PKM 2021 UNPAM MENGABDI

Dosen Unpam Bekali Peternak Ikan Ciseeng Manajemen Kewirausahaan

BOGOR-Para peternak ikan Desa Babakan Seberang, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor mendapat pengalaman berharga dari dosen dan mahasiswa prodi akuntansi Universitas Pamulang (Unpam). Mereka dilatih manajemen usaha untuk mengingkatkan kewirausahaan.

Kegiatan itu merupakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dilakukan dosen dan mahasiswa akuntansi Unpam. Para dosen yang melakukan PKM itu di antaranya, Drs Syamsuri, MM. MAk, Drs Suwarno Mpd, Drs Yayan Yanuar MSi, Sudiatmoko SE, MM dan Drs Syaibul Hamday MM beserta mahasiswa yang terdiri dari Hasan Nuripno, Jenny Emilia, Siallagan dan Sinta Martini Dewi. PKM digelar akhir November 2020 hingga Januari 2021.

“Tema PKM ini Pembinaan Manajemen Usaha Dalam Rangka Peningkatan Kewirausahaan Kelompok Peternak Ikan Sentosa,” jelas Drs Syamsuri MM, MAK, salah satu perwakilan dosen Unpam.

Syamsuri mengungkapkan Kelompok Peternak Ikan Sentosa sebagai perusahaan kecil yang dimiliki dan dikelola oleh seseorang atau dimiliki sekelompok orang dengan jumlah kekayaan dan pendapatan tertentu harus mempunyai jiwa kewirausahaan yaitu, jiwa kemandirian untuk mencari sebuah sumber penghasilan dengan membuka usaha ataupun menyalurkan kreativitas yang dimiliki seseorang untuk kemudian dijadikan sebuah lahan untuk mencari penghasilan, jiwa kewirausahaan belajar lebih mandiri, berpikir kritis, dan maju ke depan.

Dia memaparkan solusi permasalahan terhadap manajemen usaha dan kewirausahaan yang meliputi, pemahaman prinsip-prinsip manajemen usaha, manajemen keuangan usaha, melayani pelanggan dengan media online, UKM yang taguh dengan nilai-nilai modern dan kondusif, dan pola pikir peningkatan pendapatan.

“UKM yang tangguh nilai yang harus dimiliki di antaranya berpikir logis praktis terukur. Berani berinisitif, hemat dan efisien, berani mengambil resiko, aktif mencari peluang, berorentasi pada kepuasaan pelanggan, berinovasi, gigih dan pantang menyerah, percaya diri, aktif menjaga relasi dan berpikir ke depan,” tukas Syamsuri.

Ketua Kelompok Peternak Ikan Sentosa, Drs Achmad Syahbani, SE, MM, MPd menyampaikan terima kasih atas PKM terhadap kelompoknya, sehingga memberikan pengetahuan baru bagi para peternak dalam mengelola manajemen usaha dan membentuk jiwa kewirausahaan.

Sementara, Camat Ciseeng Edi Muslihat mengungkapkan, Kecamatan Ciseeng dengan luas 36,78 KM, jumlah Penduduk 98291 jiwa dengan 10 desa/kelurahan. Pada 2018 Kecamatan Ciseeng mentargetkan mampu memproduksi benih ikan hias dan konsumsi ikan air tawar terbesar di Indonesia dan menjadi rujukan produsen ikan hias di seluruh Indonesia.

“Dengan rincian target produksi ikan hias mencapai 10.512.120 ekor dan produksi ikan konsumsi mencapai 1.607.717.000 ekor terbanyak di Indonesia,” paparnya.(rls)

Sumber: tangselpos.id