PKM 2020

PKM Unpam di Keranggan, Sosialisasikan Kasus Penghinaan Lewat Medsos

Reportase.tv, Tangsel -Telah dilaksanakannya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh Tim PKM Fakultas Hukum Universitas Pamulang. PKM dilksanakan pada tanggal 23 hingga 25 November 2020.

Kegiatan ini terselenggara secara sukses atas kerjasama antara Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pamulang dengan Kelurahan Keranggan, Kota Tangerang Selatan. Sambutan disampaikan dalam pembukaan acara kegiatan oleh Agus Muhdi, S.Ag, Lurah Keranggan Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Dadang Gandhi, SH., MH, yang merupakan Dosen Fakultas Hukum Universitas Pamulang.

Tim PKM Fakultas Hukum Universitas Pamulang dengan Ketua Candra Nur Hidayat, SH., MH, bersama dengan Dadang Gandhi, SH., MH, Dadang Sumarna, SH., MH, Ali Imron, SH., MH dan Saan, SH.,MH, sebagai para narasumber yang juga melibatkan mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Pamulang.

PKM mengangkat tema “Pemahaman Tentang Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Dalam Kasus Penghinaan dan/atau Pencemaran Nama Baik Melalui Media Sosial”.

Menurut Tim PKM bahwa Terdapat faktor-faktor yang menyebabkan pelanggaran hukum selama pandemi COVID-19 ini seperti faktor sosial, ekonomi, dan lain sebagainya. Dalam Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 sebagai mana yang telah diubah dengan Undang-undang Nomor 29 Tahun 2016 menyebutkan “Pencemaran nama baik merupakan setiap orang yang mendistribusikan atau membuat konten berisi penghinaan dan/atau pencemaran nama baik termasuk tindakan pencemaran nama baik yang pelakunya diancam dengan hukuman pidana penjara dan denda”.

Kelurahan Keranggan mempunyai luas wilayah 217 Ha dengan jumlah penduduk 6.160 jiwa. Kelurahan Babakan terdiri dari 19 RT dan 6 RW. Dengan jumlah tertinggi untuk rentang usia 36-45 tahun yaitu sekitar 847 jiwa, mengidentifikasikan besarnya penyalahgunaan sosial media yang terjadi di Kelurahan Keranggan.

Pengabdian Kepada Masyarakat yang
dilakukan oleh Tim Fakultas Hukum Universitas Pamulang di Kelurahan Keranggan
dilakukan melalui penyuluhan hukum dengan materi :

1) Pemahaman tentang Undang-Undang Nomor 29 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

2) Pemahaman kepada masyarakat bentuk-bentuk perlindungan hukum terhadap korban dalam kasus pencemaran nama baik melalui sosial media.

3) Pemahaman kepada masyarakat mengenai penggunaan sosial media yang baik.

Sumber : reportase.tv