KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

PKM PRODI MANAJEMEN S-1 UNIVERSITAS PAMULANG DENGAN TEMA “PELATIHAN DECOUPACE UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS DAN MENINGKATKAN PENDAPATAN WARGA BENDA BARU DIMASA PANDEMI”

Tangsel, UNPAM. Bertempat di Aula Masjid At-Taqwa 5 Benda Baru Pamulang pada tanggal 14-15 November 2020, Dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang bersama Mahasiswa melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, sebagai salah satu bentuk  kegitan Tri Darma Perguruan Tinggi. Kegiatan PKM ini didukung oleh Lembaga  Pemberdayaan Masyarakat (LPM)  Benda Baru  dengan tema “Pelatihan Decoupage Untuk Mengembangkan Kreativitas Dan Meningkatkan Pendapatan Warga Benda Baru Dimasa Pandemi”.

Sejak awal dimulainya pelatihan ini antusias dari warga sudah nampak terlihat jelas, lebih dari 30 peserta yang sebagian besar warga merupakan anggota PKK dan bank sampah dari RW 06,  RW 10, dan RW 12 Benda Baru. Pelatihan ini dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan  Covid-19, dengan tetap menjaga dan memperhatikan 3 M, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, tersedianya masker dan handsanitaizer serta didukung dengan fasilitas ruang aula yang dapat menampung lebih dari 50 orang peserta. Ruang pelatihan ini didesain sedemikian rupa  sehingga setiap peserta dapat menjaga jarak dengan peserta lainnya.

Kegiatan PKM ini diprakarsai oleh Ketua LPM Benda Baru Pamulang Selatan yaitu Bapak Sukendro Widiatmoko S.AP  dan Dosen-dosen Universitas Pamulang  antara lain: Retno Wulansari S.E., M.M., selaku ketua PKM,  Jeni Andriani SS., S.E., M.M  selaku pelatih decoupage, Ir.Maswarni, M.M sebagai narasumber, Fitri Sabina,S.Pd., M.Pd.,  sebagai MC, Nopi Oktavianti, S.E., M.M sebagai moderator, dan dibantu oleh  Nursusilawati , Karmila M, mahasiswa Universitas Pamulang, dan salah satunya adalah penyandang disabilitas.

Kegiatan acara tersusun dengan urutan yang menyesuaikan dengan kebutuhan para peserta, dari hasil diskusi pendahuluan dengan ketua LPM Benda Baru. Pembukaan yang disampaikan oleh ketua LPM bapak Sukendro Widiatmoko S.AP dengan paparan tujuan dilaksanakanya pengabdian masyarakat yang merupakan permintaan dari warga Benda Baru untuk membantu warganya yang sedang mengalami kesulitan ekonomi dimasa pandemi seperti sekarang. Sejalan dengan partisipasi aktif dari unsur PKK dan Tim Kebersihan/Bank Sampah, menjadikan warga benda baru lebih kreatif dan ber-inovasi untuk produk–produk yang dihasilkan sebagai aktivitas peningkatan perekonomian.

jeni2

Gambar 2: Penyerahan Plakat

Oleh karena itu ketika tercetus ide untuk  bekerja sama antara dosen UNPAM dengan  LPM Benda Baru,  warga  sangat termotivasi untuk mengikuti pelatihan kerajinan decoupage yang merupakan pengetahuan baru untuk mereka .

Acara selanjutnya sambutan yang disampaikan oleh ketua PKM UNPAM  Ibu Retno Wulansari S.E., M.M dengan  inti dari kegiatan PKM ini untuk memberikan solusi kepada warga untuk menambah wawasan dan keterampilan serta lebih kreatif dan berinovatif dalam menciptakan sesuatu yang baru, memberi nilai tambah (value) dan nilai jual, baik  pada produk yang sudah ada maupun sesuatu ide yang baru diperoleh, seperti halnya kerajinan decoupage yang mampu memberikan nilai tambah dari sekedar anyaman  sederhana yang diaplikasikan dengan kreativitas seni sehingga memiliki nilai seni dan jual yang tinggi. Kreatifitas kerajinan decoupage dapat diaplikasikan pada berbagai media, kreatifitas dapat membidik sasaran dan kebutuhan saat ini, misalnya masker kain, dengan corak bunga, batik Tangsel, akan memberikan nilai seni dan jual. Hingga akhirnya diharapkan kegiatan ini dapat berlangsung secara kesinambungan yang akan membentuk jaringan UMKM diwilayah Kelurahan Benda Baru  dan dapat tercipta ekonomi kreatif, ekonomi mandiri masyarkat dimasa depan. Hal ini sesuai dengan visi misi dari LPM Benda Baru yang dituangkan dalam bentuk perjanjian  kerja sama antara Universitas Pamulang dengan Lembaga Pemberdayaan  Masyarakat (LPM) dengan No. 041033/IA-2020-1168.

jeni3

Gambar 3: Penyerahan Plakat

Selanjutnya paparan materi yang disampaikan oleh narasumber yaitu ibu Ir. Maswarni, M.M yang  dimoderatori oleh ibu Nopi Oktavianti, S.E., M.M  menjelaskan  kepada warga  apa dan bagaimana cara warga mengembangkan kreativitas  dalam berkarya untuk menghasilkan seni dari tangan–tangan terampil yang terlatih, kemudian dilanjutkan dengan langkah–langkah pembuatan seni decoupage dengan media masker (kain). Kerajinan yang berasal dari Prancis ini adalah sebuah seni melapis barang dengan menggunakan tisu import dengan berbagai media yaitu cluth pandan, gantungan kunci, tatakan gelas, kaleng mini, kotak perhiasan, jam kayu, telenan kayu, hiasan dinding, gelas kaca , botol, stoples ,piring , tas kain, dan kanvas lukis.  Setelah sesi materi selesai ibu Fitri Sabina ,S.Pd., M.Pd., selaku MC memberikan kesempatan kepada peserta pelatihan untuk sharing tentang kreativitas dari berbagai macam usaha yang mereka tekuni salah satunya dari kelompok Kebersihan/Bank sampah, mereka menyampaikan produk hasil olahan sampah dari barang yang tidak berguna  dan salah satu masalah masyarakat menjadi sesautu yang berguna dan kembali  bermanfaat bagi  masyarakat , unsur Tim Kebersihan/Bank Sampah Benda Baru pun mengusulkan kerjasama dengan dosen-dosen unpam atau lainnya dalam bentuk pemasaran .

jenu

Gambar 4: Hasil Produk dan Media PKM

Menarik kesimpulan dari hasil sharing seluruh peserta pelatihan baik warga Benda Baru maupun dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang lebih lanjut membahas tentang masalah dan kebutuhan pengembangan usaha melalui kreativitas dan inovasi untuk kemajuan produk-produk warga yang telah diproduksi .

jenu2

Gambar 5: Suasana Saat PKM Berlangsung

 Kegiatan inti yaitu pelatihan pembuatan decoupage yang dipimpin oleh ibu Jeni Andriani S.S., S.E., M.M yang diikuti oleh seluruh peserta pelatihan dengan pendampingan dua mahasiswa Universitas Pamulang yaitu Nur Susilawati dan Karmila M berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Bahan-bahan yang disediakan untuk kerajinan decoupage ini antara lain, masker, tissue decoupage, lem decoupage, kuas dan gunting. Hasil kreativitas peserta pelatihan decoupage yang dibubuhkan dalam masker sangat rapi dan cantik. Pelatihan ini membuat beberapa peserta ingin memperdalam ilmu kreasi decoupage untuk menambah  penghasilan perekonomian mereka

Sumber : manajemen.unpam.ac.id