PKM 2020

PKM Dosen Prodi Manajemen S-1 Tema “Optimalisasi Pengelolaan kas dan Manajemen Keuangan yang Profesional Dalam Pengembangan Bisnis di Era Kompetitif”

Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) oleh dosen dan mahasiswa Unpam fakultas Ekonomi jurusan Manajemen Universitas Pamulang, dengan tema pengabdian “Optimalisasi Pengelolaan Kas dan Manajemen Keuangan yang Profesional Dalam Pengembangan Bisnis di Era Kompetitif.” Kegiatan diadakan pada Komunitas XBank Tangerang Selatan selama 3 hari yaitu pada tanggal 27, 28 dan 29 November 2020.

Pengabdian ini dipimpin oleh bapak Ahmad Nurhadi, SE, MM., adapun anggota pengabdian terdiri dari 4 anggota yaitu bapak Aidil Amin Effendy, S.E., M.M., bapak Mahnun Mas’adi. SE, MM., bapak Widhi Wicaksono. S.E.,MM., dan bapak Heri Murtiyoko, S.Pd, MM., sebagai pemateri dalam kegiatan pegabdian serta mahasiswa Unpam membantu dalam bagian dokumentasi, dan kelengkapan lainnya dalam menunjang proses berjalannya pengabdian ini.

Kegiatan PKM yang dilakukan tim Pengabdian dosen dan mahasiswa Unpam bertujuan untuk memberikan ilmu dan pengalaman dalam membuat laporan keuangan dan manajemen keuangan secara sederhana, bagi para pelaku UMKM di kalangan komunitas XBank Tangerang. Para pelaku usaha di komunitas XBank ini masih melakukan pencatatan keuangannya secara konvensional dan masih mencampur uang pribadi dengan uang opersioanal usahanya.

bank x1

Gambar 2. Pemberian Materi Oleh Narasumber dari Unpam Bapak Ahmad Nurhadi

Pemberian materi tersebut dilakukan oleh narasumber dari Unpam oleh Bapak Ahmad Nurhadi, S.E., M.M. dan juga dari pihak Komunitas XBank yang diwakilkan oleh Bapak Kiagus Riza Azhari. Kegiatan pengabdian PKM kali ini dilaksanakan lewat aplikasi meeting Zoom, dikarenakan masih dalam masa Pandemi Covid-19. Pemberian materi manajemen keuangan dan pembukuan kas oleh dosen Manajemen Universitas Pamulang dan simulasi pembelajaran pembuatan laporan keuangan dan bimbingan sampai para pengusaha tersebut benar-benar dapat berhasil pada penerapanya nanti. “Manajemen kas perlu dilakukanperusahaan untuk terus menjaga keberadaan dan keberlangsungannya. Kaslaksana darah dalam tubuh kita. Jika aliran darah terganggu, maka akan mempengaruhi kesehatan tubuh” (Jamaludin et al. 2020).

Selain pemberian materi dan simulasi, tim PKM juga mengadakan praktek dan bimbingan cara membuat laoran kas dan manajemen keuangan secara sederhana, karena para pelaku UKM saat ini sudah sepatutnya mempunyai keilmuan, keterampilan dan wawasan mengenai pencatatan laporan keuangan walau sederhana.

Tahapan PKM selanjutnya adalah melaksanakan diskusi, Tanya Jawab dan Bimbingan konsultatif dalam melakukan pengelolaan kas dan manajemen keuangan secara optimal. Solusi yang diberikan kepada mitra bimbingan bagaimana cara melakuan pengelolaan kas dan manajemen keuangan secara optimal terukur dan terstruktur, agar dapat memisahkan resiko dan pendapatan, secara rapi dan professional dalam menjalankan bisnis.bank x2

Gambar. 3 Peserta PKM dengan Aplikasi Zoom

Kegiatan PKM oleh dosen-dosen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang dapat membuahkan hasil yang positif terlihat dari antusias dan bersemangat para peserta PKM, walaupun melalui aplikasi Zoom, dalam mengikuti pemberian materi, simulasi, diskusi dan tanya jawab, sehingga para pedagang dapat langsung mempraktekkan cara memasarkan melalui media online.

Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah bertambahnya keilmuan pelaku UKM Komunitas XBank dalam melakuan pengelolaan kas dan manajemen keuangan secara optimal terukur dan terstruktur, agar dapat memisahkan resiko dan pendapatan, secara rapi dan professional.

 

Penulis : Ahmad Nurhadi, S.E., M.M. (Dosen Program Studi Manajemen S1, Universitas Pamulang)

Sumber : manajemen.unpam.ac.id