PKM 2021 UNPAM MENGABDI

PELATIHAN PEMANFAATAN TANAMAN HIDROPONIK UNTUK GAYA HIDUP SEHAT DI YAYASAN ISHLAHUL HAYAT BAMBU APUS PAMULANG

Pandemi Covid-19 berdampak pada berubahnya pola hidup masyarakat. Contohnya ialah meningkatnya konsumsi masyarakat terhadap sayur dan buah, untuk memenuhi kebutuhan akan sayur dan buah banyak masyarakat memilih untuk menanam sayur dan buah dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah mereka. Bagi masyarakat yang memiliki pekarangan rumah tidak terlalu luas, dapat menggunakan metode penanaman hidroponik. Sayur dan buah yang dihasilkan dari penanaman hidroponik ini dapat dimanfaatkan untuk konsumsi sendiri. Sayur dan buah tersebut tentunya lebih sehat karena tidak mengandung zat kimia berbahaya seperti sayur dan buah yang biasa dijual di pasaran . Terlebih lagi, jika hasil panen berlebih, maka hasilnya kemudian dapat dijual. Hal ini tentunya meningkatkan kondisi ekonomi masyarakat. Oleh karena itu tanaman hidroponik sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama di masa pandemi.

Kesehatan anak dapat tercipta dengan menjaga lingkungan tempat tinggal tetap bersih, karena dengan lingkungan yang bersih maka akan terhindar dari bibit-bibit penyakit. Selain itu makanan dan minuman yang dikonsumsi harus diperhatikan kandungan yang ada di dalamnya. Jangan sampai makanan dan minuman yang dikonsumsi anak mengandung bahan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Anak-anak harus dibiasakan untuk mengkosumsi makanan dan minuman yang sehat bagi tubuh seperti sayuran, buah-buahan, susu, yogurt, dan lain-lain.Vitamin yang ada pada sayuran dapat menjaga kekebalan tubuh anak. Anak akan terhindar dari risiko obesitas dengan mengonsumsi sayuran berserat. Selain itu dengan rutin memakan sayur maka dapat memelihara kesehatan sistem pencernaan bagi tubuh anak dan menjadikan anak lebih cerdas.

Kami selaku dosen yang berasal dari Prodi Manajemen S-1 Universitas Pamulang yang beranggotakan Rr Renny Anggraini, S.E., M.M.; Syarifah Ida Farida, S.E., M.M.; Endang Susilo Wardani, S.Pd.I., MM.Pd.; Ida Nurlina, S.Pd., M.M.; Novia Susanti, S.E., M.M, memiliki kewajiban untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya dengan memberikan ilmu pengetahuan yang kami miliki dengan berbagi melalui penyuluhan serta pemaparan kepada anak-anak di Yayasan Ishlahul Hayat Bambu Apus Pamulang. Untuk itu kami Dosen Universitas Pamulang dan Yayasan Sasmita Jaya beserta karyawan dan mahasiswa telah mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bekerjasama dengan Yayasan Ishlahul Hayat Bambu Apus Pamulang pada tanggal 14 Maret 2021 sampai tanggal 16 Maret 2021 dan memberikan pemahaman tentang “Pelatihan Pemanfaatan Tanaman Hidroponik Untuk Gaya Hidup Sehat di Yayasan Ishlahul Hayat Bambu Apus Pamulang”.

Kegiatan pelatihan ini dimulai dengan pembacaan Basmallah oleh panitia PKM dan seluruh peserta pelatihan dan dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan oleh Ketua Yayasan Ishlahul Hayat Bambu Apus Pamulang Ibu Saraswati. Setelah itu, pemateri pertama yang diwakili oleh Ibu Syarifah Ida Farida, S.E., M.M dan Ibu Ida Nurlina, S.Pd., M.M sebagai pemateri kedua, menayangkan slide power point yang berkaitan dengan materi memberikan pemahaman kepada anak-anak di Yayasan mengenai pentingnya mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk pertumbuhan yang optimal terhadap anak dan memberikan penjelasan, “Salah satu cara untuk menjaga dan memelihara kelangsungan hidup anak adalah dengan cara memberikan hak untuk mendapatkan kesehatan kepada anak. Anak yang memiliki jiwa dan raga yang sehat akan mampu mencapai jenjang pendidikan yang tinggi. Ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh anak-anak dapat dipakai untuk memajukan masa depan suatu bangsa..”

Dalam kegiatan tersebut ada beberapa perubahan yang dilihat dari anak-anak yang mengikuti kegiatan pelatihan menanam tanaman hidroponik sebagai penerapan pola hidup sehat. Anak-anak merasa termotivasi karena bertambah ilmu pengetahuannya mengenai cara menanam tanaman hidroponik, manfaat menanam tanaman hidroponik, cara untuk menghindari kegagalan pada saat menanam tanaman hidroponik, dan manfaat mengkonsumsi sayuran hidroponik bagi kesehatan. Anak-anak bertekad untuk lebih semangat dalam menanam tanaman hidroponik sesuai dengan ilmu yang didapatkan pada saat pelatihan dengan tujuan menciptakan tubuh yang sehat dan jiwa yang kuat demi menuntut ilmu setingg-tingginya supaya dapat membanggakan kedua orangtuanya serta mencapai cita-cita yang mereka inginkan yaitu menjadi orang sukses di masa depan.

(By: Rr. Renny Anggraini, S.E., M.M.)