PKM 2021 UNPAM MENGABDI

PKM Dosen Prodi manajemen “Penyuluhan Kreatif Dan Inovatif Meningkatkan Mutu Produksi UMKM Di Desa Balega Kabupaten Gianyar, Bali”

Sejarah Kota Gianyar ditetapkan dengan Peraturan Daerah Kabupaten Gianyar No.9 tahun 2004 tanggal 2 April 2004 tentang Hari jadi Kota Gianyar. Sejarah dua seperempat abad lebih, tepatnya 244 tahun yang lalu, 19 April 1771, ketika Gianyar dipilih menjadi nama sebuah keraton, Puri Agung yaitu Istana Raja (Anak Agung) oleh Ida Dewa Manggis Sakti maka sebuah kerajaan yang berdaulat dan otonom telah lahir serta ikut pentas dalam percaturan kekuasaan kerajaan-kerajaan di Bali. Sesungguhnya berfungsinya sebuah keraton, yaitu Puri Agung Gianyar yang telah ditentukan oleh syarat sekala niskala yang jatuh pada tanggal 19 April 1771 adalah tonggak sejarah yang telah dibangun oleh raja (Ida Anak Agung) Gianyar I, Ida Dewata Manggis Sakti memberikan syarat kepada kita bahwa proses menjadi dan ada itu bisa ditarik ke belakang (masa sebelumnya) atau ditarik ke depan (masa sesudahnya).

Sesuai dengan bunyi Undang-Undang Tentang Guru dan Dosen Pasal 1 ayat 2 Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Maka dari itu kegiatan PKM ini memang harus dilaksanakan tiap semester dalam melengkapi pelaksanaan dari Tri Dharma Perguruan Tinngi. Sebenarnya kegiatan PKM ini jika dilihat dari proposal yang diajukan terlaksana pada tanggal 19-21 Oktober 2020 bulan sebelumnya. Akan tetapi karena pada tanggal tersebut sedang diterapkan PSBB dengan ketat, sehinggal aktivitas yang mengakibatkan perkumpulan massa dalam jumlah yang besar tidak boleh dilakukan. Namun setelah adanya pelonggaran PSBB baru kemudian melakukan negosiasi kembali dengan pihak kelurahan sehingga pada akhirnya diperbolehkan untuk melakukan kegiatan PKM, tentunya dengan mentaati protokol kesehatan dengan baik. Maka dari itu Pada Tanggal 8-10 Maret 2021 Tim PKM dari Prodi Manajemen Universitas Pamulang melakukan PKM Di Kelurahan Gianyar ,Bali. PKM ini diketuai Veta Lidya Delimah Pasaribu.S.E.M.M. beserta anggotanya Bapak Andri Priadi.S.E., M.M, Ibu Vega Anismandiyah,S,T., M.M, Ibu Dra.Suharni Rahayu MM., Ibu Lucia Maduningtias, S.T.,M.M. PKM ini mengangkat sebuah tema “Penyuluhan Kreatif Dan Inovatif Meningkatkan Mutu Produksi UMKM Di Desa Balega Kabupaten Gianyar, Bali”.

 

Gambar 2: Foto saat Sambutan oleh Lurah Gianyar ,Bali dengan Bapak I Ketut Tricna Yasa,S.S. Selaku Lurah, Kelurahan Gianyar ,Bali

Kedatangan Tim PKM dari Prodi Manajemen Unpam disambut baik oleh Bapak I Ketut Trisna Yasa,S.S selaku  Lurah Kelurahan Gianyar ,Bali. Beliau berharap jika keadaan sudah normal maka PKM harus dilakukan dengan sebaik mungkin, namun jika keadaan belum normal beliau berharap kedepan kegiatan ini akan terus dilaksanakan meskipun via Zoom, tentunya dengan harapan memberikan ilmu baru bagi para UMKM Dan Pegawai Kantor Kelurahan Gianyar itu sendiri.

Gambar 3: Foto saat Penyerahan Plakat dengan Bapak I Ketut Trisna Yasa,S.S. Selaku Sekretaris Lurah, Kelurahan Grianyar,Bali Bersama Dengan Perwalilan Dosen Sebagai Ketua Ibu Veta Lidya Delimah Pasaribu.S.E.M.M.
Gambar 4: Foto Pemberian Materi Di Untuk UMKM Merta Yasa Oleh Narumber Bapak Andri Priadi,S.E.,M.M

Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meberikan edukasi pada Sumber Daya Manusia (SDM) Dikelurahan Gianyar,Bali dalam Meningkatkan Kesejahtaeraan sumber daya manusia di Kelurahan Gianyar,Bali terutama pada masa era covid-19 sekarang ini. Kabupaten Gianyar adalah sebuah kabupaten di provinsi Bali, Indonesia. Daerah ini merupakan pusat budaya ukiran di Bali. Gianyar berbatasan dengan Kota Denpasar di Barat Daya, Kabupaten Badung di Barat, Kabupaten Bangli di Timur dan Kabupaten Klungkung di Tenggara. Penduduk Gianyar berjumlah 512.200 jiwa pada tahun 2019.

Gambar 5: Foto Audiens Sedang Menyimak Materi Yang Di Wakilkan Ketua UMKM Merta Yasa Oleh Bapak MD.Sujana Yasa dan Foto Salah Satu Pengrajin UMKM Bambu

Kabupaten Gianyar terdiri dari 7 kecamatan, 6 kelurahan, dan 64 desa. Pada tahun 2017, jumlah penduduknya mencapai 492.757 jiwa dengan luas wilayah 368,00 km² dan sebaran penduduk 1.339 jiwa/km². Berikut dijelaskan 10 Program Pokok PKK pada hakekatnya merupakan kebutuhan dasar manusia, yaitu: Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong. Pangan. Sandang, Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Ketrampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup, Perencanaan Sehat. Dengan melihat 10 program diatas, kami TIM PKM dari Prodi Manajemen Unpam mengambil peran Pada Program Kerja Pendidikan Dan Keterampilan Dan Program Pengembangan Kehidupan Berwirausaha. Dengan demikian dari kedua program itu PKM ini penting dilaksanakan mengingat dari masalah ekonomi kreatif berbasis desa masih belum dipahami betul oleh Sumber daya manusia dikelurahan Gianyar,Bali. Dengan adanya kerja sama  awal yang baik maka pihak kelurahan Gianyar ,Bali menginginkan pelatihan lanjutan setelah ini.

Gambar 6 Sesi Foto Bersama Dengan Lurah Dan Ketua UMKM Di Desa Gianyar,Bali

Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah terbentuknya Kerja Sama pada UMKM dan  kantor Kelurahan Gianyar yang dapat dijadikan sebagai salah satu media dalam manajemen pengetahuan. Ilmu yang diperoleh pada Pengabdian Masyarakat kali ini diharapkan mampu memberikan semangat baru serta manfaat bagi UMKM dan Sdm Dikelurahan Gianyar, Bali  agar mampu berkontribusi dalam perekonomian keluarga pada masa pandemiIlmu yang diperoleh pada Pengabdian Masyarakat kali ini diharapkan mampu memberikan semangat baru bagi kita dalam menyampaikan  materi dan motivasi serta berkontribusi bagi generasi muda, baik dilingkungan sekolah, kampus dan keluarga.

Penulis : Veta Lidya Delimah Pasaribu.S.E.M.M. (Veta01889@unpan.ac.id)

Sumber: manajemen.unpam.ac.id