KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Pengabdian Kepada Masyarakat: Berbagi Ilmu dan Pengalaman di Rumah Yatim Piatu Al Amien Ciater Kota Tangerang Selatan

Gambar 1: Foto Bersama Tim PKM, Santri dan Pengurus Rumah Yatim dan Dhuafa

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat merupakan pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung pada masyarakat sebagai penyebaran Tri Dharma Perguruan Tinggi serta tanggung jawab yang luhur dalam usaha mengembangkan kemampuan masyarakat, sehingga dapat mempercepat laju pertumbuhan tercapainya tujuan pembangunan nasional. Pengabdian kepada masyarakat adalah suatu gerakan proses pemberdayaan diri untuk kepentingan masyarakat baik dari dosen maupun mahasiswa dalam mengimplementasikan apa yang sudah di dapat di kampus.

WhatsApp Image 2020-11-17 at 08.38.03

Gambar 2: Penyampaian Materi Saat PKM

Pengabdian masyarakat seharusnya bersifat kontinual dan jangka panjang karena dalam membangun sebuah masyarakat dibutuhkan proses yang panjang. Ada aspek yang harus disentuh untuk menjadikan suatu masyarakat itu baik. Dalam Undang-Undang Tentang Guru dan Dosen Pasal 1 ayat 2 Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

WhatsApp Image 2020-11-17 at 08.39.05 (1)

Gambar 3: Suasana Anak Yatim Saat Acara PKM 

Selain mengajar dan mendidik para mahasiswa, seorang dosen juga dituntut untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi seperti: Mengajar, Meneliti dan Mengabdi Kepada Masyarakat. Tepat pada 15 November 2020, Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan Prodi Manajemen Universitas Pamulang adalah dengan tema Pelatihan Pemahaman Pentingnya Pengelolaan Sumber Daya Manusia untuk Berwirausaha Pada Rumah Yatim Piatu Al Amien Ciater Kota Tangerang Selatan. Pengabdian kepada masyarakat ini diikat dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) selama 3 tahun. Harapan kedepannya bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat memberikan hasil yang signifikan kepada Rumah Yatim Piatu Al Amien. Adapun kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diketuai oleh Eko Sudarso dengan dibantu oleh anggotanya antara lain: Moh. Jazuli, Budhi Prabowo, Rio Setiawan dan Whina Ratnawati.

WhatsApp Image 2020-11-17 at 08.39.05

Gambar 4: Foto Saat Penyerahan PKS antara Kedua Mitra

Dengan adanya PKM yang berkelanjutan, diharapkan lebih meningkatnya kesadaran masyarakat akan tujuan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai dosen dan mahasiswa serta pentingnya nilai kemanusiaan untuk saling berbagi dengan sesama manusia ciptaan Tuhan.

Penulis : Budhi Prabowo (Dosen Program Studi Manajemen Universitas Pamulang)

Sumber : manajemen.unpam.ac.id