KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2020

Membangun Kemandirian Dan Penanaman Nilai-Nilai Kewirausahaan, Dosen Unpam Bersama Smk Mitra Bhakti Husada Adakan Pkm Secara Virtual

Pengangguran di Indonesia terus mengalami kenaikan, menurut data dari badan pusat statistik (2020), salah satunya karena dampak pandemi corona, sehingga pendapatan  masyarakat menurun. Permasalahan pengangguran juga disebabkan oleh berbagai faktor, terutama peluang kesempatan kerja. Dari data BPS.go.id bahwa faktor pendidikan dari tahun 2018 hingga tahun 2020 bahwa pengangguran tertinggi adalah pada tingkat SMA/SMK. Tuntutan kompetensi dan kompetisi sudah tidak dapat dihindari dimana lapangan pekerjaan semakin sempit.

Merespon fakta tersebut, Dosen Universitas Pamulang mengadakan pengabdian kepada masyarakat bekerja sama dengan SMK Mitra Bhakti Husada yang beralamat di Jl. Jati Kramat No. 184, RT. 001/ RW. 01, RT.004/ RW.001, Jatimekar, Jatiasih, kota Bekasi, Jawa Barat 17422 pada tanggal 28 Oktober 2020 dengan tema “Membangun Kemandirian Bangsa melalui Penanaman Nilai-nilai Kewirausahaan”. 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mendapat apresiasi dari ketua yayasan, DR. Dewi Gunherani, S.H., M.H dan kepala sekolah SMK Mitra Bhakti Husada, bapak Sulistiyono. Dalam sambutannya bapak Sulistiyono mengajak kepada siswa-siswi untuk memahami nilai-nilai kewirausahaan. Pada siswa SMK Mitra Bhakti Husada telah diajarkan pengembangan potensi sesuai kejuruannya, oleh karena itu diharapkan dengan diadakannya pembinaan ini, siswa-siswi lebih termotivasi untuk pengembangan potensinya. Yaitu dengan membuka peluang usaha, dimana siswa terpacu membuka lapangan pekerjaan baru bagi dirinya dan juga orang lain”.

Pengabdian kepada Masyarakat ini diikuti oleh 46 siswa Mitra Husada dengan cermat. Dengan team PKM yang terdiri dari ibu Sasmita Sari Ardanninggar,S.E.,M.Sc, (Ketua PKM), ibu Vivi Iswanti Nursyirwan, S.Sos.,M.M, (Nara sumber), ibu DR. Amaliyah, S.Ag.,M.A (fasilitator), Bpk Erick Agustinus, S.E., M.M (anggota pendukung), termasuk mahasiswa pelaku wirausaha yang mendukung pelaksanaan kegiatan ini.

Dalam sambutan dari ketua panitia PKM, ibu Sasmita Sari Ardanninggar,S.E.,M.Sc, mengatakan bahwa wirausaha sebagai upaya menciptakan nilai yang tumbuh kreatif, inovatif, kritis pada sumber daya yang dimiliki. Diharapkan siswa SMK setelah mengikuti pengabdian kepada masyarakat ini tumbuh jiwa kewirausahaan dalam meningkatkan kemandirian.

Sebagai nara sumber pertama yaitu ibu Vivi Iswanti Nursyirwan, S.Sos.,M.M, menjelaskan 2 kunci dalam kewirausahaan yaitu Kreatifitas & Inovasi. Maksud dari kreativitas yaitu suatu proses aktivitas kognitif seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa karya baru maupun karya kombinasi yang semuanya itu relatif berbeda dengan apa yang ada sebelumnya. Adapun inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan kreatifitas dalam rangka pemecahan masalah dan menemukan peluang (doing new thing). Oleh karena itu, wirausaha adalah proses pengelolahan sumber daya dengan peningkatan nilai potensi.

Pada kesempatan pengabdian kepada masyarakat tersebut  juga ditampilkan wirausaha muda dari kalangan mahasiswa Pamulang yang telah sukses, yaitu Novi Rahma dan Fahmi Nurjannah. Menurut Fahmi Nurjannah yang merupakan pemilik Jannah’s Kitchen, bahwa perencanaan usaha akan memudahkan jalan tercapainya sesuatu sesuai yang diinginkan oleh pengusaha, terlebih menjawab tren masyarakat yang terus berkembang. Diantara konsep tersebut adalah menentukan nama usaha, menetapkan tujuan usaha, melakukan riset, menentukan target pasar, melakukan analisa keuangan.

Menurut Novi Rahma sebagai pemilik usaha butik pakaian wanita untuk anak, bahwa aspek pemasaran harus menjadi perhatian wirausaha yaitu dengan cara menganalisa pasar, perencanaan pemasaran, dimana era sekarang sudah tidak sulit lagi dalam pemasaran antara lain dapat melalui internet/ media sosial dan lain sebagainya untuk menyampaikan kepada masyarakat dan pelaksanaan distribusi.  Artinya bagaimana membuka keluasan distribusi produk.

Sebagai penutup acara dengan motivasi dari ibu DR. Amaliyah, S.Ag., M.A  bahwa perputaran ekonomi dunia 80% adalah wirausaha. Oleh karena itu siswa SMK harus dipersiapkan untuk menghadapi tantangan 5:0 yaitu peluang melalui informasi dan komunikasi, kesempatan melalui silaturahmi, berani melangkah dengan perencanaan yang baik, proses juang dengan strategi. Adapun strategi dimulai dari rasa percaya diri, optimisme, disiplin, target pasar. Dan terakhir mengikuti jejak rasulullah dalam berwirausaha yaitu dengan karakteristik siddiq, amanah, tabliq, fathonah. Program pengabdian masyarakat ini disambut dengan baik oleh siswa SMK Mitra Husada, dalam membuka pola pikir, bukan untuk menjadi pekerja saja akan tetapi membuka lapangan pekerjaan. Semangat berwirausaha 

Sumber : visione.co.id