PKM 2020 UNPAM MENGABDI

WORKSHOP WEBINAR PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT “PENDAMPINGAN APLIKASI TEKNIS MARKETPLACE PADA UMKM GUNA MEMPERMUDAH DALAM PEMASARAN PRODUK SECARA ONLINE”

Masa pandemi covid 19, tidak menjadi penghalang untuk menjalankan rutinitas sehari-hari. Program Studi Sarjana Akuntansi Pada 30 Oktober 2020 Mengadakan Workshop Webinar dengan tema “Sharing Bisnis Sukses Dimasa Pandemi Sekaligus Pendampingan UMKM”.

Kegiatan Workshop daring ini dimulai dengan sambutan dari Dekan Fakultas Ekonomi; Dr. Endang Ruhiyat, S.E., M.M., CSRA., CMA dan Ketua Program Studi Sarjana Akuntansi; Effriyanti, S.E., Akt., M.Si., CA.

Setelah acara Sharing bisnis selesai dilanjutkan pada tanggal 14 November 2020 Dosen Sarjana Akuntansi melakukan Pendampingan kepada para UMKM dimana kegiatan ini merupakan salah satu tri darma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat dengan mengusung tema “Pendampingan Aplikasi Teknis Marketplace pada UMKM Guna Mempermudah dalam Pemasaran Produk Secara Online” Dengan Narasumber Ibu Lindawati, S.E., M.M dan Ibu Wulandari Cahyani Putri, S.E., M.M.

a2

Narasumber; Ibu Lindawati, S.E., M.M. Menyampaikan bahwa Kegiatan PKM ini  merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dimana bertujuan untuk Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi.

“Poin penting yang harus dilakukan didalam kegiatan PKM ini adalah peran serta aktif para bapak/ibu Dosen yang dapat mengaplikasikan bidang ilmu yang dimiliki untuk mengatasai masalah yang ada di masayarakat sekaligus meningkatkan taraf hidup masyarakat yang ada lingkungan sekitar,” ujar Linda

Materi yang disampaikan oleh Linda diantaranya adalah pengenalan dasar mengenai marketplace, latar belakang perlunya membuat akun marketplace, produk apa saja yang mengalami kenaikan permintaan pada masa pandemi, serta tantangan marketplace di Indonesia. Dengan pengenalan dasar tersebut berharap para UMKM dapat lebih percaya diri dalam mengembangkan usahanya.

Tujuan dari kegiatan ini adalah membatu para UMKM dalam membuat akun marketplace guna mempermudah pemasaran hasil produksi melalui aplikasi digital. Bentuk kegiatan dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Pendampingan Aplikasi Teknis Marketplace pada UMKM Guna Mempermudah dalam Pemasaran Produk Secara Online”. Dengan para pengajar dan narasumber yang dilibatkan adalah para Dosen Program Studi Akuntansi dari Universitas Pamulang yang terdiri dari Ibu Anggun Anggraini, S.E., M.M., Ibu Indawati, S.E., M.M. Ibu Lindawati, S.E., M.M. Ibu Siti Hanah, S.E., M.M. dan Ibu Wulandari Cahyani Putri S.E.,M.M.

Selain itu Narasumber kedua kami, ibu Wulandari Cahyani Putri., S.E M.M. Menyampaikan bahwa dengan pembuatan aplikasi Web Marketplace dilakukan dalam rangka meningkatkan pemasaran produk-produk UMKM dimana UMKM yang kami bantu saat ini adalah Ibu Henny dalam memasarkan produksinya yaitu “Pempek Karakter”. Pempek karakter ini bentuknya sangat unik sekali dan bisa dijadikan pengganti kue Ulang tahun. Berikut adalah contoh hasil karya produksi Ibu Henny:

a3

Ibu Wulan juga menambahkan , kegiatan PKM ini nantinya akan dipublikasikan pada Jurnal PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) sehingga masyarakat dapat memanfaatkan dan menikmati kemajuan-kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut.

Hasil Pelaksanaan PKM tersebut adalah menambah ilmu Ibu Henny selaku UMKM Binaan dalam memasarkan produk melalui media digital khususnya marketplace. Dengan materi yang dipaparkan, Ibu Henny selaku UMKM Binaan sangat antusias dengan materi yang beliau dapatkan dari dosen-dosen akuntansi Universitas Pamulang, dikarnakan beliau dapat langsung mempraktekan pembuatan akun marketplace sampai dengan cara penggunaannya dengan pendampingan oleh dosen universitas pamulang.

Narasumber memberikan dukungannya kepada para dosen untuk dapat tetap menjalankan kegiatan PKM ini ditengah pandemic covid-19 secara daring dengan menggunakan aplikasi-aplikasi seperti Zoom Video Conference atau Meet.Google.com, para dosen tetap dapat menjalakan pengabdiannya dan memberikan solusi terhadap problematika yang ada di masyarakat dengan tetap bertumpu pada kajian ilmiah dan dosen yang terlibat memiliki latar belakang keilmuan yang relevan. Narasumber menegaskan bahwa rangkaian kegiatan tersebut sejalan dengan sistem penjaminan mutu Program Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai sistem tata kelola berkelanjutan di Perguruan Tinggi; Input-Proses-Output- Outcome-Impact.

PenulisAnggun Anggraini, S.E., M.M.

Sumber : akuntansi.unpam.ac.id