KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

PKM Dosen Prodi Manajemen, Universitas Pamulang dengan Tema “Pentingnya Manajemen Keuangan Keluarga Pada Ibu PKK Kelurahan Pondok Benda Guna Meminimalisir Pengeluaran Dan Animo Menabung Ditengah Pandemi Covid-19”

Tangerang Selatan (UNPAM) – Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu darma dari tri dharma perguruan tinggi, maka dari itu melakukan PKM merupakan suatu keharusan bagi Dosen minimal 1 kali dalam satu semester. Dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang bersama mahasiswa bekerjasama dengan Kantor Kelurahan Pondok Benda melaksanakan  Pengabdian kepada masyarakat di Aula Kantor Kelurahan tanggal 29-31 Oktober 2020. Dalam kegiatan PKM ini para dosen dan mahasiswa berupaya memberikan pemahaman tentang Pentingnya Manajemen Keuangan Keluarga  Pada Ibu PKK Kelurahan Pondok Benda Guna Meminimalisir Pengeluaran Dan Animo Menabung Ditengah Pandemi Covid-19. Kegiatan ini di khususkan pada Ibu PKK Kelurahan Pondok Benda. Adapun tujuan dari kegiatan PKM ini adalah untuk mengetahui manajemen keuangan keluarga dengan baik dan benar ditengah pandemic Covid-19, untuk mengetahui cara meminimalisir pengeluaran keuangan keluarga secara efektif ditengah pandemic Covid-19, dan untuk menumbuhkan minat menabung bagi Ibu PKK ditengah pandemic Covid-19.

Kegiatan ini disambut baik oleh pegawai kelurahan dan Ibu PKK Pondok benda. Acara ini diketuai oleh Bapak Jamaludin, S.E.I., M..Ec.Dev., selaku Dosen Universitas Pamulang dengan Narasumber Ibu Selby Vibry, S.E., M.M, Bapak Sairin, S.E., M.M., dan Ibu Bulan Oktrima, S.S., M.M. dengan moderator oleh Ibu Gina Fauziah, S.Sos., M.M. serta dihadiri oleh mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Pamulang.

WhatsApp Image 2020-11-06 at 14.13.27

Gambar 2: Sambutan Ketua Pelaksana Saat PKM berlangsung

Adapun kesimpulan dari beberapa materi yang disampaikan oleh pemateri bahwa manajemen keuangan keluarga memang membutuhkan pengetahuan dan kearifan dalam menjalankannya. Kebanyakan orang yang merasa terintimidasi dengan masalah ini, malah mengabaikannya. Persoalaan ini harusnya menjadi prioritas keluarga karena banyak sekali masalah timbul karena kurang bijaknya manajer keuangan keluarga dalam mengelola dan mengatur keuangannya. Sebagai seorang manajer keuangan keluarga, ada beberapa aspek yang perlu ditangani yaitu: Membuat dan meninjau secara perisodik prioritas keuangan keluarga, Mengelola pendapatan yang terbatas secara bijak menghitung kebutuhan proteksi serta menginvestasikan dana dalam bentuk investasi yang sesuai, Menentukan sebuah rencana pension, Mempersiapkan dana pendidikan untuk anak-anak, Belanja dengan bijak, Mengajarkan anak-anak mengenai keuangan. Ini merupakan hal-hal dasar yang sebaiknya dipikirkan dan direncanakan oleh keluarga melalui seorang manajer keuangan keluarga, bisa ibu atau bapak atau keduanya. Keuangan keluarga pasti akan dihadapi dengan berbagai hambatan baik kecil maupun besar.

WhatsApp Image 2020-11-06 at 09.27.13

Gambar 3: Suasana Saat PKM Berlangsung

Selanjutnya yang harus dilakukan oleh kita dalam mememenej keuangan keluarga selama pandemic covid-19 adalah minimal kita harus melakukan hal seperti: Pertama; Tinjau anggaran dan pengeluaran harian Anda, Kedua; Kurangi pengeluaran yang tidak perluKetigaLakukan transaksi Anda secara digital. Keempat:  Tinjau asuransi kesehatan Anda, Kelima; Catat pengeluaran, Keenam; Tetapkan tujuan penghematandan ketujuh; Tentukan prioritas.

WhatsApp Image 2020-11-06 at 10.31.55

Gambar 4: Foto Bersamaa Tim PKM dan Mahasiswa

Akhirnya, acara PKM in berjalan dengan lancar dan pihak Kelurahan, Ibu PKK Kelurahan Pondoh Benda sangat mengharapkan bahwa kegiatan ini harus terus berlanjut dan tidak berhenti sampai di sini saja. Karena dimasa pandemi ini memang butuh suntikan semangat yang lebih supaya tetap menebarkan aura positif dalam menghadapi pandemi covid-19 ini.

Penulis : Jamaludin, S.E.I., M.Ec.Dev. (Dosen Prodi Manajemen, Universitas Pamulang)

Sumber : manajemen.unpam.ac.id