PKM 2020 UNPAM MENGABDI

KEGIATAN PKM SECARA DARING OLEH DOSEN PROGRAM STUDI AKUNTANSI S1 UNIVERSITAS PAMULANG “PERAN AKUNTANSI DALAM PENGELOLAAN WIRAUSAHA PADA PONDOK PESANTREN LEMBAGA BINA SANTRI MANDIRI”

Dosen dan mahasiswa Program Studi (Prodi) Strata Satu (S1) Akuntansi Universitas Pamulang (UNPAM) menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) secara online di Pondok Pesantren Lembaga Bina Santri Mandiri di Kampung Hambulu, Desa Pondok Udik, Kemang, Bogor. Pada tanggal 03-05 Desember 2020.

Dimana Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu bentuk aktifitas Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sebagai insan akademis, para dosen Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang berupaya untuk mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) di tengah suasana Work from Home (WFH) karena masih pandemi Covid-19.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan keberlanjutan dari PKM sebelumnya yang mengusung tema Membangun jiwa wirausaha yang kreatif,inovatif dan mandiri diusia muda, dan pada kali ini para dosen serta mahasiswa membahas terkait tema: Peran akuntansi dalam pengelolaan wirausaha pada pondok pesantren Lembaga bina santri mandiri yang memang sudah dididik untuk menjadi wirausaha yang kemudian menciptakan lapangan kerja”.

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu Pengasuh pondok pesantren yaitu bapak KH. Jauhari. Lc yang bersedia memberikan sambutan serta doa bagi kelancaran dan keberlanjutan acara ini untuk kedepannya.

Lalu dari Dosen UNPAM dihadiri dan diketuai oleh Bpk Syamsul Asmedi, S.E., M.M, M.Ak, Wakil ketua Bpk Hari Stiawan, S.E., M.Ak, Bendahara Ibu Napisah, S.E., M.Ak, Sekertaris Ibu Siti Mundiroh, SS., M.Ak. dan Narasumber Bpk Syarifudin, S.E., M.Ak serta 5 orang mahasiswa Universitas Pamulang prodi S1 Akuntansi.

Adapun materi yang dibawakan oleh Bpk Syarifudin, S.E., M.Ak tentang peran akuntansi dalam pengelolaan wirausaha pada pondok pesantren Lembaga bina santri mandiri yang membahas terkait Pengertian dan Karakteristik UMKM pada masing-masing usaha yang dijalani serta peran dan pencatatan akuntansi dalam usaha tersebut dengan disertai latihan latihan menjurnal dan pembuatan laporan keuangan

Penyampaian materi tersebut disambut antusias oleh santri-santri di pondok pesantren Bina Santri Mandiri. Hal tersebut terlihat saat sesi tanya jawab, mereka begitu semangat bertanya dan ingin menggali ilmu akuntansi secara mendalam. Serta permintaan terkait keberlanjutan kegiatan PKM dengan tema-tema yang mereka butuhkan.

Penulis : Napisah, S.E., M.Ak

Sumber : akuntansi.unpam.ac.id