PKM 2021 UNPAM MENGABDI

PKM DOSEN PRODI MANAJEMEN “PENYULUHAN PERENCANAAN KARIER UNTUK PENGEMBANGAN DI KELURAHAN DESA BELEGA KABUPATEN GIAYAR BALI”

Seorang dosen bisa kita sebut dengan maha guru yang selalu dikenang sepanjang masa yaitu “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”. Jika bukan karena jasa dan perjuangan seorang guru maka anak-anak kita tidak mengenal huruf dan membaca. Salah satu tugas mulia dosen, tertuang dalam Undang-Undang Tentang Guru dan Dosen Pasal 1 ayat 2 Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selain mengajar dan mendidik para mahasiswa, seorang dosen juga dituntut untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi seperti : Mengajar, Meneliti dan Mengabdi Kepada Masyarakat. Maka dari itu kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) harus segera dilaksanakan tiap semester, baik semester ganjil dan semester genap. Sesuai jadwal kegiatan PKM tersebut dilaksanakan pada tanggal 1-3 Maret 2021.   Pada Saat itu masih diberlakukan (Pembatasan Sosial Berskala Besar) PSBB yang sesuai Pergub No : 88 Tahun 2020, maka aktivitas dan kegiatan yang melebihi lima orang ditiadakan acara apapun yang mengundang massa untuk berkumpul.

Gambar 2: Sambutan dari Bapak I Ketut Trisna Jasa, S.S. selaku Lurah Kelurahan Desa Belega Kabupaten Giayar Bali

Namun setelah adanya diskusi , kami selaku tim PKM kemudian berkomunikasi dengan Bapak I Ketut Trisna Jasa, S.S. selaku Lurah Kelurahan Desa Belega Kabupaten Giayar Bali, sehingga pada akhirnya diizinkan untuk melakukan kegiatan PKM, tentunya dengan mentaati protokol kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku. tim PKM dari Prodi Manajemen Universitas Pamulang melakukan PKM pada Desa Belega Kabupaten Giayar Bali. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diketuai oleh Bapak Ading Sunarto. beserta anggotanya Ibu Widia Astuti, Ibu Fauziah Septiani, Ibu Rahmi Andini Syamsuddin dan Ibu Lisdawati. PKM ini mengangkat sebuah tema “PENYULUHAN PERENCANAAN KARIER UNTUK PENGEMBANGAN DI KELURAHAN DESA BELEGA KABUPATEN GIAYAR BALI”.

Penulis: Widia Astuti, S.E., M.M. (Dosen Prodi Manajemen S-1, Unpam)

Sumber: manajemen.unpam.ac.id