KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Press Release PKM Dosen “Penerapan Strategi Pemasaran untuk meningkatkan Kinerja Penjualan Nasi Kebuli Instan Henayu Foods khususnya di masa Pandemi Covid-19”

Dalam rangka untuk mendorong perkembangan UMKM khususnya yang ada di kota Tangerang Selatan, Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang bekerjasama dengan Yayasan Rumah Pemberdayaan Masyarakat (RPM) menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Dosen-dosen dari Program Studi S1 Akuntansi membantu para UMKM binaan Yayasan RPM sesuai dengan permasalahan yang dihadapi seperti mengenai pemasaran melalui marketplace, pembuatan strategi pemasaran, penentuan harga pokok produksi dsb.

Salah satu UMKM yang dibantu adalah Nasi Kebuli Instan Henayu Food milik Bapak Yafiet. Beliau memulai bisnis ini beberapa bulan belakangan dan berharap bisnis dengan strategi pemasaran yang tepat, bisnis yang dijalankannya bisa berkembang. Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan secara online namun juga disertai dengan kunjungan ke lokasi penjualan Nasi Kebuli Instan Henayu Food di Perumahan Harapan Kita, Kota Tangerang.

Berdasarkan diskusi dengan Bapak Yafiet, beberapa strategi pemasaran sudah dilakukan oleh Nasi Kebuli Instan Henayu Food, seperti membuat kemasan yang baik, mengenalkannya melalui media sosial dan memanfaatkan marketplace. Berdasarkan hasil diskusi dan temuan di lapangan, ada beberapa penyempurnaan terhadap strategi yang sudah dijalankan saat ini antara lain yaitu (1) Produk; pada desain kemasan : penggunaan nama yang konsisten, penggunaan bahasa yang kekinian sebagai caption dan memasangkan akun media sosial; pada merek : penggunaan istilah yang ringkas dan konsisten pemakaiannya; kemasan : penggunaan sistem press dan penggunaan huruf yang lebih besar pada petunjuk memasak. (2) Promosi; Iklan : pembuatan flyer menggunakan bahasa yang kekinian, copy writing yang menggugah dan foto produk yang menarik; publikasi : mengoptimalkan fitur instagram dan facebook secara lebih tepat. (3) Saluran Distribusi;  mengoptimalkan penggunaan marketplace dan memanfaatkan marketplace yang sesuai dengan target pasar. Adapun terkait Harga diserahkan kepada pemilik Nasi Kebuli Instan.

Selama masa pendampingan, selain masukan berupa konsep-konsep mengenai strategi pemasaran, juga praktek pemanfaatan fitur-fitur di instagram serta dosen membantu menshare flyer Nasi Kebuli Instan Henayu Food di beberapa group Whatsapp yang sesuai dengan segmentasinya.

a4

PKM ini dilaksanaka pada periode 30 Oktober – 30 November 2020 dan oleh Adi Martono, S.T., M.M. sebagai ketua beserta beberapa orang dosen S1 Akuntansi lainnya yaitu Ferdiansyah, S.E., M.Ak, Dwi Septiani, S.E., M.M., Antania Shinta Yuwono, S.E., M.M. CSR dan beberapa mahasiswa.

Penulis: Adi Martono, S.T., M.M

Sumber : akuntansi.unpam.ac.id