PKM 2020 UNPAM MENGABDI

KEGIATAN PKM DOSEN DALAM “SOSIALISASI PENERAPAN ISAK 35 DALAM PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN KEPADA PENGURUS MASJID AL-AULIA, PEKALONGAN”

Kepedulian Lembaga Perguruan Tinggi kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan merupakan salah satu tujuan dari konsepsi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Untuk merealisasikan konsepsi tersebut, diperlukan suatu kegiatan nyata dengan melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada pengurus pembangunan masjid Al-Aulia mengenai beberapa topik yang dianggap bermanfaat untuk pengurus Masjid Al-Aulia.

tb3

Sistem informasi akuntansi merupakan dasar untuk perencanaan dan pengendalian dirasakan penting untuk pembangunan Masjid Al-Aulia agar pengurus masjid dapat mengetahui proses pembangunan Masjid, baik jangka pendek ataupuna jangka panjang. Selain itu masih belum tersedianya pedoman pelaksana operasional dalam bentuk diagram arus data atau flowchart serta Standard Operational Procedure (SOP) sehingga pelaksanaan operasional kegiatan penerimaan dana dan penggunaan dana dalam pembangunan masjid dapat berdampak positif untuk pembangunan Masjid Al-Aulia. Rencana renovasi Masjid Al-Aulia yang membutuhkan dana yang cukup besar dan membutuhkan penghimpunan dana dari masyarakat sebagai donator ini menyebabkan perlunya penyusunan laporan keuangan yang transparan dan akuntabel sebagai perwujudan tanggung jawab dalam pengelolaan dana dan menjaga kepercayaan dari para donatur. Dengan disahkannya PPSAK 13, maka PSAK 45 sebagai pedoman penyusunan laporan keuangan bagi organisasi nirlaba dihapuskan, dan digantikan dengan ISAK 35 sebagai dasar penyusunan laporan keuangan. Berdasarkan perubahan tersebut, maka perlu dilakukan sosialisasi penerapan ISAK 35 dalam penyajian laporan keuangan Masjid Al-Aulia bagi pengurus Masjid.

tb2

Sehubungan dengan kondisi yang diutarakan di atas, maka pada tanggal 8 November 2020, kami selaku dosen S-1 Akuntansi Universitas Pamulang, berinisiatif melakukan sosialisasi kepada pengurus masjid Al-Aulia dengan topik “SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (FLOW CHART) DALAM PEMBAGUNAN DI MASJID AL- AULIA” dan juga sebagai pemenuhan kewajiban kami dalam pelasksanaan tri dharma perguruan tinggi. Adapun sesi kedua dilaksanakan pada tanggal 13 November 2020 dengan tema “SOSIALISASI PENERAPAN ISAK 35 DALAM PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN KEPADA PENGURUS MASJID AL-AULIA, PEKALONGAN” juga dilakukan sebagai pelengkap kegiatan sosialisasi yang dilakukan.

Kegiatan PKM ini sendiri dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat, bertempat di Pangeran Antasari, Jakarta Selatan. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini diterima dengan baik oleh wakil ketua panitia pembangunan masjid Al Aulia (Bapak Hidayat Zulkarnaen), Adapun perwakilan dosen universitas pamulang yang dapat menghadiri langsung acara tersebut yakni Julian Muhammad Hasan, S.Sos.,M.A., Liana Dwi Septiningrum, S.E., M.M., Tubagus Arya Abdurachman, S.E., M.Si., Ahmad Ridho Fachrizal Chaery, S.E., M.Ak.,Ayumi Rahma, S.E., M.Akt., dan Jaenal Abidin, S.Pd. M.Akt serta teman-teman dosen lain yang ikut serta dalam kegiatan ini dalam sambungan aplikasi zoom yaitu Achmad Luthfi Prawirayudha, S.H., M.H. Erick Agustinus, S.E., M.M., Nani Mulyani, S.Kom., M.M., dan Budi Tri Santoso, S.E., M.Akt., hal ini sengaja dilakukan untuk mencegah kerumunan demi mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Acara ini berjalan dengan lancar, dengan output berupa flowchart yang dibuat dan diserahkan kepada pengurus masjid Al-Aulia serta tambahan sosialisasi mengenai topik ISAK 35 yang diberikan kepada pengurus masjid diharapkan dapat membantu mengatasi kondisi yang sedang dihadapi oleh pengurus masjid dalam pembangunan masjid Al-Aulia dan pengelolaan jangka panjang. Pengurus masjid Al-Aulia merasa cukup terbantu dengan kegiatan ini.  Dengan beberapa topik yang berbeda, memungkinkan ke depannya bisa dilakukan kegiatan lanjutan Pengabdian kepada Masyarakat untuk pengurus Masjid Al-Aulia jika dikehendaki.

Penulis: Tubagus Arya Abdurachman, S.E., M.Si

Sumber : akuntansi.unpam.ac.id