PKM 2021 UNPAM MENGABDI

Dosen Unpam Bekali Siswa SMK Tehnik Jaringan

PAMULANG-Dosen Universitas Pamulang (Unpam) membekali siswa SMK Bina Putra Mandiri, Parung Panjang, Kabupaten Bogor tentang pembuatan kabel jaringan dan penggunaan aplikasi. Kegiatan ini merupakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Prodi Teknik Informatika.

Sebanyak 35 siswa antusias mengikuti PKM tersebut. Untuk mengikuti perkembangan jaringan komputer yang begitu cepat, banyak sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang membuka Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan (TKJ), termasuk dengan SMK Bina Putra Mandiri. Pada program keahlian ini, dalam proses pembelajarannya, selalu menggabungkan antara konsep atau teori dengan praktikum.

Artinya, apabila siswa telah menguasai teori, langkah selanjutnya adalah mempraktikkan teori tersebut dengan perangkat jaringan komputer. Perangkat keras yang dipakai adalah berupa peralatan jaringan dan bahan-bahan yang harganya relatif mahal.

Fadly Ariadi sebagai ketua dari tim dosen pada kegiatan PKM, mengatakan, yang menjadi masalah, seringkali terjadi kesenjangan pemahaman antara teori dan praktik. “Sebagai contoh, seringkali dalam proses praktik terjadi kegagalan karena gambaran dalam teori ternyata berbeda dengan saat praktik lalu masih kurangnya penguasaan teori juga menyebabkan siswa menjadi gugup ketika melakukan praktik,” ujarnya.

Lanjut Fadly, akibatnya terjadi pemborosan alat dan bahan. Permasalahan atau kendala lain yang ditemukan ketika praktik, diantaranya harga perangkat atau alat praktik yang relatif mahal. Ini mengakibatkan jumlah perangkat jaringan lebih sedikit dibandingkan siswa yang praktik, sehingga siswa dalam melakukan praktik harus bergantian dengan siswa lain.

Berdasarkan analisis situasi pada SMK Bina Putra Mandiri tersebut, maka tim dosen prodi Teknik Informatika Unpam yang beranggotakan Agus Budi Prasetyo, Anggreita Tiara Putri S, Fadly Ariadi, Suhanda Saputra, dan Sri Purni Hernawati menyelenggarakan PKM dengan tema “Pelatihan Perancangan Jaringan Dengan Aplikasi Cisco Packet Tracer Dan Pelatihan Pembuatan Kabel Jaringan”.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dan memberikan pelatihan dasar dalam menggunakan aplikasi Cisco Packet Tracer serta pelatihan dalam pembuatan kabel jaringan kepada para siswa-siswi sebagai bekal pengetahuan dan keterampilan dalam membangun suatu jaringan komputer. Untuk aplikasi Cisco packet tracer selain dapat di instal pada komputer atau laptop dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi aplikasi ini pun tersedia dalam sistem operasi android yang gratis Sehingga bisa digunakan pada handphone bagi siswa-siswi yang belum memiliki komputer atau laptop dan tidak perlu membayar biaya lisensi, ”jelasnya.

Ketua Yayasan SMK Bina Putra Mandiri, Eghi Gunadhi Wibhawa menambahkan, kegiatan ini sangat baik untuk para siswa-siswi SMK Bina Putra Mandiri guna menambah wawasan serta keterampilan para siswa.(dra)

 

Sumber:tangselpos.id