PKM 2020 UNPAM MENGABDI

“BELAJAR TETAP KREATIF SAAT PANDEMI COVID-19, MENANAM TANAMAN DENGAN CARA HIDROPONIK” PKM MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN UNIVERSITAS PAMULANG DI YAYASAN ISHLAHUL HAYAT

Tangerang Selatan, Bertempat di Yayasan Ishlahul Hayat rumah yatim dan dhuafa, Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, sebagai salah satu bentuk implementasi ilmu yang didapat di Perguruan Tinggi. Kegiatan PKM ini didampingi oleh dosen pembimbing dan didukung oleh Ketua Yayasan Ishlahul Hayat dengan tema “Belajar Tetap Kreatif Saat Pandemi Covid-19 – Menanam Tanaman Dengan Cara Hidroponik”

Kegiatan ini dihadiri oleh ketua Yayasan Ishlahul Hayat, Ibu Saraswati  dan dibimbing oleh Dosen Program studi Manajemen Universitas Pamulang, Ibu Syarifah Ida Farida, S.E., M.M. Dalam pembukaan yang disampaikan oleh Dosen pembimbing kami yaitu Ibu Syarifah Ida Farida, S.E., M. M. memaparkan tujuan PKM ini untuk pemenuhan tugas dan ingin membantu masyarakat serta memberikan sedikit ilmu yang sudah diterima mahasiswa baik di kampus maupun lainya kepada adik-adik di Yayasan Ishlahul Hayat.

Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, membuat hampir seluruh sekolah melaksanakan  Pembelajaran jarak jauh  atau pembelajaran online, walaupun belajar secara online setiap hari kita harus tetap belajar kreatif, oleh karena tercetus ide Belajar menanam tanaman dengan cara Hidroponik. membuat tanaman dengan cara hidroponik tidak susah, hanya dengan memanfaatkan berbagai botol bekas di jadikan sarana untuk menanam, Namun sebelum mempraktekan cara menanam Hidroponik ini, disampaikan teori dan cara-cara nya. Dalam penyampaian teori juga diselingi oleh kuis interaktif dengan anak anak yayasan Ishlahul Hayat.

Hasil dari kegiatan tersebut adalah anak yatim dan dhuafa di Yayasan Ishlahul Hayat  menjadi lebih mengetahui bagaimana tetap belajar kreatif saat pandemi covid-19,dengan membuat tanaman dengan cara hidroponik memanfaatkan berbagai botol bekas di jadikan sarana untuk menanam. sehingga ke depan yayasan Ishlahul Hayat bisa terus mengembangkan ide-ide kreatif baik dari anak-anak dan juga pengurus.

Penulis ; Sururudin

Dokumentasi: