KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Kegiatan PKM Dosen Dalam “Strategi Laporan keuangan UMKM Tangerang Selatan dengan SiApik”

Pengabdian Kepada Masyarajat (PKM) merupakan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan oleh para dosen.

UMKM merupakan tempat yang tepat untuk para dosen berbagi ilmu, pengalaman serta strategi dalam kegiatan yang ada di UMKM salah satunya yang dilakukan oleh dosen program studi sarjana akuntansi adalah melakukan kerjasama dengan Rumah Pemberdaya Masyarakat (RPM) yang di ketuai oleh Bapak Husen.

RPM ini mempunyai anggota UMKM se Tangerang selatan yang dimana UMKM tersebut memiliki banyak kebutuhan kebutuhan salah satunya adalah “penyusun laporan keuangan” ,

Dalam kelompok ini, kami di ketuai ibu Aris Sanulika, S.E., M.Ak. dan beranggota tiga orang yaitu ibu Wahyu Nurul Hidayati, S.E., Ak., M.Ak., Ibu Ambarwati, S.E., M.Si. dan Bapak Tri Agung Tofiq, S.E., M.Ak. menyungsung tema “Strategi Laporan keuangan UMKM Tangerang Selatan dengan SiApik”.

Kami mengungsung tema ini dikarenakan ada beberapa anggota RPM yang membutuhkan penyusunan laporan keuangan, pencatatannya selama ini belum rapih yang dimana UMKM belum bisa melihat laba atau rugi real sebenarnya. PKM ini dilakukan dengan cara by zoom dikarenakan kita masih menjaga dan meminimalisir tingkat penularan covid-19.

Di dalam anggota UMKM yang kami pegang adalah usaha penjualan makanan herbal, seperti madu, kurma, habbatussauda dll. Beberapa yang kami sampaikan dalam pertemuan zoom tersebut memastikan peserta UMKM memahami materi yang kami berikan, PKM ini dilaksanakannya selama enam hari yaitu dimulai tgl 1 November 2020 – 6 November 2020, tenggang waktu yang ada di berikan  peserta untuk bertanya, dan memahami apa yang blm mereka mengerti. Dimulai adanya koordinasi dengan Bapak Husen (ketua RPM) dan selanjutnya pertemuan langsung dengan anggota UMKM nya.

Semoga apa yang kami berikan dapat bermanfaat untuk para UMKM Tangerang Selatan tentunya dalam penyusunan laporan keuangan

Penulis: Wahyu Nurul Hidayati, S.E., Ak., M.Ak.

Sumber : akuntansi.unpam.ac.id