PKM 2021 UNPAM MENGABDI

PKM Dosen Unpam dan RPM Institut Bagi UMKM Tentang Pemanfaatan Marketplace

SETIAP dosen memiliki kewajiban untuk menjalankan Tri Dharma. Salah satu bentuk dari Tri Dharma yakni pengabdian kepada masyarkat. Universitas Pamulang bekerjasama dengan Rumah Pemberdayaan Masyarakat (RPM) Institut mengadakan kegiatan pengabdian berupa penyuluhan mengenai pembukuan dan pemanfaatan marketplace.

Dampak pandemi tidak hanya dirasakan bagi pengusaha besar saja. Namun pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) juga merasakan hal yang sama. Banyak beberapa UMKM khususnya yang berada dalam naungan RPM mengalami penurunan penjualan dalam masa pandemi ini. Sehingga diperlukan adanya penyuluhan dan pembinaan mengenai media sarana pemasaran guna meningkatkan kembali penjualan UMKM. Memahami Marketplace.

Kata Marketplace sudah tidak asing didengar lagi bagi khalayak umum.

Menurut Dr. M. Anang Firmansyah, SE., M.M dalam bukunya yang berjudul Pengantar E-Marketing, mendefinsikan bahwa marketplace adalah perantara antara penjual dan pembeli di dunia maya. Dalam situs Shopery / insight, Eduardo Anar menyampaikan pengertian dari marketplace, “A marketplace is a platform where vendors can come together to sell their products or services to a curated customer base”, yang dapat diartikan bahwa marketplace adalah tempat di mana para vendor berkumpul untuk menjual produk dan layanan mereka berdasarkan penyeleksian pelanggan.

Dengan demikian marketplace bisa diartikan sebagai wadah memasarkan produk dalam dunia maya.

Kunjungan Web E-Commerce di Indonesia
Berdasarkan Peta Persaingan E-Commerce Indonesia pada Kuartal II-2020 dalam situs Databox yang bersumber dari iPrice (21 Juli 2020), rata-rata kunjungan web E-commerce di Indonesia, diperoleh 5 marketplace terpopular yakni Shopee (93,4 juta), Tokpedia (86,1 Juta), Bukalapak (35,3 Juta), Lazada (22 juta) dan Blibli (18,3 Juta). Dari data tersebut jelaslah nampak bahwa transaksi marketplace mengalami peningkatan khususnya selama pandemi.

Pemanfaatan Marketplace
Uraian kunjungan marketplace menjadi salah satu peluang bagi UMKM untuk ikut memanfaatkannya dalam memasarkan produk mereka. Selama ini, ternyata masih banyak para pelaku UMKM yang masih melakukan pemasaran secara offline, di sekitaran lokasi saja atau dari mulut ke mulut saja. Mereka belum memanfaatkan marketplace, karena kurangnya pemahaman dan penggunaan marketplace tersebut. Oleh karena itu kegiatan PKM kali ini bermaksud memberikan pembinaan mengenai marketplace bagi para pelaku UMKM.

Kegiatan Pengabdian
Kegiatan pegabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dari tanggal 31 Oktober 2020 sampai dengan 5 November 2020. Pada pelaksanaanya dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama penyuluhan dan sosialisasi secera bersam-sama melalui video conference dan pembagian kelompok UMKM untuk dilakukan pembinaan. Sesi selanjutnya yakni pendampingan bersama fasilitator atau dosen pendamping.
Sesi pendampingan yang telah dibagi menjadi beberapa kelompok membuat pelaksanaan lebih kondusif karena langsung mendampingi satu pelaku UMKM.

Pada PKM kali ini, kelompok PKM yang diketuai oleh Ibu Fina Fitriyana beranggotakan Ibu Tati Rosyati, Ibu Yolanda Gusvia dan Ibu Anum Nuryani berkesempatan membantu pelaku UMKM yakni Ibu Retno dengan produknya bermerk Ravi_Cake.

Ravi_Cake merupakan brand untuk produk UMKM milik Bu Retno. Dalam usahanya Bu Retno menjual berbagai macam kue, seperti Kue Tart, Kue Bolu, Brownies, Cheesse Dessert, Puding, Bolen dan sejenisnya. Selama melakukan penjualan bu Retno menerima pesanan dari pelanggan tetap dan sudah menggunakan media sosial.

Pemanfaatan marketplace belum maksimal digunakan. Sebelumnya bu Retno sendiri sudah memiliki akun dari salah satu marketplace di Indonesia, namun sedang Off karena kurangnya pengelolaan dan pemanfaatannya. Selama pembinaan kami berusaha memberikan ifnormasi mengenai jenis marketplace, target pasar, review dan fitur dari tiap jenis marketplace. Melihat produk yang dijual maka diperlukan marketplace yang sesuai. Salah satunya yang sesuai yakni yang memiliki pengiriman sameday (hitungan jam) karena produknya merupakan kue basah.

Pemanfaatan marketplace ini sangat penting, jika para pelaku UMKM siap untuk mengelolanya, maka fitur marketplace, produk dan deksripsi, Promosi, pembayaran, pengiriman, layanan (chat) dan review pelanggan (rangking) perlu diperhatikan guna membangun reputasi brand sehingga proses pemasaran dapat berjalan lancar dan bisa meningkatkan penjualan.

Kesimpulan, Saran dan Ucapan Terimakasih

Kegiatan PKM ini sangat membantu tidak hanya bagi para pelaku UMKM saja, namun secara tidak langsung dapat membantu menumbuhkan perekonomian Indonesia. Dengan adanya kegiatan ini, para pelaku UMKM mampu menfaatkan media promosi yang tersedia guna mempertahankan keberlangsungan usahanya.

Saran kami agar kegiatan pengabdian ini dapat berkesinambungan dilaksanakan dengan tema dan peserta yang bervariasi, menyesuaikan kebutuhan penyelesaian permasalahan yang dihadapi. Sasaran dan tema lebih luas, sehingga bisa memberikan kontribusi yang rata bagi seluruh masyarakat.

Pada kesempatan ini, selaku tim pengabdi ingin mengucapkan terimakasih atas keberhasilan pelaksanaan kegiatan kepada Ketua Yayasan Sasmita Jaya yakni Bapak Drs. H. Darsono yang selalu memberikan motivasinya, Bapak Dr. H. Dayat Hidayat, M.M. selaku Rektor Universitas Pamulang, Bapak Dr. Ali Maddinsyah, S.E., M.M. selau Ketua LPPM, Bapak H. Endang Ruhiyat, S.E., M.M., CSRA., CMA selaku Dekan fakultas Ekonomi, Ibu Effriyanti, SE., Ak., MSi., CA selaku Kaprodi Akuntansi, Ibu Ratih Qadarti Anjilni, S.E., M.Ak, selaku dosen yang telah berjasa dengan kontribusinya dalam kerjasama RPM dengan UNPAM dan kepada Bapak Husen selaku ketua Rumah Pemberdayaan Masyarakat Institut.

Penulis : Anum Nuryani, S.E., M.M.
Sumber: rakyatmerdekanews.com