PKM 2021 UNPAM MENGABDI

Remaja Masjid Diberikan Pelatihan Pemanfaatan Teknologi

iNTANGERANG.COM; PAMULANG — Sebanyak 20 remaja masjid yang tergabung Ikatan Remaja Masjid Al Falah (IKRAF) bersama DKM Masjid Al Falah, Kelurahan Pondok Benda, Kecamatan Pamulang, Kota Tangsel mendapatkan pelatihan pemanfaatan teknologi. Sadar akan pentingnya teknologi, dosen Prodi Teknik Informatika, Universitas Pamulang, Kota Tangsel melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kepada remaja Masjid Al Falah.

PKM yang merupakan Tri Dharma Perguruan Tinggi ini, dikomandoi Adam Muiz, S.Kom, M.Kom. Menghadirkan Dede Sunandar, S.Kom, M.kom sebagai narasumber. Raditia Vindua, S.Si, M.Kom. sebagai penyuluh, Sri Rama Putri, S.Kom, M.Kom sebagai instruktur dan juga Nurhayati, S.Kom, M.Kom sebagai fasilitator.

Para dosen Unpam tersebut, memberikan pemaparan tentang Microsof office, merupakan aplikasi yang menjadi standar software, banyak digunakan di lingkungan perusahaan, perkantoran, bisnis dan pendidikan.

Kata Adam, terinspirasi dari jejak sejarah bangsa Indonesia yang tidak lepas dari masjid, para dosen Unpam bercita-cita membangun peradaban bangsa berbasis aktivitas masjid yang digerakan oleh anak-anak muda.

Kemajuan teknologi yang tidak dapat dibendung dan dihindarkan, membuat para dosen dan pengurus DKM Masjid Al Falah, berkeinginan memanfaatkan kemajuan tersebut untuk kemajuan bangsa dengan cara merangkul para anak muda masjid.

“Penggunaan microsoft office khususnya microsoft word dan excel, tidak terlepas dari kegiatan remaja masjid untuk melakukan administrasi. Untuk itu materi tersebut kita sampaikan kepada mereka,” terang Adam.

Lebih lanjut Adam menjelaskan, para pembicara, penyuluh, fasilitator dan juga pendamping akan melakukan pengawasan untuk memastikan pelatihan ini berjalan dengan baik. Namun apabila belum sesuai dengan harapan, tim PKM akan melakukan evaluasi dan perbaikan disetiap pertemuannya.

Lebih lanjut Adam memaparkan, agenda PKM yang mengambil tema ‘Sosialisasi Bijak Dalam Menggunakan Media Sosial di Tengah Era Informasi Untuk Para Milenial, Lingkungan Remaja Masjid Al Falah, Pondok Benda, Pamulang’ ini, berisikan pemberian materi, tanyajawab dan tentunya praktik dengan dibimbing secara langsung oleh para dosen Universitas Pamulang.

“Mereka sangat antusias saat melakukan praktik langsung, sehingga para remaja dapat mengerti dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” terang Adam. (mas)

Sumber: intangerang.com