KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

PEMBINAAN STRATEGIS PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA DI MASA PANDEMI DAN PASCA PANDEMI COVID-19 DI PERUMAHAN MULYA ASRI 2, KELURAHAN SUKAMULYA, CIKUPA –TANGERANG

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan mengakui Covid-19 telah memberikan dampak yang sangat besar bagi Indonesia. Di hampir seluruh sendi kehidupan masyarakat mendapat tekanan ekonomi yang sangat besar dan masif. Indonesia mengalami efek domino yang sangat berat, dimana kesehatan memukul sosial, sosial memukul ekonomi dan ekonomi juga pasti akan mempengaruhi dari sektor keuangan, terutama dari lembaga-lembaga keuangan bank dan non bank. Survei oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) terhadap 1.548 responden di 32 provinsi, mengungkap lebih dari 50 persen rumah tangga mengalami kesulitan keuangan akibat pandemi COVID-19. Pemerintah diharapkan terus memberi fasilitas untuk meningkatkan konsumsi masyarakat. Wabah covid-19 (corona virus) ini benar-benar sangat mengubah dunia, tidak hanya dengan banyak yang meninggal dunia, tetapi merubah keadaan ekonomi di seluruh dunia. Bahkan negara kita pun mengalami seperti itu juga. Karena banyaknya dampak yang dirasakan oleh masyarakat terutama perekonomian warga perumahan Mulya Asri 2 , Cikupa – Tangerang. Oleh sebab itu kami dari dosen Universitas Pamulang Prodi Teknik Industri melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat yaitu berupa Pembinaan dan Penyuluhan Pengelolaan Keluarga dimasa Pandemi dan Pasca Pandemi Covid-19.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang, kegiatan PKM ini wajib dilakukan oleh setiap dosen di Universitas Pamulang, minimal satu kali dalam satu semester. Dosen yang terlibat dalam kegiatan PKM ini yaitu sebagai ketua pengusul Aod Abdul Jawad, S.T., M.M., serta nara sumber Yusup Purwanto, S.T., M.T., dan Agus Mulyono, S.T., M.M., serta 2 orang mahasiswa semester 3 dan 7 yaitu Zulkipli, dan Rais Wahyu. Ketua pengusul yaitu Bapak Aod Abdul Jawad, S.T., M.M mengusulkan kegiatan PKM kali ini dengan melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat yaitu berupa Pembinaan dan Penyuluhan Pengelolaan Keluarga dimasa Pandemi dan Pasca Pandemi Covid-19 kepada Ibu-ibu Majlis Ta’lim Muslimah Cinta Mengaji Perum Mulya Asri 2 pimpinan Ibu Ustadzah Fifih Lutfiah.

Kegiatan PKM ini dilakukan dengan beberapa rangkaian, pertama pembukaan oleh ketua pengusul Bapak Aod Abdul Jawad, S.T., M.M ., ketua pengusul menyampaikan kata sambutan dan sekaligus membuka acara seminar pembinaan pengelolaan euangan keluarga di masa pandemi.  Sambutan kedua  dari  ketua panitia acara seminar yaitu Ibu Hj. Ida Komariyah menyampaikan dalam situasi pandemi saat ini para ibu-ibu warga perumahan Mulya Asri 2 harus pandai mengatur keuangan sehingga dapat mempertahankan perekonomian keluarganya, beliau sangat berterimakasih dengan adanya pelatihan dan pembinaan yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang tentang Pengelolaan Keluarga dimasa Pandemi dan Pasca Pandemi Covid-19. kemudian dilanjutkan oleh beberapa nara sumber. Bapak Yusup Purwanto memberikan pemaparan materi pelatihan kepada para peserta seminar pengelolaan keuangan dimasa dan pasca pandemi covid-19. Beliau menjelaskan kepada para peserta seminar bagaimana  kondisi ekonomi yang semakin sulit dengan berhentinya dan menurunnya sebagian aktivitas ekonomi tentu berpengaruh terhadap daya beli masyarakat itu sendiri. Secara otomatis masyarakat akan memprioritaskan makanan dan kebutuhan pokok lainnya. Sedangkan untuk kebutuhan yang tidak pokok akan ditunda terlebih dahulu, maka dari itu aktivitas menabung akan sangat menurun secara drastis. Demikian pula untuk pembiayaan dan jasa keuangan, semua masyarakat akan menunggu dan sangat berharap pandemi Covid-19 ini cepat segera berakhir.

 

Bapak Agus Mulyono menambahkan bagaimana  kita-kiat  agar dapat mensiasati kondisi keungan keluarga, “Buat daftar seluruh aset yang anda miliki dan hitung berapa besar pertumbuhannya dalam kurun waktu hampir enam bulan terakhir ini. Aset yang dimaksud dapat berupa reksa dana, saham atau obligasi, tabungan atau deposito, emas, ataupun properti,” katanya.

Kedua, periksa utang-utang yang masih harus ditanggung. Buat daftar seluruh utang yang masih harus ditanggung dan tanggal berakhirnya, baik utang konsumtif maupun utang produktif.

Ketiga, hitung harta yang terkumpul. Lakukan pengecekan, apakah jumlah harta yang dimiliki bertambah atau berkurang dalam kurun waktu enam bulan terakhir.

Kemudian rangkaian akhir acara yaitu pemberian plakat  kepada Ketua MT Muslimah cinta mengaji.. Pemberian plakat ini dilakukan oleh ketua PKM yaitu Bapak Aod Abdul Jawad, S.T., M.M., kepada Ibu Fifih Lutfiah didampingi oleh ketua panitia seminar Ibu Hj Ida Komariyah, S.Kom.

Sumber : industri.unpam.ac.id