SEPUTAR LPPM

LPPM Memberikan Apresiasi Publikasi melalui Sinta Award 2021

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Pamulang menggelar Science and Technology Index (SINTA) Award 2021. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Universitas Pamulang terhadap produktifitas program studi, pengelola jurnal dan peneliti dalam mendorong peningkatan publikasi ilmiah baik di level regional, nasional maupun internasional.

Dalam acara rapat dosen Universitas Pamulang yang digelar selama tiga hari pada tanggal 18-20 Februari 2021, ketua LPPM Unpam Dr. Ali Maddinsyah, S.E., M.M. memberikan pemaparan terkait program LPPM dan Sinta Award 2021. Ketua LPPM Unpam dalam paparannya juga menyampaikan bahwa terdapat 3 kategori dalam Sinta Award 2021. Ketiga kategori Sinta Award 2021 tersebut adalah kategori program studi terbaik, pengelola jurnal terbaik dan penulis terbaik. Sinta Award 2021 diperolah dari hasil analisa data atas kinerja dari tahun 2018-2020.

Setiap kategori dalam Sinta Award 2021 ditentukan berdasarkan kriteria yang terukur. Kriteria yang dipakai dalam kategori program studi terbaik adalah jumlah dokumen terindeks Scopus per dosen, jumlah dokumen terindeks Google Scholar per dosen, jumlah dokumen terindeks Sinta per dosen, jumlah sitasi artikel Scopus dan jumlah sitasi dari artikel Google Scholar. Kriteria yang dipakai dalam kategori jurnal terbaik adalah konten-proses bisnis OJS, peringkat Sinta, nilai impact factor, nilai H-indeks dan jumlah sitasi. Sedangkan kriteria yang dipakai dalam penentuan author terbaik adalah jumlah artikel terindeks Scopus, jumlah artikel terindeks Sinta, jumlah sitasi pada Scopus dan jumlah sitasi artikel pada Google Scholar.

Para pemenang (3 besar) dalam setiap kategori mendapatkan dana pembinaan dari LPPM. Untuk kategori program studi terbaik versi Sinta Award 2020 adalah manajemen S1, Teknik Mesin dan Teknik Informatika. Kategori jurnal terbaik versi Sinta Award 2020 adalah Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma, Jurnal Informatika Universitas Pamulang dan Jurnal Sekuritas (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi). Sedangkan kategori author terbaik versi Sinta Award 2020 urutannya adalah Denok Sunarsi, S.Pd., M.M., Dr. Nardi Sunardi, S.E., S.T., M.M., dan Aries Saifudin, A.Md., S.T., M.Kom. (unh)