PKM 2020 UNPAM MENGABDI

PKM Dosen Prodi Manajemen UNPAM Tema ““Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Nelayan Melalui Manajemen SDM Yang Tertata, Terkoordinasi Dan Memanfaatkan Wisata Pada Kelurahan Pulau Pari Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan”

Gambar 1: Foto Bersama Tim PKM dan Peserta PKM

Pada Hari Sabtu sampai Senin Tanggal 14 November sampai 16 November 2020, dosen-dosen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang melakukan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berlokasi di Kelurahan Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Program PKM ini bertemakan “Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Nelayan Melalui Manajemen SDM Yang Tertata, Terkoordinasi Dan Memanfaatkan Wisata Pada Kelurahan Pulau Pari Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan”. Dosen-dosen yang terlibat dalam PKM ini diantaranya Yhonanda Harsono, S.Si, M.M, Santi Octavianti, S. Hut,M.M, Dewi Lestari, S. Sos, M.M, Ir. Muhammad Mansyur, M.M dan Drs. Heri Priyanto,MM. Dalam pelaksanaannya Tim PKM ini bermitra dengan Pengurus RT Pulau Pari Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

Berdasarkan analisis yang terjadi dilingkungan mitra seperti produktivitas nelayan kelurahan Pulau Pari kecamatan kepulauan seribu selatan yang masih belum maksimal, belum terampilnya nelayan kelurahan Pulau Pari dalam pengelolaan hasil tangkapan ikan dengan baik (seperti frozen food, fariasi makanan dll.) dan masih kurangnya nelayan kelurahan Pulau Pari dalam pengelolaaan Sumber Daya Manusia. Untuk alasan inilah PKM dilakukan agar pengembangan SDM ini tidak hanya terbatas pada tugas tertentu, tetapi bertujuan untuk meningkatkan kepribadian dan sikap mereka untuk pertumbuhan menyeluruh yang akan membantu mereka menghadapi tantangan di masa depan serta mengubah pola pikir masyarakat dan membuat mereka lebih menantang atau bersaing.

WhatsApp Image 2020-12-09 at 21.12.42

Gambar 2: Foto Saat PKM Berlangsung

Program PKM ini disambut antusias oleh warga Pulau Pari yang terlihat dari jumlah warga yang hadir dalam kegiatan ini termasuk struktur kepengurusan RT dan beberapa tokoh masyarakat. Pada kesempatan ini juga dilakukan pemberian cindera mata sebagai kenang-kenangan dan dalam rangka mempererat tali silaturahmi kepada masyarakat Pulau Pari. Pengurus RT yang diwakili oleh Ketua RT, memberikan apresiasi dan terima kasihnya atas kontribusi dosen-dosen Prodi Manajemen UNPAM bagi warganya yang telah memberikan penyuluhan dan sharing ilmu kepada masyarakat Pulau Pari. Beliau berharap kedepan kerjasama ini bisa dilanjutkan dan ditingkatkan.

Sumber : manajemen.unpam.ac.id