PKM 2020 UNPAM MENGABDI

KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT “MENINGKATKAN PERAN IBU RUMAH TANGGA DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DI KELURAHAN PONDOK BENDA TANGERANG SELATAN”

Foto Kantor Kelurahan Pondok Benda

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu kewajiban dari tri dharma perguruan tinggi, maka dari itu melakukan PKM merupakan suatu keharusan bagi Dosen melakukan PKM minimal satu kali kegiatan dalam satu semester. Dengan demikian, pada kesempatan ini Tim Dosen Prodi Manajemen Unpam melakukan PKM pada Kelurahan Pondok Benda dengan sasarannya adalah Ibu Rumah Tangga  Kelurahan Pondok Benda. Adapun tema yang diangkat adalah “Meningkatkan Peran Ibu Rumah Tangga Dalam Pengelolaan Keuangan Di Kelurahan Pondok Benda, Tangerang Selatan”.

4

Foto Tim PKM

Ketua Pelaksana kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat beserta Anggota yang juga merangkap sebagai Narasumber, yaitu Bulan Oktrima, S.Si., M.M., Dr. Muliahadi Tumanggor, S.Pd., M.M., Veta Lidya Delimah Pasaribu, S.E., M.M., Arief Rahman Akbar, S.Pd., M.M., dan Ita Darsita, S.E., M.M. kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Ketua PKM dan dilanjutkan dengan penyampaian penyampaian materi mengenai laporan keuangan, dan cara meningkatkan Peran Ibu Rumah Tangga Dalam Pengelolaan Keuangan Di Kelurahan Pondok Benda.

Komponen utama dari masyarakat adalah keluarga yaitu tempat yang nyaman bagi para anggota untuk hidup, beraktifitas dan mencapai kesejahteraan. Peran seorang ibu dalam keluarga sangat penting, terutama untuk mengelola keuangan. Masalah utama yang sering terjadi dalam tata kelola keuangan keluarga, yaitu tidak ada perencanaan kas, penghasilan selalu habis untuk dibelanjakan, minimnya pengetahuan dan keterampilan manajemen keuangan keluarga.

Banyak orang beranggapan bahwa Manajemen keuangan keluarga merupakan salah satu bidang yang rumit. Sebenarnya manajemen keuangan keluarga tidaklah rumit seperti yang dibayangkan banyak orang, khususnya ibu-ibu yang sering di daulat sebagai manajer keuangan keluarga. Untuk menjadi manajer keuangan keluarga yang cerdas dan bijak, tidaklah harus menjadi seorang ahli keuangan.

Manajemen keuangan keluarga memang membutuhkan pengetahuan dan kearifan dalam menjalankannya. Kebanyakan orang yang merasa terintimidasi dengan masalah ini, malah mengabaikannya. Persoalaan ini harusnya menjadi prioritas keluarga karena banyak sekali masalah timbul karena kurang bijaknya manajer keuangan keluarga dalam mengelola dan mengatur keuangannya. Sebagai seorang manajer keuangan keluarga, ada beberapa aspek yang perlu ditangani yaitu: Membuat dan meninjau secara perisodik prioritas keuangan keluarga, Mengelola pendapatan yang terbatas secara bijakMenghitung kebutuhan proteksi serta menginvestasikan dana dalam bentuk investasi yang sesuai, Menentukan sebuah rencana pension, Mempersiapkan dana pendidikan untuk anak-anak, Belanja dengan bijak, Mengajarkan anak-anak mengenai keuangan.

Kegiatan ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan manajemen keuangan dan pengelolaan kas, dan 2) meningkatkan peran ibu rumah tangga dalam pengelolaan keuangan.

7

Foto Spanduk PKM

Supaya PKM ini tepat sasaran, maka perlu diperhatikan metode pelaksanaan PKM. Adapun metode pelaksanaan PKM ini adalah dengan cara: 1. Metode Ceramah / Presentasi, 2. Metode Tanya Jawab. 3. Sharing Session. Tentang Pengelolaan keuangan untuk Ibu Rumah Tangga.

Berdasarkan wawancara, tanya jawab dan pengamatan langsung selama kegiatan berlangsung, kegiatan pengabdian pada masyarakat ini memberikan hasil sebagai berikut :

  1. Memberikan pengetahuan kepada Ibu-Ibu Rumah Tangga di kelurahan Pondok Benda mengenai peran nya sebagai Ibu Rumah Tangga.
  2. Memberikan pengetahuan kepada Ibu-Ibu Rumah Tangga di kelurahan Pondok Benda mengenai Manajemen Keuangan.
  3. Memberikan gambaran dan pengetahuan kepada Ibu-Ibu Rumah Tangga di kelurahan Pondok Benda dalam pengelolaan keuangan keluarga.

Beberapa faktor yang mendukung terlaksananya kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah besarnya minat dan antusiasme peserta selama kegiatan, sehingga kegiatan berlangsung dengan lancar dan efektif. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu pelatihan dan fasilitas peralatan yang masih minim.

5

Foto Pemberian Materi

6

Foto Peserta PKM

Dalam pelaksanaan PKM ini sambutan hangat dari peserta yang mengikuti kegiatan ini dengan tenang dan tetap melaksanakan serta menjalankan protokol kesehatan. Harapan kami dengan PKM ini dapat merangkul Ibu-Ibu Rumah Tangga di kelurahan pondok benda dalam mengikuti kegiatan dapat Mengelola Keuangan Keluarga dan meningkatkan perannya sebagai Ibu rumah Tangga.

Penulis: Bulan Oktrima, S.Si., M.M. (Dosen Program Studi Manajemen S1, Universitas Pamulang)

Sumber : manajemen.unpam.ac.id