PKM 2020 UNPAM MENGABDI

KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT “MANAJEMEN KREATIVITAS UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS MASYARAKAT KELURAHAN PONDOK BENDA”

Foto tim PKM

Salah satu modal untuk melakukan inovasi adalah adanya kreativitas. Keterkaitan antara keduanya yaitu kreativitas merupakan pengembangan ide-ide baru sedangkan inovasi adalah proses penerapan ide-ide tersebut secara aktual ke dalam praktek. Kreativitas merupakan interaksi antara potensi individu dengan lingkungan. Agar kreativitas berkembang di organisasi maka ada beberapa upaya yang dilakukan yaitu curah pendapat di dalam tim/kelompok kerja, gaya kepemimpinan yang mendorong kreativitas meliputi pengampilan keputusan partisipati, kepemimpinan transformasional, high exchange dan mengmbangkan kultur kreatif.

Supaya PKM ini tepat sasaran, maka perlu diperhatikan metode pelaksanaan PKM. Adapun metode pelaksanaan PKM ini adalah dengan cara: 1. Metode Ceramah / Presentasi, 2. Metode Tanya Jawab. 3. Sharing Session. Tentang Manajemen kreatifitas untuk meningkatkan produktivitas masyarakat kelurahan Pondok Benda.

Sharing session ini diberikan kepada para peserta guna mendorong membimbing masyarakat setempat kelurahan pondok benda. Adapun hasil dari PKM ini dievaluasi berdasarkan taraf penyelesaian materi pelatihan, dan selanjutnya tim kegiatan PKM akan melakukan evaluasi tersebut dengan mengamati dan memeriksa metode pelaksanaan yang sudah dirancang dan yang telah diberikan kepada masyarakat di kelurahan Pondok Benda sebagai peserta

 

2

Foto Narasumber

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diawali dengan sambutan dari Ketua PKM yaitu Dr. Muliahadi Tumanggor, S.Pd., M.M. penyampaian materi mengenai Manajemen Kreativitas dalam perekonomian dan menigkatkan produktivitas oleh Eti Ariyanti, S.H., M.M. beserta narasumber lainnya yaitu, Drs. Waluyo Jati., M.M., Gitayana Amalia, S.H., M.H., dan Rino Dedi Aringga, S.Pd., M.H.

3

Foto Peserta PKM

Dalam pelaksanaan PKM ini sambutan hangat dari peserta yang mengikuti kegiatan ini dengan tenang dan tetap melaksanakan serta menjalankan protokol kesehatan. Harapan kami dengan PKM ini dapat merangkul masyarakat kelurahan pondok benda dalam mengikuti kegiatan dapat meningkatkan kreativitas sehingga produktivitas masyarakat pun meningkat.

Penulis : Dr. Muliahadi Tumanggor, S.Pd., M.M. (Dosen Program Studi Manajemen S1, Universitas Pamulang)

Sumber : manajemen.unpam.ac.id