KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DOSEN PRODI SARJANA AKUNTANSI UNIVERSITAS PAMULANG “PENDAMPINGAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DENGAN TEKNIK PEMBUKUAN SEDERHANA PADA PELAKU UMKM SCALE-UP DI WILAYAH TANGERANG SELATAN”

Pandemi  Covid 19 yang sudah melanda hampir selama 9 bulan ini memberikan dampak signifikan khususnya terhadap perekonomian masyarakat. Pada sector UMKM  misalnya dimana membutuhkan upaya lebih serta  dorongan dari masyarakat sekitar guna membatu mereka untuk dapat bertahan dalam kondisi krisis seperti sekarang ini. Dosen Program Studi Sarjana Akuntansi bekerjasama dengan Rumah Pemberdayaan Masyarakat melalui  Klinik Bisnis UMKM (Scale-Up) yang meliputi tahapan pendidikan atau pelatihan, pengembangan produk, pemasaran dan permodalan serta pembinaan berkala Scale-up Bisnis. Program ini bertujuan untuk mencetak pelaku usaha yang siap berkembang menuju kelas yang lebih tinggi, mempunyai kapabilitas dalam wirausaha berbasis digital dan berdaya saing di era digital 4.0.

Sebagai bagian dari kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi maka pada hari Kamis, 26 November 2020 Dosen Program Studi Sarjana Akuntansi diantaranya adalah Dila Angraini, S.E., M.Ak., Wiwit Irawati, S.E., M.Ak., Dea Annisa, S.E., M.Ak., Zulfa Rosharlianti, S.E., M.Ak. dam Tri Utami, S.E., M.Ak. serta bantuan dari rekan-rekan Mahasiswa menyelanggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat secara online kepada pelaku UMKM di wilayah Tangerang Selatan. Sebagai sambutan awal yang disampaikan oleh ketua pelaksana yaitu Ibu Dila Angraiani, S.E., M.Ak. menyampaikan bahwa Peran usaha mikro kecil dan menengah sangat penting dalam menopang perekonomian Kota Tangerang Selatan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Koperasi dan UKM, sebagian besar UMKM di Kota Tangerang Selatan bergerak di usaha kuliner yaitu 5.462 usaha, kemudian disusul dengan usaha sembako/toko sebanyak 5.051 usaha dan jasa sebanyak 2.232 usaha. Jenis UMKM yang masih sedikit dikembangkan di Kota Tangerang Selatan adalah usaha di bidang perikanan yaitu hanya 1.089 usaha (Dinas Komunikasi dan Informatika & BPS Tang-Sel, 2019). Pada kesempatan tersebut bentuk dukungan yang diberikan oleh kami selaku Dosen Prodi Sarjana Akuntansi UNPAM  adalah dalam bentuk pendampingan dalam penyusunan laporan keuangan dengan teknik pembukuan sederhana.

Sebagai Narasumber adalah Ibu Dea Annisa, S.E., M.Ak. beliau memberikan materi pendampingan berkaitan dengan cara mudah untuk menghitung Harga Pokok Penjualan. Ditambah dengan membuat simulasi kasus yang disesuaikan dengan permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha berkaitan dengan perhitungan harga pokok penjualan dan persediaan. Materi kedua disampaikan oleh Ibu Zulfa Rosharlianti, S.E., M.Ak. yang memberikan pendampingan berkaitan dengan teknik pembukuan laporan keuangan sederhana dengan menggunakan program Ms. Excel.

Setelah pemaparan materi dan simulasi berikutnya adalah sesi tanya jawab dari peserta, bagi pelaku UMKM metode pencatatan yang dipaparkan oleh narasumber sangat tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka. Acara yang berlangsung secara online namun tetap disambut baik dan tidak mengurangi antusias oleh pelaku UMKM dalam menyimak materi yang disampaikan. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan semacam ini dapat membantu para pelaku usaha mikro untuk dapat survive dalam menghadapi masa Covid 19 dari sisi Akuntansi. Sangat penting bagi pelaku usaha untuk dapat mengetahui perhitungan biaya produksi dan harga pokok penjualan dengan tujuan untuk dapat memiliki cara dan strategi guna mencapai keuntungan atas usahanya. Sementara penyusunan laporan keuangan yang baik akan dapat memberikan gambaran kepada pelaku UMKM terkait kinerja usaha yang mereka jalankan selama ini dengan demikian diharapkan untuk kedepannya mereka mampu membuat planning untuk melakukan pengembangan bisnis dengan lebih baik.

Penulis: Tri Utami, S.E., M.Ak.

Sumber : akuntansi.unpam.ac.id