PKM 2020 UNPAM MENGABDI

Press Release PKM Dosen “Pentingnya Literasi Keuangan Syariah bagi Para Guru”

Indonesia dengan penduduk mayoritas muslim terbesar di dunia memiliki potensi yang sangat besar dalam perkembangan industri keuangan syariah, namun menurut data OJK, literasi keuangan syariah tak mengalami kenaikan signifikan selama 5 tahun terakhir. Data tahun 2019, literasi keuangan syariah hanya naik tipis 0,83 persen menjadi 8,93 persen dalam tempo tiga tahun, berbanding terbalik dengan literasi keuangan konvensional yang tumbuh pesat 8,22 persen menjadi 37,72 persen.

Peningkatan literasi keuangan syariah diharapkan dapat meningkatkan kesejateraan individu dan keluarga dengan jalan yang sesuai syariah. Literasi keuangan syariah sebagai pengetahuan, keterampilan dan keyakinan yang mempengaruhi sikap dan perilaku dalam meningkatkan pengambilan keputusan ekonomi dan pengelolaan keuangan yang sejalan dengan Akidah, Akhlak dan Syariah. Terutama di kala pandemi  covid-19 melanda, tak sedikit masyarakat yang terpukul pada sisi keuangan akibat buruknya manajemen harta.

e2

Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Akuntansi S1 Universitas Pamulang ini terlaksana berkat kerjasama dengan SD Islam Al Azhar 17 Bintaro. Guru menjadi sasaran dari pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini dengan harapan guru sebagai perpanjangan tangan dari akademisi untuk menjangkau lebih banyak lagi pihak-pihak demi membudayakan gerakan literasi keuangan syariah di tengah masyarakat.

Edukasi keuangan selama ini telah mengajarkan anak untuk mulai menabung sejak dini, namun seringkali mengabaikan keterampilan lain yang juga tak kalah penting yaitu kemampuan menghasilkan uang, berbelanja, berbagi dan beramal. Dalam manajemen harta islami terdapat lima konsep: Penciptaan Harta, Akumulasi Harta, Perlindungan Harta, Distribusi Harta dan Purifikasi Harta. Materi yang menarik pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini mendapat sambutan hangat dari para guru, sesi tanya jawab dibanjiri pertanyaan mengenai tips pengelolaan keuangan keluarga, jenis investasi syariah yang sesuai saat pandemi, keutamaan dalam purifikasi harta dan masih banyak lagi.

Penulis: Erika A. Aprilia, M.Ak

Sumber : akuntansi.unpam.ac.id