PKM 2020 UNPAM MENGABDI

PKM Dosen Prodi Manajemen Tema ” Pembuatan Laporan Keuangan ISAK 35″

TANGSEL – Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menyebabkan penyakit menular ke manusia. Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus ini menular sangat cepat dan telah menyebar hampir ke semua negara, termasuk Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan saja. Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis corona virus yang baru ditemukan. Di Indonesia sendiri, diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus ini. Karena Indonesia sedang melakukan PSBB, maka semua kegiatan yang dilakukan di luar rumah harus dihentikan sampai pandemi ini mereda. Saat ini, peneliti di penjuru dunia masih berlomba-lomba mencari vaksin dan obatnya. Kurangnya sosialisasi dan tanggapnya pemerintah terhadap virus ini menyebabkan hampir di seluruh dunia terinfeksi virus Covid-19. Selain itu, masyarakat yang kurang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan.

Kurangnya sosialisasi Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 kepada masyarakat, sehingga banyak yang tidak mengetahui bahwa dirinya adalah Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien dalam Pengawasan (PDP) dan Suspek dan mereka merasa sehat dan masih keluar kota dan keluar negeri, tanpa disadari sudah membawa virus Covid-19. Masih banyak juga masyarakat yang tidak mentaati peraturan pemerintah untuk di rumah saja menjadi bagian penyebab kenaikan penularan yang terjadi hampir di 200 negara. Penyebaran Covid-19 yang bersifat luar biasa dengan ditandai jumlah kasus dan/atau jumlah kematian telah meningkat dan meluas lintas wilayah dan lintas negara dan berdampak pada aspek politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan, serta kesejahteraan masyarakat di Indonesia, maka Presiden mengeluarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020, tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat kami melakukan kerjasama dengan Rumah Lembaga Amil Zakat Nahwa Nur Depok Jaya. Berdasarkan peraturan pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Jawa Barat dikarenakan adanya Pandemi Covid-19 warga dilarang keluar rumah. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di daerah sekitarnya. Hal ini sangat berdampak untuk warga yang kesehariannya sebagai warga yang tergolong sebagai warga dhuafa. Dari hasil survei dan wawancara melalui Rumah Lembaga Amil Zakat Nahwa Nur Depok Jaya bahwa permasalahan yang ada sekarang ini dan masih berlanjut salah satunya yaitu warga yang didaerah perkampungan Parung Panjang tidak mendapatkan penghasilan, dikarenakan dampak ekonomi atas pandemik covid-19.

Menurut Undang-Undang No. 23 Tahun 2011, zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan oleh seorang Muslim atau badan usaha untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya sesuai dengan syariat Islam. Dalam UU tersebut disebutkan bahwa tujuan dari zakat adalah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan keadilan sosial dan penanggulangan kemiskinan sehingga diharapkan di masyarakat tidak terjadi gap atau kesenjangan yang tinggi antara si kaya dengan si miskin. Menurut PSAK No. 109, tujuan zakat yang mulia tersebut akan dapat tercapai apabila dalam pengelolaan zakat dilakukan secara baik dan profesional (good zakat governance), artinya bahwa zakat seharusnya dikelola secara melembaga sesuai dengan syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi, dan akuntabilitas.

Maka dari itu, dosen Prodi Manajemen, Universitas Pamulang (Unpam) menggelar program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bekerjasama dengan LAZ Nahwa Nur dengan judul “Pelatihan Virtual Pembuatan Laporan Keuangan Badan Lembaga Amil Zakat Nahwa Nur Untuk Menarik Muzakki Berdonasi”. Diharapkan adanya pelatihan ini akan mempu Memberikan pemahaman, pengarahan, dan pengetahuan kepada para peserta mengenai pentingnya pelatihan virtual pembuatan laporan keuangan badan Lembaga Amil Zakat Nahwa Nur untuk menarik muzakki berdonasi

Solusi atas permasalahan ini adalah memberikan pengetahuan dan ketrampilan membuat  laporan  keuangan  kepada  Rumah Lembaga Rumah Lembaga Amil Zakat Nahwa Nur Depok Jaya. Metode  pelaksanaan  pelatihan  dan  pendampingan  ini  terutama menggunakan  metode  kegiatan  action  research secara virtual.

WhatsApp Image 2021-01-25 at 21.08.07

Gambar 2: Pelaksanaan pelatihan

Kegiatan ini di ketua oleh Bapak Rudi Sanjaya dengan narasumber Bapak Arif Surahman, Ibu Sulistiyani, Ibu Krida Puji Rahayu dan Ibu Agustina Mogi. Kegiatan PKM ini dihadiri kebanyakan dari kalangan pengurus administrasi LAZ Nahwa Nur, tenaga pendidik (guru), dan mahasiswa Pascasarjana Manajemen Universitas Pamulang.

Di akhir kegiatan, tim PKM ini, kami memberikan kenang-kenangan kepada pengurus Rumah Lembaga Amil Zakat Nahwa Nur Depok Jaya kenang-kenangan sebagai ungkapan terima kasih telah menyediakan tempat, waktu, dan partisipasi dari peserta pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang.

isak 11

Gambar 3: Penyerahan kenang-kenangan

Sumber : manajemen.unpam.ac.id