PELATIHAN

Pelatihan Pengelolaan OJS untuk Persiapan Akreditasi Jurnal

Pengelolaan OJS (Open Jurnal System) menjadi bagian yang penting dalam proses publikasi. Dengan adanya OJS, pengelola dapat mengatur proses publikasi mulai dari penerimaan, penyuntingan oleh mitra bebestari atau penyunting pelaksana, proses layout, hingga artikel siap diterbitkan seluruh proses harus menggunakan sistem online. Dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan OJS tersebut, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Pamulang mengadakan pelatihan pengelolaan OJS baik yang dikelola oleh program studi, fakultas maupun lembaga. Narasumber dalam pelatihan ini adalah Asep Erlan Maulana, S. Kom., M.Kom yang merupakan salah satu anggota RJI (Relawan Jurnal Indonesia). Pelatihan berlangsung selama 4 hari yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok A (tanggal 10-11 Februari 2021) dan kelompok B (15-16 Februari 2021). Selama dua hari pertama pelatihan, dihadiri oleh pengelola Jurnal Dedikasi PKM, Jurnal Abdimas Tri Dharma, Jurnal Loyalitas Sosial, Jurnal Lokabmas Kreatif, Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, Jurnal Kajian Agama Hukum dan Pendidikan, dan Jurnal PKM Abdilaksana.

Materi pelatihan mengacu pada buku Pedoman Akreditasi Jurnal 2018 yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Dalam buku Pedoman Akreditasi Jurnal 2018 dijelaskan bahwa untuk mempersiapkan akreditasi jurnal, setidaknya pengelola harus mampu mengakomodir 2 aspek yaitu aspek managerial maupun substansial. Aspek managerial mengambil proporsi maksimal 49 poin, sedangkan aspek substansial mengambil proporsi maksimal 51 poin dalam proses penilaian kreditasi jurnal.

Silviana Simbolon, S.Si., M.Sc. selaku kepala bidang publikasi LPPM Unpam juga ikut hadir mendampingi selama pelatihan. Beliau memberikan arahan tentang alur administrasi untuk akreditasi jurnal seperti pengurusan DOI, pengaktifan akun Garuda (Garba Rujukan Digital) dan pengaktifan akun di Arjuna. Harapan setelah mengikuti pelatihan ini adalah beberapa jurnal siap untuk diajukan dalam proses akreditasi jurnal sehingga Universitas Pamulang memiliki lebih banyak jurnal yang terakreditasi nantinya. (unh)