KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Pelatihan Pembuatan Web Site Berbasis CMS Menggunakan WordPress Bagi Anak-Anak Asuh Yatim Piatu Ibnu Sabil Tangerang

Yayasan yatim piatu ibnu sabil merupakan salah satu panti berlokasi di Kota Tangerang yang menampung anak-anak yang kurang mampu, yatim, piatu atau yatim piatu untuk dididik, dibina agar kelak bisa hidup mandiri.Yayasan Yatim Piatu Ibnu Sabil sendiri berlokasi di Gg. Ibnu Sabil 2, RT.003/RW.003, Panunggangan, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang.  Pada tanggal 13 Desember 2020, kami dari  Fakultas Teknik Prodi Teknik Informatika Universitas Pamulang melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Yayasan tersebut. Kegiatan ini merupakan kegiatan kedua yang kami lakukan setelah diklat pertama dengan materi instalasi sistem operasi dan software berhasil kita lakukan.  Adapun kegiatan kedua kali ini mengusung pelatihan dalam bentuk pelatihan pembuatan website menggunakan CMS berbasis wordpress bagi anak-anak asuh yatim piatu. Kegiatan pengabdian kali ini diketuai oleh Muhamad Arief Yulianto yang dibantu oleh empat anggota lainnya yaitu Maulana Muhamad Sulaiman, Romi Andrianto, Iwan Giri Waluyo, Sahlan. Serta dibantu oleh mahasiswa dan mahasiswi dari Prodi Teknik Informatika yaitu Ike Indah Sri Wahyuningsih dan Fahrul Aji Kurniawan.

Pada saat pelaksanaan pelatihan pembuatan website berjalan dengan lancer dan baik, hal itu terlihad dari antusias anak – anak asuh dalam mengikuti kegiatan pelatihan ini. Proses pertama yang kami lakukan yaitu memberikan pengeteahuan dasar dalam membangun sebuah website kepada anak-anak asuh. Adapun materi pengetahuan dasar yang kami berikan meliputi definisi website, macam-macam website, hosting, domain, dan cara membuat website yang benar serta syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam membangun sebuah website berbasis CMS menggunakan wordpress.

Langkah selanjutnya setelah dilakukan pembekalan secara teori tentang pengetahuan dasar dalam membangun sebuah website, anak – anak asuh diajak untuk melakukan praktik langsung yang dipandu oleh kami dalam membuat website berbasis CMS menggunakan wordpress serta didampingi oleh dosen dan mahasiswa. Proses pembuatan website berbasis CMS menggunakan wordpress dimulai dari pembuatan email, daftar akun untuk membuat website, memilih domain yang tepat, input teks, insert gambar, posting, hingga website tersebut terpublikasi. Sesi selanjuntnya anak – anak asuh diberikan kesempatan untuk merefleksikan apa yang telah mereka dapatkan dengan mengajukan pertanyaan.

Terdapat salah satu anak asuh yang mengajukan pertanyaan diantaranya yaitu “Apakah bisa website yang telah buat kita tambahkan fitur komunikasi dengan WhatsApp?”. Kami pun menjawab bisa yaitu dengan cara menginstall plugin whatsApp di web kita. Mengingat terbatasnya waktu jadi kami tidak mennunjukkan cara – cara instalasinya secara langsung. Kami pun minta supaya anak – anak asuh mampu mengembangkan pengetahuan yang telah diberikan secara mandiri. Kegiatan kamipun diakhiri dengan pemberian piagam kepada Yayasan Ibnu Sabil dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada para santri dan ditutup dengan doa serta foto bersama untuk dokumentasi.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi anak-anak asuh dalam mengikuti perkembangan teknologi khususnya dalam mengenalkan website sebagai salah satu media informasi penting saat ini. Serta kami berharap supaya anak-anak asuh mampu membuat website untuk yayasan Ibnu Sabil secara mandiri sebagai media informasi untuk mengenalkan dan mempromosikan yayasan tersebut kepada masyarakat umum secara lebih luas.