KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

PKM Dosen Prodi Manajemen UNPAM, Tema ““Pengelolaan Keuangan dan Pengkaderan Staf yang Baik pada UMKM Mitra Koperasi Maestro, Pamulang”

Gambar 1: Foto Bersama Tim PKM dan Mahasiswa

Pada Hari Sabtu sampai Minggu Tanggal 17 Oktober sampai 18 Oktober 2020, dosen-dosen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang melakukan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berlokasi di Koperasi Maestro, Pamulang. Program PKM ini bertemakan “Pengelolaan Keuangan dan pengkaderan Staf yang Baik pada UMKM Mitra Koperasi Maestro, Pamulang”. Dosen-dosen yang terlibat dalam PKM ini diantaranya Siti Nur’aidawati, S. Sos, M.M, Yhonanda Harsono, S.Si, M.M, Ir. Adji Widodo, M. M, Chotamul Fajri, S. T, M. M dan Drs. H. Buchari E. Satiaputra, M. M. Dalam pelaksanaannya Tim PKM ini bermitra dengan Pengurus UMKM Mitra Koperasi Maestro, Pamulang.

Berdasarkan survey awal yang telah dilakukan dengan koperasi Maestro di Kantor Koperasi Yayasan Komunitas Maestro 2012 di Komplek permata Pamulang, Ruko Blok I-2 No. 13, Kec. Setu Kota Tangerang Selatan 15315, kemampuan para pengelola koperasi (pengurus, dan staf) dalam bidang manajemen sudah baik, namun dalam administrasi keuangan relatif rendah, serta para pengurus dan staf koperasi kurang memahami apa itu SAK ETAP ini mengakibatkan kurang baiknya laporan keuangan yang dihasilkan. Berbagai usaha telah dilakukan oleh pihak yang terkait termasuk pemerintah dalam hal ini Dinas Koperasi dengan melakukan serangkaian kegiatan pelatihan dalam bidang akuntansi dan keuangan. Pelatihan tersebut bertujuan agar pengelola koperasi mampu menyusun sendiri laporan keuangan koperasinya dan menggunakan laporan keuangan tersebut dalam pengambilan keputusan bisnis koperasinya. Walaupun staf pembukuan sudah memperoleh berbagai pelatihan akuntansi secara teoritis, namun dalam penerapannya mereka sering menemukan kesulitan. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya tingkat pendidikan staf keuangan koperasi yang relatif rendah, tidak didukungnya pengetahuan akan sistem akuntansi keuangan yang memadai dengan tanpa memperhatikan aturan pembukuan laporan keuangan secara sistematis dan sesuai standar yang berlaku. Dari latar belakang diatas maka kami melakukan program Pengabdian Kepada Masyarakat dengan memberikan penyuluhan dan sharing ilmu kepada para pengurus dan anggota UMKM Mitra Koperasi Maestro, Pamulang.

WhatsApp Image 2020-12-17 at 20.19.16 (1)

Gambar 2: Foto Saat Pelaksanaan PKM Berlangsung

Program PKM ini disambut antusias oleh anggota Koperasi Maestro, Pamulang yang terlihat dari jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan ini termasuk struktur kepengurusan Koperasi Maestro dan beberapa tokoh masyarakat. Pada kesempatan ini juga dilakukan pemberian cindera mata sebagai kenang-kenangan dalam rangka mempererat tali silaturahmi kepada para pengurus dan anggota UMKM Koperasi Maestro yang diwakili oleh Ketua Pengurus Koperasi Maestro yaitu H. Adang serta memberikan apresiasi dan terima kasihnya atas kontribusi dosen-dosen Prodi Manajemen UNPAM yang telah memberikan penyuluhan dan sharing ilmu kepada anggota dan pengurus Koperasi Maestro. Beliau berharap kedepannya kerjasama ini bisa dilanjutkan dan ditingkatkan sehingga dapat mempererat tali silaturahim.

Sumber : manajemen.unpam.ac.id