kehabisan uang atau sisa uang bisnis Anda. Untuk mencegah hal ini terjadi, solusinya adalah dengan memisahkan uang Anda secara fisik. Jika perlu, siapkan kotak atau amplop atau dompet untuk menyimpan jumlah yang berbeda. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan layanan perbankan untuk menghemat uang untuk bisnis Anda. Buka rekening khusus untuk diri sendiri agar dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan uang usaha anda, yang terpenting selalu disiplin ketika menerapkan metode pengalokasian uang ini.

Berikut adalah cara yang paling efektif dalam Mengelola Keuangan Usaha Kecil Dan Menengah (UKM): Pertama. Pastikan uang pribadi dan usaha anda berada pada tempat yang berbeda; Kedua. Rencanakan segala penggunaan keuangan usaha anda; Ketiga. Catat semua pengeluaran dalam buku catatan keuangan; Keempat. Pastikan anda telah menghitung keuntungan dengan benar; Kelima. Usahakan arus kas dapat berputar cepat; Keenam. Selalu awasi harta, hutang dan modal usaha anda; Ketujuh. Sisihkan sebagian keuntungan untuk mengembangkan usaha anda. Kedelapan. Tidak ada salahnya menggunakan jasa pihak Ketiga. Kesembilan. Pastikan dana cadangan tersedia untuk usaha anda.

Pada Akhirnya Kegiatan ini berjalan dengan lancar, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat bagi pelaku UKM Pada UKM Merta Yasa Desa Blega Kabupaten Gianyar, Bali

Penulis: *Jamaludin, S.E.I., M. Ec. Dev. (Dosen Prodi Manajemen S-1, Universitas Pamulang)

Sumber: manajemen.unpam.ac.id