PKM 2021 UNPAM MENGABDI

PKM Dosen Prodi Manajemen, Tema “PENGENALAN KEPEMIMPINAN DAN ETIKA BERORGANISASI PADA REMAJA KARAN TARUNA DESA BELEGA KEC. BLAH BATU KAB. GIANYAR BALI”

Di Indonesia makin merebak dan bermunculan organisasi baik tingkat kelurahan sampai tingkat nasional. Dengan semakin banyaknya organisasi yang muncul, diharapkan dapat memberikan sebuah karakter tersendiri pada masyarakat tanpa memandang siapa yang menciptakan organisasi tersebut. Merebaknya organisasi yang bermunculan dikahawtirkan akan menimbulkan dampak negatif kepada sosial dan lingkungan sekitar. Pada akhir-akhir ini banyak yang mengatasnamakan organisasi masyarakat untuk mendapat uang dnegan cara menjual nama organisasi tersbut. Dan bahkan diakhir-akhir inibanyakpula organisasi yang dibubarkan oleh pemerintah karena tidak sesuai dengan falsafah dan ideology Pancasila. Oleh karena itu perlu adanya pengenalan berorgaisasi yang benar dan mengelola organisasi tersbut. diharapkan dalam setiap organisasi akan mampu memabawa tujuan dari masing-masing organisasi.

Gambar 2: Sambutan Ketua PKM

Salah satu organisasi yang muncul dan terus berkembang hampir disetiap keluarahan ialah organisasi kepemudaan atau karang taruna. Karang Taruna adalah organisasi sosial wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang berdasarkan kesadaran dan tanggungjawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa / kelurahan. dengan melalui pemahaman tentang kepemimpinan dan megelola organisasi dengan benar diharapakan para pemuda generasi penerus mampu mewujudkan tujuan dari pada organiasi yang dipimpinnya.

Organisasi kepemudaan seperti karang taruna, terutama bagi pemula ikut dalamorganisasi ini harus mengetahui dan memahami tentang suatu organisasi baik organisasi social maupun organisasi yang menghasilkan profit (perusahaan). Tetapi, pada kesempatan ini menekankan pada sisi kepemimpinan agar kelak bagi peimpinan karang taruna dan atau pemuda karang taruna umumnya agar lebih memahami tentang sikap kepemimpinan dan bagaimana beretika dalam suatu organisasi yang benar.

Gambar 3: Suasana Saat PKM Berlangsung

Dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)  dilaksanakan oleh dosen Universitas Pamulang (UNPAM) Program Studi Manajemen yang dimotori oleh Styo Budi Utomo, S. Pd. I.., M. M., (Ketua), dengan narasumber yang profesional dan ahli sesuai bidangnya yaitu Dr. Ir. Umi Rusilowati, MM., Dr. I Nyoman Marayasa, S.E.,  Sutiman, SE., MM., Senen, SE., MM., para narasumber .memberikan penyuluhan kepada karang taruna dengan tema “Pengenalan Kepemimpinan Dan Etika Berorganisasi Pada Remaja Karang Taruna  Desa Belega Kec. Blah Batu Kab. Gianyar Bali.”  Dalam kegaitan tersebut diharapkan anggota karang taruna yang baru aktif diharapkan mampu memahami tentang berorganisasi serta mampu menjadi seorang pemimpin yang handal, dapat mencapai tujuan dari oragnisasi yang mereka pimpin kelak.

Dalam era milenial ini dampak dari IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) bayak kalangan remaja yang enggan ikut dan aktif dalam organisasi social. Dandi masa pandemic ini remaja karang taruna pun enggan untuk bersosialisasi. Oleh karena itu kegiatan ini mengingatkan sekaligus memberikan motivasi agar remaja harus lebih aktif dan bersemangat dalam oragnaisasi social di lingkungan kelurahan (karang taruna).

Alhasil dari kegiatan PKM ini karang taruna remaja mengapresiasi dan memberikan pengaharapan agar kegiatan ini dapat berkesinambungan pada setiap tahunnya.

Penulis: Styo Budi Utomo, S. Pd. I.., M. M. (Dosen Prodi Manajemen S1, Universitas Pamulang)

Sumber: manajemen.unpam.ac.id