PKM 2020 UNPAM MENGABDI

Pelatihan dan cara pengujian kualitas hasil pengelasan dgn metode liquid penetrant oleh Dosen Teknik Mesin Universitas Pamulang

Ditengah kondisi pandemi Covid-19 yang kian meningkat yang dampaknya juga menyentuh dunia pendidikan tak terkecuali perguruan tinggi, namun hal itu tidak menghalangi para dosen Universitas Pamulang untuk melaksanaan pengabdian kepada masyarakat (PKM) sebagai bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu lokasi yang dipilih untuk pelaksanaan PKM oleh salah satu tim PKM Teknik Mesin Universitas Pamulang tersebut adalah pemukiman warga Ciledug 1 Rt. 005 Rw. 05 Kelurahan Bambu Apus Pamulang Tangerang Selatan. Tentu saja pelaksanaan PKM ini tetap mengacu pada protokol kesehatan sebagai tindakan preventive terhadap penyebaran wabah covid 19 yang hingga saat ini masih menjadi permasalahan yang belum tuntas.

Dalam pelaksanaan PKM semester gasal 2020-2021 kali ini, tema yang diusung adalah pelatihan cara inpecsi kualitas pengelasan dengan metode liquid penetrant testing guna mencegah terjadinya cacat dan sesuai standar yang ditetapkan. Sebagaimana telah diketahui bahwa saat ini pengetahuan tentang cara inpeksi kualitas hasil pengelasan amat minim sehingga menjadi kebutuhan seluruh lapisan masyarat, misalnya penggunaan pagar rumah yang terbuat dari besi, sering terjadi keropos atau mudah terlepas pada area pengelasan, halini tentu amat merugikan karena bisa mengganggu keamanan rumah yang saat ini angka kriminalitas kian melonjak. Padahal sebenarnya, sumber masalahnya tidaklah serius, dan penanganannya bisa dilakukan sendiri tanpa mengeluarkan biaya yang banyak.

PKM dengan tema pelatihan cara inpecsi kualitas pengelasan dengan metode liquid penetrant testing guna mencegah terjadinya cacat dan sesuai standar ini dilaksanakan oleh 5 dosen Teknik Mesin Universitas Pamulang, yaitu Slamet Rahardian, Muhamad Cahyadi, Irwan Aranda, Nurjaya dan Adin. Dalam pelatihan ini masyarakat diberikan pelatihan bagaimana cara inpecsi kualitas pengelasan dengan metode liquid penetrant testing guna mencegah terjadinya cacat dan sesuai standar dengan memperkenalkan liquid penetrant, Prinsip kerja hingga langkah-langkah dan prosedur inpeksi penetran cair pada saat pelatihan.

Pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari dari hari Selasa 14 Desember 2020 hingga Kamis 16 Desember 2020 diikuti sekitar 15 orang warga. Animo warga peserta pelatihan cukup baik yang ditandai dengan antusiasnya warga mengikuti pelatihan dari awal pelaksanaan hingga akhir. Suasana pelatihan cukup santai namun serius, bahkan tidak sedikit pesertanya adalah ibu-ibu yang memang memiliki waktu lebih di rumah.

Pada saat yang sama ada dua kelompok dosen Universitas Pamulang yang melaksanakan PKM namun dengan tema yang berbeda. Bapak Nasrudin selaku Ketua RT. 005 RW. 05 Kelurahan Bambu Apus Pamulang menyambut baik kegiatan PKM dari Universitas Pamulang. Meskipun beliau tidak dapat menunggui acara hingga selesai, namun dalam pesannya, beliau menyampaikan rasa terimakasih dan bangga atas kehadiran Universitas Pamulang di masyarakat dalam memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat. Beliau mengharapkan agar lebih banyak lagi diadakan acara pelatihan kepada warganya agar semakin banyak ilmu pengetahuan yang diperoleh dan menjadikan masyarakat menjadi mengerti teknologi. *

Kontributor : Nurjaya